Tips Hadapi COVID-19 dengan Imunitas Tubuh yang Selaras

Susan Hartono MSc., CHt. Holistic Nutrition & Self Healing Coach -Intuitive Healing Practitioner

0
35

TIP#16: BATASI PENGGUNAAN WIFI DAN GADGET

Gunakan handphone, laptop, dll di saat memang kita harus bekerja atau belajar online, berkomunikasi, dan membaca berita penting, namun janganlah mengelilingi diri dengan gadget berlebihan sepanjang hari, apalagi tidur di dekat cell phone, dengan wifi dan Bluetooth menyala.

TIP#17: DAMPAK COVID-19 LEBIH SERIUS BAGI YANG MEROKOK

Upayakan berhenti merokok. Di saat tubuh perlu untuk berjaga-jaga melawan virus, kita membutuhkan paru-paru yang sehat. Merokok (termasuk vape) memberikan dampak negatif pada sistem pernapasan. Dampak virus corona akan lebih membahayakan perokok, terutama bila mereka sedang terkena flu atau infeksi saluran pernapasan atas.

Hindari/kurangi konsumsi minuman beralkohol karena akan mengganggu mikrobioma usus yang dapat menurunkan sistem imun, dan membuat tubuh lebih rentan terinfeksi virus dan bakteri patogen.

TIP#18: SELF MASSAGE/TAPPING FOR STRESS RELEASE & IMMUNE BOOSTER

Untuk membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh kita, teman-teman dapat mencoba beberapa chi exercises yang saya share dalam video ini:

TIP#19: PRACTICING SELF-CARE & SELF REFLECTION

Self-quarantine merupakan momen yang tepat untuk melakukan Me-Time, meditasi dan berlatih mindfulness (sikap kesadaran penuh pada saat ini).

Kiranya kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih baik setelah badai COVID-19 berlalu.

TIP#20: SOCIAL DISTANCING = PHYSICAL DISTANCING – NOT EMOTIONAL DISTANCING

Di saat kita perlu melakukan social distancing (jaga jarak aman di area publik) untuk menangkal penyebaran virus corona SARS-CoV-2, bukan berarti kita lalu takut untuk menolong orang lain. Terapkan lovingkindness dan senantiasa bersyukur, sekalipun tidak berdekatan/bersentuhan.

Justru di saat seperti ini, kita perlu untuk bersatu dan lebih peduli terhadap sesama.

Treat others the way you want it to be treated

TIP#21: FACE FEAR & UNCERTAINTY with MINDFULNESS

Masa penuh ketidakpastian seperti menghadapi virus corona ini sering membuat kita gelisah. Berlatihlah MINDFULNESS, yaitu kesadaran batin yang berorientasi pada saat ini ‘NOW’, tidak stuck di masa lalu ataupun kuatir akan masa depan. Justru saat kita memilih untuk hadir dan sadar penuh, kita dapat mendengarkan suara Tuhan dengan jernih.

Demikian tips dari saya untuk sementara ini. Tentu akan ada lebih banyak lagi tips yang akan di-post dan dishare dalam waktu dekat, silakan teman-teman terus menyimak informasi dalam @selfawarenessnetwork.

Pandemi COVID-19 menguji kita semua, apakah kita mampu mengambil hikmah dari tantangan ini. Bagaimana kita memilih untuk menyikapi tantangan ini akan menentukan apakah setelah wabah ini selesai kita menjadi versi diri kita yang lebih baik, lebih welas asih, lebih menghargai orang-orang yang kita cintai, alam dan sesama, lebih mawas diri, lebih menjaga bumi kita tercinta.

Orang bijak mengatakan bahwa kesulitan adalah penyaring kualitas karakter manusia. Semoga semua yang membaca tips hari ini memilih untuk menggunakan wabah COVID-19 sebagai batu loncatan untuk naik kelas, bukan batu sandungan.

Yesterday is the past, tomorrow is the future, but today is a gift. That’s why it’s called the present (Bil Keane)

Namaste

Disclaimer:
Informasi ini untuk tujuan edukasi, bukan untuk pengobatan ataupun diagnosa suatu penyakit, juga bukan obat untuk infeksi karena virus corona SARS-CoV-2
.