10 Teknik Membungkus Hadiah Minim Sampah

0
2590
10 Teknik Membungkus Hadiah Tanpa Menambah Sampah
10 Teknik Membungkus Hadiah Tanpa Menambah Sampah

Sejak lama, kita terbiasa membungkus hadiah dengan kertas kado ditambah dengan pita-pita cantik, namun semakin lama banyak orang yang menghindari kebiasaan ini karena bungkus kado hampir selalu pasti berujung di tong sampah.

Nah bagaimana caranya agar kita bisa memberikan hadiah tanpa menambah sampah? Berikut 10 teknik membungkus hadiah yang bisa kita pelajari, yaitu:

1. Furoshiki (Seni Membungkus Ala Jepang)

Ada berbagai teknik membuntal yang bisa Anda gunakan sesuai ukuran dan bentuk barang yang akan dibungkus. Dengan kain-kain bermotif lucu, kado kamu pasti terlihat unik.

2. Membungkus Tanpa Selotip

Tinggalkan selotip, gantilah dengan tali natural atau pita untuk mengikat lipatan-lipatan kertas. Anda pasti bisa!

 

3. Gunakan Daun Dan Tanaman Hijau dari Pekarangan Rumah

Berpikirlah lebih kreatif untuk mempergunakan barang-barang yang sudah ada di rumah. Misalnya, gunakan daun atau tanaman hijau di pekarangan rumah Anda sebagai pemanis bungkus kado Anda. Kenapa tidak?

4. Peta Lama Sebagai Kertas Kado 

Anda bisa menggunakan peta sebagai pembungkus hadiah yang menarik, lalu ikat dengan tali.

5. Karyakan Koleksi Majalah Lama

Anda bisa menambahkan kertas glossy yang mengilap sebagai sentuhan akhir yang seru. Terkadang kita menemukan artikel di majalah lama yang menggunakan bahasa yang jenaka sehingga bisa menambah nilai tambah pada hadiahmu.

 

8. Kemeja yang tidak terpakai

Pergilah ke toko baju vintage untuk mendapatkan kemeja keren atau pakai kemeja kamu  yang sudah tidak terpakai lalu jadikan kemeja sebagai pengganti kertas pembungkus.

 

9. Pakai Kartu Lama Sebagai Kartu Ucapan Ataupun Tag Hadiah

Daripada membeli kartu ucapan atau tag hadiah baru, mengapa tidak membuat sendiri dari kartu hiasan yang kamu sudah punya? Prakarya anak-anak juga bisa membuat kartu ucapan kamu makin menggemaskan! 

Sumber: https://www.makesmthng.org/

BACA JUGA: Apa itu Zero Waste?