Tips Praktis Menangkal Penuaan Dini

0
293

Apakah benar proses penuaan bisa dihindari atau hanya mitos dan alat marketing produk di pasaran? Dokter Sisilia Indradjaja, MHM, seorang Herbalist, Acupuncturist & Anti Aging, mengatakan bahwa anti aging, sungguh bisa dilakukan. “Penuaan dini terjadi karena akumulasi radikal bebas. Anti aging is how do you live your live,” ujarnya.

Lalu bagaimana caranya menghindari penuaan dini? Berikut beberapa tips dari  dr. Sisilia:

  1. Cek lidah Anda. Lidah adalah indikator terpenting untuk melihat kondiai kesehatan Anda. Misalnya lidah berwarna merah juga disebabkan oleh kekurangan folat, kekurangan vitamin B3 dan B12, dll. Sementara lidah keunguan dapat menunjukkan adanya bronkitis kronis maupun kadar kolesterol yang tinggi.
  2. Bantu liver (hati) untuk buang racun. Caranya dengan tidur sebelum jam 11 malam, minum banyak air putih, melakukan detoksifikasi, dan biasakan makan makanan seha
  3. Akupuntur. Di tubuh tiap manusia dipercaya terdapat lebih dari 400 titik akupuntur yang jika distimulasi akan merespons organ atau bagian tubuh tertentu dan menimbulkan efek terapeutik. Dengan memberi stimulasi pada titik-titik tersebut dapat memberi dan melancarkan aliran Qi.
  4. Cakram anti radiasi. Di kota-kota besar banyak yang menggunakan cakram untuk menangkal signal radiasi yang wara-wiri di sekeliling kita. Cakram ini bisa ditaruh di tas yang bersama Anda kemana pun Anda pergi.
  5. Seimbangkan emosi. Ini bisa dibilang kunci utama memperlambat penuaan dini. Jika stres, hormon kortisol naik, dan bisa merusak hormon-hormon baik. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk menemui keseimbangan emosi, mulai dari terapi ke psikolog dan psikiater, meditasi, music atau art therapy, hingga terapi alternatif seperti bach flower therapy.
  6. Ikuti jam biologis. Taukah Anda bahwa manusia punya jam biologis? Seperti misalnya liver (hati) akan melakukan tugasnya pada jam 11 malam hingga jam 3 pagi. Jika Anda sering begadang, hidup tidak sesuai  hukum alam, jam biologis terganggu, kesehatan Anda pun akan terganggu. Kenali jam biologis organ-organ Anda.
  7. Cek nutrisi harian Anda. Sebisa mungkin pilihlah yang organik. Hati-hati dengan makanan dan minuman yang dimodifikasi secara genetik. Rempah-rempah bisa jadi pilihan utama untuk mencegah atau obat penyakit ringan. Bonusnya, dengan pengolahan yang tepat bisa jadi antioksidan. Tips lainnya adalah makan protein saat sarapan. Dengan begitu organ-organ pencernaan Anda akan sehat, penyerapan nutrisinya baik, dan imunitas tubuh Anda menjadi baik.
  8. Seimbangkan hormon. Dokter lulusan Australia ini menekankan gaya hidup sehat bisa memperlambat penuaan. Jadi pola makan, asupan nutrisi, jam tidur, dan olahraga yang cukup, kombinasi semuanya baik untuk menyeimbangkan hormon dan menjaga berat badan. “Orang yang obesitas kondisi hormonnya kacau balau. Karena lemak itu memiliki hormon. Jika hormon berantakan, kondisi tubuh juga,” tambahnya.
  9. Olahraga rutin. Tips satu ini tidak perlu ditanya lagi. Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang bergerak. Jadi untuk sehat haruslah berolahraga konsisten. Menurut dr. Sisilia, waktu terbaik untuk olahraga adalah jam 7-9 pagi atau 3 sore hingga 7 malam.
  10. Hindari proses glikasi pada makanan. Proses glikasi di mana protein, lemak, dan gula bersama-sama melalui proses pembakaran. Seperti makanan dibakar dan digoreng. Akibat jangka panjangnya bisa membuat kualiyas kulit rusak hingga kornea mata katarak dini.
  11. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi. Gunakan selalu tabir matahari yang bisa menangkal uv A dan uv B (double protection) sebelum pergi ke luar rumah. Gunakan juga perawatan kulit yang tepat dan bebas dari merkuri, EPA, dan kandungan chemical jahat lainnya.