Susah Fokus? Coba 5 cara ini! (mohon dibaca dengan konsentrasi)

0
146
sudoku

Pernah tidak ketika sedang berada dalam satu momen, pikiran Anda malah berkecamuk memikirkan yang lainnya? Sedang memasak tetapi yang ada di kepala macam-macam, mulai dari urusan kantor, cuplikan film, intinya pikiran tidak pernah fokus, kerap semrawut. Bisa jadi itu tanda Anda susah konsentrasi.

Pikiran yang hilir-mudik tidak hanya membuat Anda kehilangan momen, melainkan juga kesulitan untuk menyelesaikan masalah.

Menurut dr. Gina Anindyajati, SpKJ dari Angsamerah Clinic, konsentrasi merupakan salah satu bagian dari fungsi kognitif. “Orang yang otaknya berfungsi baik dan memiliki kesadaran akan memiliki konsentrasi yang baik pula,” jelas dr.Gina.

Sebenarnya, memiliki banyak pikiran adalah hal yang sering dialami tiap orang. Cara  mengatur apa yang perlu kita pikirkan adalah menyadari bahwa kita sedang berpikir tentang banyak hal. Baru kemudian kita mulai memilah mana yang perlu dipikirkan.

Ada banyak cara yang bisa membantu melatih konsentrasi otak, yaitu:

  1. Sering Mengisi TTS

Mengisi Teka Teki Silang (TTS), Sudoku, puzzle ataupun jenis permainan lain yang “memaksa” kita berpikir, sejatinya adalah salah satu upaya untuk melatih konsentrasi. Bagian dari sistem kerja otak yang biasanya tidak dipakai di aktivitas sehari-hari juga akan distimulus melalui permainan TTS.

Keith Wesnes profesor dari University of Exeter di Britania bahkan mengungkapkan bagaimana puzzle melatih fungsi kognitif mulai dari perhatian, penalaran sampai kepada memori.

BACA JUGA: Ini Fakta! Puasa Baik Untuk Kesehatan Otak dan Jiwa

  1. Makan Tepat Waktu

Makan tepat waktu ternyata memberikan pengaruh terhadap kinerja otak. “Makan yang cukup beberapa jam sebelum ujian bisa membantu menajamkan ingatan,” demikian kata dr. Gina.

Pasalnya, glukosa membantu aktivasi otak. Ketika otak kekurangan glukosa maka kinerjanya jadi melambat. “Tapi jangan terlalu banyak juga, konsumsi makanan yang mengandung glukosa berlebihan justru malah membuat cepat mengantuk,”jelasnya.

  1. Menulis Catatan

Meski kita hidup di jaman digital, tidak semuanya bisa tergantikan dengan smartphone Anda. Manfaat menulis dengan tangan salah satunya. Menurut dr.Gina, menuliskan apa yang sedang dipikirkan bisa membantu menguraikan kesemrawutan yang ada di kepala kita. Ketika memulai menulis, kita akan mulai memperhatikan apa yang kita pikirkan.

“Seringkali kita berpikir tanpa memperhatikan apa yang sebenarnya kita pikirkan sehingga terkesan banyak dan saling tumpang tindih,” ujarnya. Maka ketika menulis, kita bisa menemukan bahwa masalah kita sebenarnya tidak serumit itu.

Sedang banyak pikiran? Yuk coba ambil kertas dan pulpen dan mulai menulis!

  1. Meditasi

Meditasi banyak disarankan sebagai langkah yang efektif untuk melatih konsentrasi. Mengambil sikap duduk bersila, memejamkan mata dan mulai mengamati jalannya pernapasan akan membantu Anda menemukan ketenangan dalam berpikir.

  1. Olahraga

Bila Anda merasa susah untuk mengelola pikiran lewat meditasi, cobalah melakukan kegiatan aktif dengan olahraga. Terkadang ketika sedang banyak pikiran, orang justru malas berolahraga karena khawatir akan capek. Padahal berjalan-jalan ringan saja akan membuat tubuh rileks dan bisa membantu Anda berpikir lebih jernih.

Kira-kira mana yang paling sesuai untuk Anda jalani?

BACA JUGA: Terapi Seni untuk Penyembuhan

Demikian dari postingan “susah konsentrasi? Coba Kamu Pakai 5 cara ini!”