Minyak bekas pakai atau jelantah tidak boleh dibuang sembarangan karena merusak lingkungan. Daripada dibuang, lebih baik kita salurkan minyak jelantah ke penampung sehingga limbah dari dapur kamu bisa jadi uang! 

Sekarang banyak penampung yang membeli minyak bekas dari perumahan ataupun usaha seperti restoran karena minyak jelantah ternyata masih bisa dimanfaatkan dan punya nilai jual. Salah satunya produk olahan minyak jelantah adalah bahan baku biodiesel, bahan bakar yang digunakan untuk mesin-mesin diesel seperti mobil, alat berat, genset, mesin pabrik. Penggunaan biodiesel diketahui dapat menekan emisi lebih dari 83% dibandingkan bahan bakar diesel biasa — hampir menyamai penggunaan mobil listrik.

Para penampung itu ada yang membayar jelantah kamu ada juga yang menerimanya sebagai donasi. Meski begitu, tidak semua pengepul terpercaya, misalnya saja oknum yang mengumpulkan jelantah untuk dijernihkan dan dijual lagi sebagai minyak goreng baru. 

Untuk itu, pilihlah pengepul yang terpercaya, yaitu mereka yang bermitra dengan pengolah limbah yang resmi dan berizin. Biasanya mereka punya sertifikasi yang bisa diperlihatkan. Pengepul yang jelas pasti akan bersikap transparan jika ditanyakan tentang mitra pengolahnya.  

Nah, berikut 5 tempat yang menerima dan membeli jelantah dari masyarakat: 

[email protected]  

Saat ini hanya menerima jelantah dari kedai, warung, kafe, resto, kantin. Setiap 18 liter/16kg jelantah dihargai 96,000 rupiah.  Hanya beroperasi di Pulau Jawa. 

2. @Belijelantah 

Membeli jelantah yediakan layanan jemput jelantah di wilayah Jabodetabek dengan insentif hingga 4,000/liter. Minimal jelantah yang dijemput adalah 10 liter. Kurang dari itu, bisa dikirimkan ke Belijelantah. Daerah pengambilan: Jabodetabek

3. @pilahsampah

Menerima jelantah dari rumah tangga dan tempat usah seperti warung, catering, dll. Jelantah bisa ditukar uang dengan kisaran 4,000 – 6,300 rupiah per liternya atau minyak goreng baru. Jelantah bisa didrop ke recycling point di BSD atau dijemput gratis dengan minimal volume 18 liter. Daerah pengambilan: Jabodetabek

4. @banksampahbersinar.id

Menerima jelantah dengan insentif 6,000/liter. Jelantah bisa disetor ke lokasi Bank Sampah Bersinar. Untuk volume di atas 20 liter bisa dijemput gratis. Lokasi: Bandung.

5. @olahkebaikan 

Jelantah akan dijemput dengan insentif 3,000-7,500/kg tergantung lokasi dan kuantitas. Daerah: Surabaya & Jabodetabek

Donasi Minyak Jelantah:
Beberapa komunitas/organisasi menerima jelantah untuk didonasikan. Hasil penjualan jelantah umumnya digunakan untuk membiayai program pemberdayaan masyarakat, anak yatim dan kegiatan sosial lainnya. Beberapa diantaranya adalah: 

@Jelantah4change

@donasijelantah

@sedekahminyakjelantah

BACA JUGA: Minyak Bekas Bisa Bermanfaat, Jangan Dibuang Sembarangan
BACA JUGA: Cara Membuat Sabun dari Minyak Jelantah