Yakin, Anda Benar-benar Memaksimalkan Waktu di Gym?

0
76
buang waktu di gym

Apakah selama ini Anda sudah menggunakan membership di gym secara maksimal? Atau justru hanya membuang-buang uang dengan membayar iuran yang sebenarnya tidak begitu bermanfaat buat Anda?

Menurut Daine McDonald founder sekaligus executive trainer dari Clean Health Fitness Institute, ada beberapa hal yang menandakan seseorang tidak memaksimalkan waktunya di gym. Berikut penjelasannya:

  1. Terlalu Fokus pada Alat favorit

Anda menghabiskan terlalu banyak waktu (atau tidak cukup) menunggu peralatan favorit  sehingga mengabaikan jenis latihan lain. Ada begitu banyak alat ataupun kelas, kalau Anda hanya fokus pada satu saja ini akan membuat Anda mengabaikan cara lain untuk mencapai tujuan kesehatan.

  1. Sekadar Mengisi Frekuensi Kedatangan

Anda menganggap dengan rutin datang ke gym akan membuat Anda lebih sehat atau menurunkan berat badan.

Rutinitas tidak akan memaksimalkan latihan Anda, karenanya Anda harus selalu punya tujuan dan rencana ketika datang ke gym. Mulai dari jenis latihan apa yang ingin dilakukan sampai dengan durasinya.

  1. Too Long Break dan Chit-chat

Dukungan sosial sangat bagus untuk motivasi kebugaran, tetapi jika Anda terus-menerus mengobrol, itu benar-benar mengalihkan Anda dari tujuan datang ke gym yaitu olahraga. Terlebih lagi, penting untuk mengatur waktu istirahat Anda antara set dengan tepat.

Jika Anda mengambil istirahat terlalu lama, akan membuat badan menjadi lemas dan kehilangan ritme yang sudah dibangun di awal latihan. Berikan batasan pada waktu istirahat supaya badan tetap “panas”.

  1. Mengandalkan Peralatan, Mengabaikan Kelas atau Sebaliknya

Biasanya Senin malam, gym selalu penuh dengan member dan bisa jadi membuat Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan peralatan. Akibatnya Anda mundur dan menganggap ini bukan hari yang tepat untuk berolahraga. Begitu juga sebaliknya, ketika Anda terlambat mengikuti kelas dan menjadikan ini alasan untuk tidak latihan.

Seharusnya dilakukan adalah stick to the plan yaitu berolahraga. Ada begitu banyak peralatan dan kelas yang bisa Anda ikuti dan kombinasikan. Jangan hanya bergantung pada satu peralatan/kelas tertentu sebagai penjamin apakah hari ini Anda akan latihan atau tidak.

  1. Terlalu Sibuk Foto-Foto

Sudah sewajarnya Anda memiliki prioritas saat berada di gym supaya uang yang Anda bayarkan secara perkala tidak sia-sia. Salah satunya adalah stop selfie dan lakukan latihan Anda dengan benar.

Ya…ya..bisa saja Anda bila berfoto dan mengunggahnya di sosial media akan memberikan Anda semangat untuk olahraga lebih maksimal. Hmmm….Anda yakin atau jangan-jangan hanya sekadar pamer?

Yuk, maksimalkan waktu di gym!

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Instagram Yoga yang Menginspirasi