Sudah Tahu Cara Mengolah Biji Labu yang Benar?

0
3273
biji labu

Biji labu atau pumpkin seeds saat ini bisa dibilang menjadi tren pilihan makanan sehat. Apakah Anda sudah pernah mencobanya? Beberapa kandungan hebat dari biji labu adalah sumber minyak yang sehat, magnesium, sehingga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, tulang, dan fungsi lainnya.

Asam lemak dalam biji labu mengandung berbagai nutrisi bermanfaat, seperti sterol, squalene, dan tokoferol. Tapi, ternyata tidak semua cara pengolahan biji labu baik sehingga bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Kalau menurut Aviani Harfika SGz, ahli gizi dari Insitut Pertanian Bogor, cara pengolahan terbaik untuk mendapatkan gizi sempurna dari biji labu adalah dengan mengeringkannya di oven untuk menghilangkan rasa getirnya.

BACA JUGA: Mengenal Makanan Fungsional

“Setelah dicuci bisa didiamkan di suhu ruang dulu sampai kering, atau bisa juga di oven pada suhu 180-200 derajat selama 20 menit,” jelas Aviani. Sedangkan untuk biji labu yang sudah jadi tepung, kadar nutrisinya sudah jauh berkurang.  Sayangnya tidak semua orang bisa mengonsumsi biji labu secara bebas, apalagi orang yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan dan biji-bijian.

Apa saja Manfaat Biji Labu?

“Biji labu baik untuk dijadikan snack karena tinggi serat, mengandung Vitamin E, asam lemak, protein, jadi aman saja sebagai kudapan,” tambah Aviani. Buat mereka yang mengalami hipertensi dan butuh pilihan camilan sehat, biji labu bisa dijadikan pilihan.

Itu masih sedikit dari sekian banyak manfaat biji labu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kehebatan biji labu untuk kesehatan.

  1. Kesehatan Kulit dan Mata

Biji labu merupakan sumber squalene yang baik; senyawa antioksidan yang mirip dengan beta-karoten. Squalene berperan dalam melindungi kulit selama paparan UV dan jenis paparan radiasi lainnya.

  1. Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak biji labu memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi dan antioksidan lainnya. Vitamin E membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

  1. Mencegah Insomnia

Biji labu adalah sumber kaya tryptophan, asam amino. Tryptophan telah digunakan untuk mengobati insomnia kronis karena tubuh mengubahnya menjadi serotonin, hormon yang mengatur mood positif dan melatonin, sebagai hormon yang mengatur jam tidur.

BACA JUGA: Resep Sabun dari Buah Lerak

Mengemil beberapa biji labu sebelum tidur dengan sejumlah kecil karbohidrat seperti sepotong buah, bisa bermanfaat dalam menyediakan tubuh Anda dengan triptofan yang dibutuhkan untuk produksi melatonin.

Di online marketplace, biji labu dijual mulai dari 33 ribuan per 250 gram-nya. Yuk, tambahkan biji labu dalam sereal, smoothies, salad atau buat snack!

BACA JUGA: Ini Menu Vegetarian Enak di 5 Restoran Baru di Jakarta!