Tips Pola Makan Sehat ala Max Mandias: Mulai dari Buah!

0
87
Sumber: https://www.ifi-id.com

Anda pasti sudah sering mendengar tentang Burgreens dan mungkin pernah mencoba menu makanan sehat di sana. Adalah Max Mandias tokoh di balik berdirinya Burgreens. Ternyata motivasi Max mendirikan Burgreens tidak lepas dari pengalaman pribadinya sendiri.

Mengalami obesitas dan depresi, akhirnya Max mencoba cara menyembuhkan diri sendiri lewat mengganti pola makannya menjadi plant based. Max meracik menu makanan sehatnya sendiri, berbekal pengalaman bekerja di restoran sehat, youtube, dan sharing dengan teman-teman dari negara lain (dulu Max tinggal di Belanda), akhirnya Max menemukan resep menu sehatnya sendiri.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Mengolah Tanaman Herbal

“Dulunya saya hanya ingin sehat saja tanpa memikirkan rasa dan bentuk. Kemudian saya ingin supaya gaya hidup sehat ini berlangsung untuk seterusnya, makanya kepikiran untuk membuat konsep makanan sehat dengan rasa enak dan bentuk yang menarik,” cerita Max.

Butuh perjuangan yang panjang buat Max untuk membangun Burgreens yang di 2019 ini menginjak tahunnya yang keenam. Tak sia-sia, Burgreens kini sudah bertumbuh menjadi 7 titik di Jakarta dan baru-baru ini membuka cabang di Bandung.  “Harapan saya, Burgreens bisa menginspirasi orang untuk mulai beralih ke makanan sehat,” jelas Max.

Tantangan Memperkenalkan Makanan Sehat

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Max Mandias (@maxmandias) on

Berbicara soal memperkenalkan konsep makanan sehat ke anak muda, diakui Max, anak muda memiliki kecenderungan untuk terjebak pada hype. Masalahnya tidak semua hype itu baik. “Misalnya nih, kalau sekarang lagi hype diet keto, anak-anak muda mulai mencoba tren tersebut, padahal ada efek nggak baik mengiringi diet jenis tersebut. Mulai dari meningkatkan gula darah, hipertensi, dan kanker di usia muda,” jelas Max.

Anak muda mau terlihat cool dan berbeda dibanding dengan orang lain, dan peduli terhadap pandangan orang akan dirinya. Makanya, menjadikan healthy eating sebagai sesuatu yang happening bisa menjadi langkah untuk mendekatkan pentingnya makanan sehat pada anak muda.

Tantangan lainnya adalah anak muda senang sesuatu yang instan dan tidak terbiasa untuk membuat makananya sendiri. Di ruang inilah Burgreens mengisi keengganan anak muda untuk mengolah makanan sehat lewat kehadiran menu makanan sehat serta workshop makanan sehat.

Lantas bagaimana memulai mengonsumsi makanan sehat? “Bakalan susah kalau melakukan semuanya dalam satu waktu, dicoba saja pelan-pelan,” demikian rekomendasi Max. Beberapa orang bisa melakukan perubahan drastis, tapi sebagian lagi tidak.

Karenanya lakukan secara perlahan, misalnya mulai dengan makan buah sebelum mengonsumsi sarapan. Kemudian, saat makan siang, isi piring dengan komposisi 50% sayur, 20% karbohidrat dan sisanya lauk pauk.

“Lauk-pauk tidak selalu daging ya, tapi bisa juga tempe, kacang merah,” Max menambahi. Plus, jangan lupa menambahkan lalapan seperti tomat, timun, selada, dan kemangi. Mau coba?

BACA JUGA: Cara Kreatif Mengolah Makanan Sehat