Tips Hadapi COVID-19 dengan Imunitas Tubuh yang Selaras

Susan Hartono MSc., CHt. Holistic Nutrition & Self Healing Coach -Intuitive Healing Practitioner

0
34

grounding rumput

TIP#11: JIKA MULAI MERASA KURANG ENAK BADAN- GET WELL FAST!

Jangan terburu-buru lari ke rumah sakit atau klinik, karena justru rawan penyakit. Lakukan semua tips yang dishare disini sebisanya, dan segera lakukan:

  1. Tidur lebih banyak; usahakan sudah tidur jam 10 malam
  2. Tidur siang (power nap), maksimum 30 menit sebelum jam 3 sore
  3. Banyak minum air putih dan cairan lainnya seperti kaldu tulang. Minum air hangat
  4. Stop olahraga berat
  5. Hindari udara terlalu dingin, jangan mandi malam
  6. Manfaatkan herbal dan rempah seperti kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah,sereh, kapulaga, dll.
  7. Perbanyak sayuran dan buah, khususnya jeruk nipis/lemon, broccoli, wortel, dan sayuran hijau tua.
  8. Upayakan terpapar sinar matahari (bagi yang bisa berjemur)
  9. Tambahkan suplemen seperti vitamin C, B kompleks, B12, folate, zinc, magnesium, serta home remedy lainnya seperti madu mentah, essential oils, dan minyak herbal.
  10. Kumur-kumur tenggorokan dengan air hangat + garam laut

TIP#12: BIARKAN UDARA SEGAR & SINAR MATAHARI MASUK DALAM RUMAH

Tip ini bukan serta merta untuk membunuh virus corona, tetapi secara umum, sirkulasi udara yang baik dan cukup paparan sinar matahari dalam rumah akan membantu mengusir kuman penyakit.

TIP#13: SINAR MATAHARI dan VITAMIN D UNTUK DAYA TAHAN TUBUH KUAT

Vitamin D adalah krusial bagi kesehatan. Hampir semua sel di tubuh kita membutuhkan vitamin D untuk dapat berfungsi optimal. Defisiensi vitamin D akan menurunkan sistem imun. Berjemurlah setiap hari antara pukul 10 pagi – 2 siang, cukup sekitar 10 menit/hari. Pastikan bagian tangan dan kaki terpapar cukup sinar.

Bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu yang tidak dapat berjemur, seperti autoimun jenis lupus dan skleroderma, pastikan setiap hari mata anda melihat sinar matahari dan kehijauan alami outdoor.

TIP#14: SENTUH RERUMPUTAN TANPA ALAS KAKI (GROUNDING)

Tidak perlu bepergian, jika memungkinkan (bagi yang di pekaranganannya ada rumput), setiap hari menikmati antioksidan alami yang diberikan oleh bumi tercinta secara cuma-cuma. Mother Earth adalah antioksidan paling poten dan gratis yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Akan lebih baik jika kita juga sambil berdoa.

Bagi yang sudah pernah ikut workshop healing saya, silakan lebih sering mempraktekkan meditasi groundingnya. Semoga dalam waktu dekat saya dapat membuat video meditasi grounding.

TIP#15: EXERCISE – SERINGLAH BERGERAK, OLAHRAGA TERATUR

Bergerak membantu tubuh kita mengeluarkan racun dan menstimulasi/melancarkan seluruh sistem metabolisme tubuh termasuk sistem pernapasan dan imunitas. Pilih kardio yang membuat jantung berdetak lebih cepat. Jangan olahraga terlalu berat (high intensity) tapi tidak teratur, karena justru dapat meningkatkan oxidative stress.