Vaksinasi Influenza Juga Bermanfaat Untuk Jantung Koroner

0
263
Vaksinasi Influenza Juga Bermanfaat Untuk Jantung Koroner
Vaksinasi Influenza Juga Bermanfaat Untuk Jantung Koroner

Manfaat Vaknisasi Influenza

Vaksinasi influenza telah menunjukkan hasil yang sangat baik dalam hal pencegahan influenza.

Manfaat tidak hanya berguna pada orang-orang yang tinggal di negara-negara empat musim, tetapi juga di negara-negara tropis seperti Indonesia, karena vaksinasi ini tidak hanya melindungi terhadap influenza A, tetapi juga bermanfaat terhadap virus yang menyebabkan terjadinya flu biasa.

Baru-baru ini sebuah studi lanjut menunjukkan bahwa vaksinasi ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke terutama pada individu dengan risiko tinggi.

Para peneliti melakukan pendekatan meta-analisis, yakni menggabungkan studi-studi dengan kualitas tinggi menjadi satu analisis besar, sehingga didapatkan hasil yang lebih meyakinkan.

Enam studi internasional dengan kualitas tinggi, melibatkan lebih dari 6000 pasien usia dewasa, membandingkan manfaat vaksinasi influenza dan terapi standar, untuk menurunkan angka kejadian penyakit kardiovaskular.

Studi ini menunjukkan bahwa, untuk individu yang mendapatkan vaksinasi influenza maka risiko untuk terkena penyakit jantung koroner ataupun stroke menurun sampai 36%.

Manfaat lebih besar dirasakan pada individu yang pernah mengalami serangan jantung sebelumnya, di mana penurunan risiko bisa sampai 55% dibandingkan dengan yang tidak divaksin.

Manfaat Lain dari Vaksinasi Influenza

Hasil ini menunjukkan manfaat vaksinasi influenza bukan hanya mencegah Anda menjadi sakit, memperbaiki kualitas hidup dan meningkatkan produktivitas kerja Anda, tetapi juga membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Hal ini didasarkan oleh karena infeksi menyebabkan terjadinya peradangan pembuluh darah, yang merupakan salah satu penyebab dasar dari penyakit kardiovaskular.

Saran saya, pastikan Anda mendapatkan vaksinasi influenza, baik yang berupa suntikan ataupun spray hidung setiap tahunnya, untuk melindungi Anda terutama terhadap flu, tetapi manfaat tambahan terhadap pencegahan penyakit kardiovaskular juga Anda dapatkan.

Artikel asli diterbitkan di Internist.blog