Terapi Musik Efektif Tingkatkan Kognisi Pasien Demensia

0
3362
Terapi Musik Efektif Tingkatkan Kognisi Pasien Dimensia
Terapi Musik Efektif Tingkatkan Kognisi Pasien Dimensia
  • Anda punya lagu favorit?
  • Atau pernahkah sebuah lagu mengingatkan Anda pada memori atau emosi tertentu?

Mendengarkan musik dapat membuat otak manusia untuk lebih aktif mengingat kembali berbagai kenangan penting dalam hidupnya.

Stimulasi dari kenangan masa lalu ini pun dipercaya dapat membangkitkan emosi Orang Dengan Demensia (ODD) secara positif.

Mendengarkan Musik & Bernyanyi Akan Menggerakan Otak Kanan dan Kiri

Direktur Regional Alzheimer’s Disease International – Asia Pasifik, DY Suharya, menjelaskan bahwa ketika pasein dementia mendengarkan musik dan bernyanyi, kegiatan itu akan mengaktifkan otak kiri dan kanannya.

Otak akan bekerja secara menyeluruh dan membuat ODD menggunakan kapasitas otak lebih dari biasanya dan memacu berbagai fungsi otak.

“Selain itu, mendengarkan musik bagi ODD dapat membuat suasana hati lebih tenang dan merangsang interaksi positif, memfasilitasi fungsi kognitif dan mengkoordinasikan gerakan motorik,” tambahnya.

Apa Manfaat Mendengarkan Musik bagi ODD?

Direktur Eksekutif Alzheimer’s Indonesia, Sakurayuki, juga menjelaskan bahwa mendengarkan musik dapat membuat ODD lebih tenang ketika menghadapi sundown syndrome atau perilaku saat ODD mengalami disorientasi dan kebingungan menjelang matahari terbenam.

Musik dapat membantu ODD lebih rileks sehingga suasana hatinya lebih terjaga.

“Sementara bagi anak muda dan lansia yang tidak terkena demensia, mendengarkan musik dapat mengurangi resiko demensia di masa depan karena mengurangi resiko depresi,”jelas Sakurayuki.

Berangkat dari fakta ini, Alzheimer Indonesia berkolaborasi dengan Alumni Paragita Universitas Indonesia dan mitra pendukung lainnya membuat sebuah konser amal bertajuk “Remember Me Charity Concert” di Erasmus Huis pada 21 Oktober 2017.

Beberapa musisi dan penyanyi ternama yang tampil adalah:

  • Aning Katamsi,
  • Amoroso Katamsi,
  • Andi Rianto,
  • Dewi Lestari,
  • Farman Purnama,
  • Disciples Voice,
  • Paduan Suara Mahasiswa Paragita UI beserta alumni Paragita UI juga Gery Puraatmadja sebagai narator.

Baca juga: Sayangi Lansia, Kenali Giant Geriatric Syndromes

Ketua Panitia Remember Me Charity Concert

Priska Hutabarat, Ketua Panitia Remember Me Charity Concert mengatakan, seluruh hasil penjualan tiket akan disumbangkan melalui Alzheimer Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup ODD dan pendampingnya.

“Dengan konser ini kami harapkan kesadaran masyarakat terkait penyakit Alzheimer dapat terus meningkat dan kualitas hidup masyarakat dapat terjaga dengan mendengarkan musik-musik berkualitas,”kata Priska.

Baca juga: Satu Orang Di Dunia Mengalami Dimensia Alzheimer Setiap 3 Detik