Usir Nyamuk Dengan Bahan-Bahan Alami Ini

0
1169
nyamuk

Memasuki bulan kemarau, rasanya semakin banyak nyamuk ya? Jika itu juga yang Anda rasakan, kami mengerti betapa mengganggunya kehadiran nyamuk-nyamuk itu, terlebih jika Anda memiliki anak kecil.

Untuk mengatasi ini banyak orang mengandalkan semprotan nyamuk, yang efektif dan efisien. Tapi tahukah Anda kalau obat nyamuk umumnya mengandung bahan DEET, yang bukan hanya berbahaya untuk nyamuk, tapi untuk kesehatan kita juga.

Dr. Joyce Davis, dokter kulit dari Cornell University mengatakan kalau kandungan DEET pada semprotan pengusir serangga bisa sangat berbahaya. Batas kandungan konsentrasi yang aman adalah 15%, dan berbahaya bila kandungan DEET melebihi 30 %.

Bahan kimia DEET dapat melelehkan plastik atau tali pancing, bahkan bisa merusak fungsi sel otak, dan menghambat aktivitas enzim sistem saraf pusat.

Dokter Umum Acintya Dewi Swastinitya dari SamMarie Wijaya mengatakan, penggunaan obat nyamuk—baik yang semprot, bakar dan losion bisa memberikan efek negatif untuk kesehatan bila digunakan dengan mengabaikan aturannya.

Gangguan pernapasan, alergi kulit, gangguan saraf, gangguan otak hingga kematian dapat terjadi. “Gangguan ini dapat terjadi bila tertelan atau terhirup dalam jangka waktu yang lama sedangkan tingkat keparahan tergantung jumlah dan frekuensi pemakaian obat nyamuk khususnya anak-anak dan bayi,” tambah dokter Acintya.

BACA JUGA: Serai untuk Kecantikan, Kenapa Tidak?

Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

DEET hanyalah satu dari sekian bahan berbahaya yang terdapat pada obat pembasmi serangga. Daripada mengambil risiko, kita bisa menengok bahan dari alam untuk mengatasi masalah nyamuk.

Welly Ng dari Beauty Barn memilih menggunakan bahan alami untuk mengusir serangga karena jauh lebih aman. “Bahan alami yang bisa dipakai untuk mengusir nyamuk adalah citronella dan lavender. Jadi sifatnya tidak membunuh melainkan mengusir lewat aroma. Bukan hanya nyamuk, tapi juga kecoa dan semut.”

Nah selain itu, kira-kira bahan alami apa lagi yang bisa digunakan sebagai pengusir serangga?

  1. Kayu Maniskayu manis

Kayu manis lebih dari sekadar bahan penikmat kue, tetapi juga bisa digunakan untuk menolak nyamuk. Minyak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk secara efektif. Anda bisa juga membuat semprotan nyamuk alami, yaitu dengan mencampur satu sendok minyak kayu manis ke dalam segelas air. Anda bisa menyemprotkannya ke kulit, pakaian, dan ruangan.

  1. Daun Salam

Sejatinya aroma daun salam dapat mengusir kecoa. Anda tinggal meremas beberapa lembar daun salam kering lalu letakkan di sudut-sudut rumah untuk mencegah kecoa datang. Efektif juga bila diletakkan di lemari tempat menyimpan makanan.

  1. Bubuk Kopi

Aroma kopi tidak hanya mampu menetralkan aroma kulkas tetapi juga bisa mengusir kecoa. Caranya adalah menaburkannya di sudut-sudut dapur supaya kecoa ogah berlama-lama di sana. Kalau Anda punya biji kopi, tinggal dihancurkan dan digantung di langit-langit, atau di atas lemari untuk pencegahan yang lebih efektif plus memberikan aroma segar pada ruangan.

BACA JUGA: Bahaya Gas Air Mata