Agar Berat Badan Stabil Setelah Liburan

0
212

Apakah cuti Anda yang lalu kebanyakan diisi oleh agenda wisata kuliner dan bermalas-malasan di kasur? Jika jawabannya ya, bisa jadi angka timbangan Anda kini sudah melambung tak karuan. Untuk menstabilkannya kembali, simak beberapa kiat berikut ini.

  1. Mengutamakan asupan sehat

Tak perlu diet ketat, yang penting Anda makan secara benar! Sebisa mungkin, tambahkan sajian sarat vitamin seperti kacang-kacangan ataupun tauge ke dalam menu sehari-hari. Selanjutnya, konsumsi protein seperti dada ayam atau ikan agar Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Jangan lupa juga untuk memakan serat dari sayuran serta buah-buahan yang penting untuk melancarkan pencernaan. Last but not least, kurangi mengasup terlalu banyak nasi putih dan hindari pula makanan yang memiliki kadar gula tinggi!

  1. Berolahraga rutin

Mungkin sekilas terdengar klise, tapi diet seketat apa pun memang terbukti tak akan berhasil semaksimal apabila disertai dengan aktivitas olah tubuh. Tenang saja, Anda belum perlu berlatih bak atlet profesional. Berjalan kaki saja sebetulnya sudah cukup efektif untuk dikatakan sebagai olahraga, asalkan dilakoni secara konsisten paling tidak 15 sampai 30 menit setiap harinya. Agar lebih bersemangat, ajak pasangan atau kolega sekantor Anda untuk ikut serta!

  1. Memperbanyak cairan

Air mampu membuat perut Anda lebih penuh. Lagipula, dahaga seringkali disalahartikan sebagai rasa lapar. Sebaiknya, minumlah air putih sebelum Anda memutuskan untuk memakan sesuatu saat itu. Siapa tahu, Anda sebenarnya hanya haus saja.

  1. Mengurangi alkohol dan soda

Jika tak ingin lingkar tubuh Anda terus bertambah, lebih baik jangan melanjutkan kebiasaan meminum minuman beralkohol selepas liburan usai. Begitu juga halnya dengan minuman bersoda yang kemungkinan sering Anda hirup sambil bersantai. Bir, anggur, dan koktail seperti margarita yang mungkin mengalir ke dalam tubuh Anda selama hari-hari liburan kemarin menyumbangkan jumlah kalori yang tinggi ke dalam tubuh Anda. Sedangkan, sekaleng minuman yang bertajuk diet soda sekalipun berpotensi melambungkan bobot tubuh serta menambah tumpukan lemak di perut. (Sumber: 1)

  1. Detoksifikasi

Melakukan detoksifikasi bisa jadi ide yang bagus untuk menetralisasi racun dari dalam tubuh Anda. Sebagai salah satu cara, bahan arang aktif bisa dijadikan senjata untuk mengenyahkan toksin. Apalagi sekarang, activated charcoal sudah banyak dikemas secara lebih menarik ke dalam bentuk makanan ataupun minuman segar. Salah satunya, jus arang yang satu ini. 

  1. Menjauhi stres

Kembali sibuk bekerja setelah asyik berpelesir terkadang memang bisa memicu tekanan emosional. Sebuah studi di Yale University membuktikan bahwa hormon kortisol yang dihasilkan saat stres dapat mengakibatkan nafsu makan berlebih. Untuk menghindari holiday blues tersebut, atur jadwal relaksasi seperti yoga atau sekadar menonton film favorit menjelang akhir pekan.