Tepung Alternatif Bebas Gluten

0
278
tepung-terigu-gandum-gluten
Photo by: Melissa B

Memang belum ada anjuran batasan asupan gluten untuk orang yang “normal” atau tidak alergi gluten, namun Susan Hartono, Nutrisionis dan Self-healing coach dari Self Awareness Network mengatakan bahwa secara umum, menghindari produk-produk yang mengandung gluten adalah langkah bijak untuk menjaga pola hidup sehat bagi kesehatan.

Bonusnya, diet gluten juga akan membuat Anda terlihat awet muda dan lebih berenergi. Setidaknya itulah yang dikatakan para pesohor yang telah menjauhi gluten dalam kesehariannya, mulai atlet Novak Djokovic, Zoey Deschanel, hingga Bill Clinton.

BACA: TOP 10 GLUTEN FREE CELEBRITIES

Jika Anda ingin menjalankan diet gluten, beberapa makanan yang perlu dihindari secara umum adalah mie, roti (termasuk donat, muffin, pizza, burger, kue), dan pasta (seperti macaroni, spaghetti). Tapi kalau sedang ingin, pilihlah untuk menyantap mie beras, roti kentang, atau pasta yang terbuat dari jagung atau singkong.

Anda juga bisa berkreasi menciptakan sajian bebas gluten sendiri di rumah. Beberapa alternatif pengganti tepung terigu antara lain:

  • tepung ubi
  • tepung beras
  • tepung sorgum
  • tepung sukun
  • tepung singkong (yang juga disebut mocaf atau modified cassava flour). Anda dapat menemukan banyak resep kue berbahan dasar Mocaf di internet. Hasilnya sama baiknya seperti kue yang berbahan tepung terigu. Mocaf juga bisa dipakai untuk tepung pelapis ikan, ayam, atau perkedel.
Tepung-Pati-flour-indonesia-gluten-free
Kini banyak ditemui aneka tepung bebas gluten produksi lokal

Tepung-tepung ini memang belum terlalu mudah ditemui, namun beberapa jenis sudah terlihat cukup banyak di pasar swalayan, toko-toko penyedia produk-produk organik, dan produsen khusus tepung bebas gluten, salah satunya adalah Ladang Lima (www.ladanglima.com)

Meski begitu, Susan mengingatkan kita untuk tetap cermat dalam memilih tepung alternatif ini. “Yang terbaik adalah mengenal kredibilitas suppliernya, karena mungkin saja ada yang mengambil kesempatan dengan trend gluten free ini. Misalnya, memang benar bebas gluten, tapi produknya penuh aditif dan proses pembuatan tepungnya merusak zat gizinya,”ujar Susan.

“Jadi kalau seseorang cuma ikut-ikutan mau diet gluten free tanpa mengindahkan kaidah makan wholesome foods, bisa jadi ia malah akan mengalami defisiensi zat gizi mikro,” tambahnya.

BACA JUGA: MEMAHAMI GLUTEN

Foto utama: Melissa B