Teh Kapulaga: Merawat Pencernaan Hingga Mengobati Mood Swing

0
143
chai latte kapulaga

Minum teh saat ini sudah hampir menyaingi tren minum kopi.  Tidak hanya sekadar tren, teh juga menjanjikan manfaat kesehatan, dan sebenarnya teh pun memiliki kandungan kafein yang membuat kita terjaga seperti yang diberikan kopi.

Lantas bagaimana bila teh dicampurkan dengan rempah? Apakah manfaatnya akan meningkat?

Teh dengan rempah memiliki manfaat yang signifikan untuk tubuh, karena teh sendiri bertindak sebagai antioksidan sedangkan rempah — tergantung jenisnya– akan menguatkan khasiat dari teh.

“Teh dengan rempah cardamom alias kapulaga misalnya punya banyak manfaat, apalagi untuk mereka yang memiliki riwayat pengidap penyakit jantung,” jelas Satria Gunawan, owner dari House of Tea.

Manfaat Kapulaga

Menurut beberapa penelitan, bumbu dapur yang biasa digunakan suku Melayu ini memiliki banyak manfaat beberapa diantaranya adalah:

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kapulaga memiliki efek mendinginkan sehingga membantu menghilangkan keasaman pada lambung. Mengonsumsi kapulaga juga bisa mengatasi gangguan pencernaan lain seperti mual, muntah, sakit perut dan kejang.

2. Menghilangkan Bau Mulut

Ini dikarenakan kapulaga memiliki sifat anti-bakteri yang membantu menghilangkan bau mulut dengan menetralkan jumlah bakteri pada gigi.

3. Antidepresi

Sensasi aromatik pada kapulaga memiliki manfaat tambahan untuk merilekskan saraf buat mereka yang mengalami stres ataupun mood swing. Anda bisa merebus kapulaga dalam air atau menambahkannya ke teh untuk hasil dan rasa yang lebih baik.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kapulaga juga memiliki efek mengencerkan darah, yang ternyata tidak hanya berlaku pada aliran darah saja melainkan juga untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan ketika batuk berdahak.

Aromatic Cardamom di Chaiholics sering disukai perokok, soalnya bisa melancarkan tenggorokan,” kata Yan Suryana Outlet Manager dari Chaiholics, sebuah gerai tea shop yang berlokasi di JW Marriott.

5. Atasi Disfungsi Seksual

Kapulaga juga dapat membantu mengurangi gejala disfungsi seksual seperti impotensi dan ejakulasi dini. Mengonsumsi kapulaga dengan susu, madu atau teh akan membantu Anda menikmati khasiat kapulaga dengan rasa yang lebih kaya.

Rempah-rempah Lain Untuk Teman Teh

Selain kapulaga, ada rempah lainnya seperti biji adas yang memiliki efek merilekskan saraf-saraf yang tegang, saffron melancarkan peredaran darah plus antiradang, daun kemangi untuk membersihkan paru-paru dan masalah sinus.

Kalau jahe pasti sudah tidak asing buat Anda, sama halnya dengan kayu manis, lada hitam, mint, dan serai. Nah, Anda mau mencoba teh dicampur dengan rempah apa hari ini?

BACA JUGA: Menikmati Teh dengan Panca Indra di House of Tea