Manfaat dan Cara Penggunaan Arang Aktif

0
2078

Q & A

Q: Masa aktif 1 batang binchotan untuk pemakaian setiap hari selama 90 hari. Kalau tidak dipakai tiap hari apakah umur aktifnya tetap 90 hari?

A: Jika disimpan dengan baik, bisa digunakan lebih dari 90hari.

Q: Untuk membuat alkaline water, apakah direndam selama 12 jam atau 24 jam ya?

A : Tidak perlu menunggu 24 jam jika ingin konsumsi. Minimal 8 jam, 12 jam akan lebih baik lagi. Jika tidak diminum, tidak ada masalah jika membiarkan binchotan direndam berhari-hari. Penyimpanan boleh dalam kulkas atau suhu ruangan. Lebih fresh kan minum dingin2 apalagi cuaca panas.

Q: Pemakaian Edible Powder untuk kue, batas pemakaian berapa persen dari adonan? Kl 1 sendok makan yang dilarutkan dalam 250 ml air apakah cukup memberikan warna bagi makanan? Serta berapa lamakah penyimpan larutan edible powder, untuk diare, karena pemakaian 1/2 – 1 sdm, saja, sedang larutan lumayan banyak.

A: Penggunaan Arang Aktif sebagai pewarna di dalam makanan dan minuman berbeda dengan penggunaan terapi atau kasus seperti diare, atau keluhan lainnya. Untuk dikonsumsi ada anjuran pemakaian.

Q: Bagaimana cara pemakaian edible powder utk mencerahkan kulit wajah dan mencerahkan warna gigi?

A: 1 sdt arang aktif bisa dicampurkan dengan aloe vera gel, diamkan 5 menit saja. bersihkan lagi wajah dengan aloe vera gel. utk gigi, basahkan bulu sikat & celupkan ujung bulu dg Edible powder. Sikat perlahan, tidak perlu menggunakan pasta gigi. Pada awal pemakaian dapat digunakan 2-3x seminggu, setelahnya seminggu sekali

Q: Apa pembeda darkside sama charcoal lain? Banyak seller yang jual charcoal buat filter aquarium.. Buat awam, gimana tau bedanya. Salah2 mau cari yg lebih murah termyata makan filter aquarium.

A: Hai mba Dita, bubuk Arang Aktif  dari Darkside Charcoal partikelnya sangat halus akan sulit untuk digunakan sebagai filter aquarium. Filter aquarium umumnya berbentuk granule, seperti kerikil. Ada juga berbentuk pasir kasar.

Q: Apakah binchotan setelah masa 3 bulannya habis bisa kita parut dan jadikan masker atau hal lain selain untuk media tanam? Bahannya sama saja dgn charcoal bukan?

A: Arang setelah diproses menjadi Binchotan akan sangat keras hingga sulit untuk dihaluskan secara manual, harus dihaluskan dengan mesin khusus. Selain untuk media tanam, masih sangat banyak manfaat binchotan seelah masa aktifnya. Bisa disimpan di dalam kulkas untuk menghilangkan bau (tentu membutuhkan bbrp batang), bisa sebagai hiasan di meja tamu juga bu.

Q: Bagaimana orang awam membedakan antara arang dengan arang aktif?

A: Jujur memang sulit jika dibandingkan, namun bisa dilakukan dengan uji lab pabrik. Dokumen ada dari hasil tes lab pabrik. Karena pengujian di lab pabrik, saya belum  diijinkan untuk di share secara umum.

Berikut, Hasil lab untuk menerangkan daya serap, kehalusan pada bubuk Yang diuji ada 2 macem jenis arang aktif, pertama powder dan yang ke 2 adalah yg berbentuk batang

Q: Yg hasil lab bentuk powder ada? Dan maaf itu hasil lab nya bisa dijelaskan maksudnya apa? Kehalusan pada bubuk nih yg part mana ya? Lalu saya tertarik dengan binchotan ini, apakah sudah ada hasil uji lab nya jg? Kandungan apa saja yg ada dalam air yg sudah direndam binchotan?

A: Coba bantu jawab. Yg powder coba lihat hasil lab di atas. Hasil lab utk uji khasiat hasil yg dicari…di sini kita lihat daya serap iodine, kehalusan dilihat dari mesh (saringan)…makin tinggi mesh makin halus. Hasil lab Binchotan ada di atas juga. Binchotan jika dimasukkan ke dalam air minum biasa akan menyerap kontaminan (jika masih ada) sehingga hasilnya lebih baik dibandingkan tanpa pakai.

Q: Petunjuknya konsumsi brp gram / day yg dibagi ke bbrp portion.

A: Utk Terapi Pruritus Uremik. Karbon aktif digunakan untuk membantu kinerja dari ginjal kita. Karbon aktif 6 g/hari yang dibagi menjadi 4-6 dosis dapat digunakan selama delapan minggu. Sumber: Majalah Kedokteran FK UKI 2012 Vol XXVIII No.2

Q: Saya mau tanya  :

  1. Karbon aktif ada beberapa base material : coconut, wood,  bamboo dan batu bara… Mana yang dipakai oleh Darkside ?
  2. Kualitas karbon aktif banyak parameternya… Darkside menggunakan parameter apa untuk menentukan kualitas karbon aktif ?
  3. Untuk Powder memakai mesh 100 / 200 / 300?

A: 1. tempurung kelapa

2. uji standar SNI

3. mesh 325

Q: pada hasil lab, iodine number itu apa fungsinya, brp standar idealnya? Ash content standar food maksudnya gimana?

A: Iodine number adalah test untuk mengetahui seberapa besar luasan pori2 dalam Karbon aktif… Kebetulan metode testnya memakai larutan Iodine… Makin tinggi nilainya makan kapasitas penyerapan dalam pori2 makin besar. Karbon aktif ada industrial Grade ada Foodgarde

Q: Perkenalkan nama saya Caroline. Saya ingin bertanya.. pembuatan karbon aktif dilakukan dengan cara mengarangkan bahan, tentu dengan pengarangan yang suhunya sudah diatur. Adakah cara sederhana untuk mengetahui apakah produk karbon aktif itu aman… soalnya setahu saya kalau pengarangannya kurang baik akan menghasilkan akrilamida yang sifatnya karsinogenik… mohon pencerahan terima kasih

A: Salam kenal Caroline. Selama ini arang yang digunakan untuk membakar makanan dianggap dapat memicu kanker. Namun, menurut Prof Aru, yang membuat kanker bukan arangnya, tetapi daging merahnya.

Ketika daging merah dipanaskan pada suhu tinggi, timbul zat karsinogen Heterocyclic amines atau HCA.  Salah satu mitos yang dibahas dalam acara konferensi pers Betadine Retro Run 2017 yang diadakan oleh Mundipharma, Bertadine, dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Karena di luar negri sudah menyatakan hal demikian. Bisa dibaca di sini, dan artikel ini, dan artikel dari mercola.

Q: Bedanya merendam norit dan active charcoal apa dong? kan norit jg bahan dasarnya adalah charcoal?

A: Kandungan Norit adalah activated charcoal, hanya bentuk norit ada yang kapsul dan tablet, sedangkan produk kami berupa Powder. Produk kami pure charcoal tanpa campuran bahan lain, hanya karbon aktif murni. terima kasih atas pertanyaannya.

Q: Sebenarnya cuma dipressed doang bubuk charcoalnya…jadi sebenarnya ini sama ya?

A: Kalau berupa bubuk tidak perlu penambahan bahan lain untuk membentuknya menjadi tablet, dan tidak membutuhkan cangkang/kulit kapsul.

Q: Kenapa ya selama konsumsi Edible Powder, mesti hindari konsumsi makanan dan obat-obatan lain dalam jangka waktu 2 jam? Bagaimana jika charcoal yang sudah menjadi pizza, roti, dll apakah ada aturan makannya?

A: Hal ini karena karbon aktif mempengaruhi proses penyerapan obat lain hingga dapat mengurangi efektifitas obat, dan juga penyerapan gizi dari makanan. Kami menyarankan jika untuk pengobatan konsumsi sesuai dosis anjuran.

Berbeda dengan makanan dan minuman yang diberi pewarna hitam alami. Kadarnya sangat sedikit dibanding dosis untuk detoks, diare, maag dan masalah perncernaan lainnya.

Q: Halo mba Yovita.. perkenalkan saya Lulu Sovia. Saya masih penasaran… Apakah sabun arang yang ditambahkan berbagai bahan aktif tambahan seperti madu, susu, khasiatnya masih sama? secara arang aktif yg sifatnya absorber..

Lalu apakah bubuk arang aktif yang terpapar udara bebas beberapa waktu, apakah masih berkhasiat? Apakah arang aktif dapat membersihkan udara juga?

A: Halo..salam kenal mba Lulu Sovia.

  1. Tentu masih ada manfaatnya, karena sebagai pewarna alami dengan pemakaian arang aktif hanya dalam jumalh kecil
  2. CARA PENYIMPANAN DAN UMUR SIMPAN

Arang Aktif termasuk salah satu bahan alami yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa dan tidak akan berubah dan kehilangan kualitasnya selama tersimpan dalam wadah tertutup dengan suhu ruang dan kedap udara.

Tips: EDIBLE POWDER dapat dipindahkan dari kemasannya ke dalam wadah tertutup rapat (seperti tupperware dan toples kaca)

  1. Ya. arang aktif dapat digunakan untuk menyaring udara, seperti menyerap kelembaban kamar, menyerap bau pada kulkas, lemari pakaian hingga toilet

Q: Salam kenal mba yovita…

  1. Utk mengatasi asam lambung sebaiknya konsumsi sebelum atau sesudah makan? aman dikonsumsi setiap hari? karena kebetulan saya ada asam lambung.
  2. Jika digunakan sebagai tambahan pasta gigi tidak mengikis lapisan gigi kah?

A: 1. untuk mencegah asam lambung dapat diminum saat bangun tidur di pagi hari sebelum sarapan. Dan bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung saat merasa begah, nyeri, kembung setelah makan. Untuk penderita gerd, bisa diminum sebelum sarapan dan setelah makan malam.

  1. Penggunaan sebagai pasta pemutih gigi tentu idak disarankan untuk setiap hari. Untuk mencerahkan gigi, penggunaan awal bisa gunakan 2-3 kali seminggu. Setelahnya seminggu sekali

Q: Apakah ada efek sampingnya? Dulu pernah coba minum air alkaline, semaleman tidak bisa tidur, jantung detaknya kenceng banget.

A: Maaf, saya tidak tau pasti apa penyebab detak jantungnya. Air hasil rendaman Binchotan adalah proses alami. Dan air murni tidak mengandung kafein. Mungkin mba Ocha Utami bisa mencoba Binchotan terlebih dahulu

Q: Ketika direndam tidak mengubah warna air minumnya kah?

A: Tidak akan berubah warna. air akan menjadi lebih jernih dan bersih. Terkadang di bawah tempat minum akan ada sisa partikel Binchotan, itupun aman diminum. Jika ingin membuat minuman berwarna hitam seperti di kafe dan restoran, bisa menggunakan Edible Powder.

Q: Binchotan itu nama arangnya atau apa ya? Dulu saya ingat, nenek sy suka juga rendem binchotan ke air mnum.

A: Ya betul. Masyarakat Jepang menyebutnya Binchotan. Binchotan sudah digunakan sejak lama.

Q: Apakah ada cara khusus dalam pengolahannya arang batok kelapanya untuk bisa dikonsumsi? Atau harus dicampur dengan yg lainnya? Agar aman dikonsumsi?

A: Ya benar pengelolahan khusus sudah pasti. Maka ada perbedaaan pembuatan arang biasa (seperti arang untuk bbq, bakar sate) dengan arang aktif. Yang aman diminum adalah arang aktif (karbon aktif). Briket adalah salah satu contoh arang biasa yang dicampurkan dengan bahan lainnya, dan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi

Q: Hallo Mbak Yovita…Bagaimana halnya jika pemakaian Binchotan terhadap air yg sudah alkali?

A: lebih baik air biasa yg digunakan, lebih hemat tentunya

Q: Aku mohon kesediaan ci Yovita untuk menanggapi 2 statement ini :

  1. The United States Centre for Disease Control has warned that the inhalation of large amounts of activated charcoal powder may be as carcinogenic as cigarette smoke.
  2. Dr. Brite Co-Founder and dentist, Dr. Pooneh Ramezani DDS says, “Black charcoal products should be avoided for oral care use as they may cause permanent tattooing of the gums. All dentists in the U.S. are against using charcoal powder as an alternative to toothpaste. There are no studies that show charcoal powder will help with plaque removal and reduction and will help prevent cavities.”

A: 1. Konsumen tidak disarankan untuk menghirup bubuk arang aktif karena memang tidak ada manfaat dengan cara dihirup. Manfaatnya hanya untuk dikonsumsi secara oral, dan diaplikasikan ke kulit.

2. Sejauh ini, arang sudah digunakan dari jaman dulu sebagai pembersih gigi di kalangan masyarakat tradisional, tentu karena efektif membersihkan gigi. Kami akui belum mampu untuk membiayai penelitian secara ilmiah, maka berikut saya kutip dari artikel ini.

Kami tidak mempunyai jurnal yang membuktikan bahwa Arang Aktif adalah zat paling aman dalam mencerahkan gigi.  Sebelumnya kami memberikan pilihan lain dalam penggunaan bahan alami, sama seperti daun sirih, cengkeh, ziwak dsb. Adapun kami lebih fokus untuk dikonsumsi, seperti obat diare, dan masalah pencernaan lainnya.

Dan sebelumnya kami menyarankan pemakaian awal 2 dalam seminggu. Setelahnya hanya 1 minggu sekali dengan disikat secara perlahan-lahan. Jika penelitian terbaru menyatakan penggunaan arang aktif untuk gigi tidak disarankan lebih 3 bulan. Pihak kami akan mempelajarinya lebih lanjut. Dan menarik pernyataan yang telah kami katanya sebelumnya.

A: Sekalian saya sampaikan penuturan dari dr. Rika Christina, nutritionist nya KOI mengenai charcoal

“Jujur aja aku kurang ngerti teknisnya bikin arang jadi activated charcoal, tauku hrs pake mesin2 canggih or pake chemical. Tp yg pasti activated charcoal itu udah beda rantainya sama charcoal biasa. Kalo ngomong ttg arang dari makanan, sebetulnya agak kurang tepat dibandingkan sm activated charcoal krn treatmentnya juga beda. Intinya sih charcoal, mau activated ataupun non activated, tetap gak boleh dikonsumsi dlm dosis besar.

Activated charcoal bisa serap racun, tapi kalau dosis besar nutrisipun ikut diserap jadi keluar lagi deh gak dipakai badan kita. Kalau makanan gosong juga kalau sedikit-sedikit gak masalah, yang jadi masalah kalau setiap hari makan sate dan satenya mesti yg gosong2 gitu, karena arang gosong itu gak bisa nyerap toksin, yang ada malah jd radikal bebas di badan.

Minum antioksidan pun jadi cuma untuk netralisir aja kan, bukannya untuk bikin badan jadi lebih sehat, karena radikal bebas di badan kita bukan cuma dari arang gosong tapi juga polusi udara/air/lingkungan/makanan/skincare dll.”

Benar menurut dr Rika, hasil pemasakan dengan suhu tinggi hingga menghasilkan arang pada makanan seperti daging sate, tidak dianjurkan.  Karena daging merah dipanaskan dengan suhu tinggi sifatnya karsinogen https://www.aicr.org/reduce-your-cancer-risk/diet/red-and-processed-meat.html

https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk/diet/cooked-meats-fact-sheet

Arang Aktif yg kita bicarakan adalah arang yang diproses secara khusus hingga menjadi arang aktif. Apakah arang aktif aman? Sederhananya, apakah merk obat diare yg diresepkan oleh dokter aman diminum saat kita kembung atau diare ? Obat diare umumnya mengandung Arang Aktif, arang aktif akan menyerap racun dan membantu tubuh mengeluarkan racun tersebut.

CLOSING

Saya berharap kedepannya semakin banyak orang bisa menerapkan pola hidup sehat yang selaras alam dan berkelanjutan, tanpa mengeluarkan banyak biaya. Saya senang dan berterima kasih jika teman-teman berbagi informasi ini hingga dapat membantu mereka yang ingin menerapkan pola hidup sehat yang aman untuk tubuh kita dan juga aman untuk bumi kita.

Terima kasih, saya sangat senang dapat berbagi informasi seperti ini dengan kalian semua di sini. Sekali lagi terima kasih untuk kalian yang hadir dalam diskusi malam ini. Mari berbagi inspirasi dan menikmati hidup secara berkesadaran.

Salam sehat.

Yovita

BACA JUGA: Air Alkali Itu Bagus Untuk Diminum, Tapi…