Yuk, Bikin Sabun Mandi Sehat!

0
105
Bikin Sabun Alami Sendiri

Tahukah Anda, sabun yang seharusnya berfungsi menghilangkan minyak dan kotoran  dapat menyebabkan masalah kulit dan bahkan infeksi? Bahkan beberapa jenis sabun tertentu malah mengikis minyak kulit alami yang melindungi dan melumasi kulit. Bahan-bahan seperti SLS dan paraben yang umum dipakai sabun konvensional sering dituding menjadi penyebabnya.

Selain sarat dengan bahan sintetis, sabun-sabun pabrikan pun memiliki aroma sintetis yang palsu dan membosankan. Maka itu banyak orang yang beralih ke sabun alami yang kini semakin banyak tersedia di pasaran, meski tidak semudah menemukan sabun konvensional. Jika ada waktu, sebenarnya semua orang pun bisa membuat sabun sendiri.

Sama seperti memasak, membuat sabun sendiri berarti Anda mengendalikan apa yang akan Anda gunakan, bukan menyerah pada bahan-bahan yang disiapkan pabrik, yang Anda pun mungkin tidak pernah sempat untuk membaca detail apa saja kandungan dalam sebuah sabun. Jika membuat sabun untuk diri sendiri tentunya Anda akan menggunakan bahan-bahan terbaik sesuai kebutuhan kulit dan dana Anda.

sabun sehat madu oatmeal
Sabun Oatmeal Honey Foto:PaprikaLiving

Membuat sabun juga bisa jadi kegiatan untuk menyalurkan kreativitas Anda karena banyak sekali bahan alami yang dapat dieksplor sebagai bahan sabun, dari kombucha, susu kambing, arang, kunyit, hingga air kelapa… semua tergantung imajinasi Anda!

Untuk itu kami berkunjung ke workshop Dewi Shinta, pemilik merk sabun artisan, De/Sa. Dewi sudah membuat sabun sejak dua tahun terakhir, untuk konsumsi keluarga juga untuk dijual.

“Tingkat kesulitan membuat sabun sebenarnya tidak terlalu sulit. Cuma kita harus lebih hati-hati waktu campur air dan soda api. Jadi soda api yang harus dimasukkan ke air, bukan sebaliknya. Selain itu kita juga perlu kesabaran waktu membuat sabun sendiri, karena proses curing (pengeringan) bisa sampai empat minggu,”ujar Dewi.

Nah kali ini Dewi berbagi cara untuk membuat sabun dengan bahan madu dan oatmeal. Bagaimana caranya? Yuk, simak proses pembuatannya!

BACA JUGA: Resep: Sabun dari Minyak Jelantah