Stres Karena Belum Dapat Pekerjaan? Ini Cara Mengatasinya!

0
412
mencari pekerjaan

Awal Mei kemarin, (3/5), seorang perempuan melompat bunuh diri dari lantai 4 Mall Emporium Pluit, Jakarta Utara. Pertanyaan yang umum ditanyakan publik pada kasus bunuh diri adalah: Kenapa ya kok sampai begitu? Apa yang menjadi penyebabnya?

Meski tidak ada penjelasan pasti, diduga perempuan yang masih belia tersebut depresi karena ia tak kunjung mendapat pekerjaan. Apalagi dengan status lulusan universitas luar negeri, beban mentalnya sebagai pengangguran bertambah berat. Stres, depresi, dan putus asa konon membuat dirinya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh International Centre for Lifecourse Studies di University College London, orang-orang yang belum bekerja lebih rentan mengalami stres ketimbang mereka yang sudah bekerja. Stres pada pengangguran disebabkan karena kehilangan status sosial dan pendapatan.

Vani juga salah satunya. Perempuan usia 35 tahun ini pernah merasakan jadi pengangguran hampir dua tahun, sampai akhirnya sekarang menjabat sebagai QHSSE Coordinator di perusahaan internasional yang bergerak di bidang dredging reclamation.

“Saya stres dan merasa tidak percaya diri karena teman-teman yang lain sudah bekerja sedangkan saya belum,” kenangnya.

Apalagi kuliahnya dibiayai oleh abang dan kakaknya karena orangtua sudah meninggal. Ada beban yang signifikan karena dia belum kunjung mendapatkan pekerjaan.

“Keluarga tidak menuntut sih, tapi selalu ada pertanyaan apakah saya sudah mendapat pekerjaan atau belum,” cerita perempuan yang saat ini berdomisili di Batam.

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas Hidup dengan Teknik Bernapas yang Benar

Diakuinya, menjadi pengangguran membuat emosi dan mood-nya naik turun, dia kerap bertengkar dengan adiknya atau tiba-tiba menangis.

Nessi Purnomo M.Si, juga membenarkan hal ini, “Tidak ada status, tidak ada uang, belum lagi ditanya-tanya, sudah kerja apa belum. Nggak ditanya saja sudah stres apalagi kalau ditanya-tanya, otomatis jadi tambah stres,” tambah psikolog yang berpraktik di Rumah Sakit Panti Rapih dan Unit Konsultasi Psikologi (UKP) Universitas Gadjah Mada tersebut.

Karenanya, Nessi memberikan tips buat Anda yang belum bekerja supaya tidak gampang stres dan beradaptasi dengan perubahan. Simak di sini:

  1. Pelajari Peluang dan Persaingan Kerja

Tingkat persaingan dunia kerja saat ini memang sangat tinggi. Ada kalanya posisi yang Anda lamar begitu keren, tapi pada praktiknya Anda harus mengerjakan hal-hal yang tidak dibayangkan sebelumnya.

Ada banyak kisah sukses yang mengukir keberhasilannya dari bawah. Sejatinya ini harus menjadi semangat buat Anda. Tanamkan motivasi dan nilai positif, bahwa selalu ada hikmah di balik usaha dan kerja keras yang Anda lakukan.

  1. Jalin Networking yang Baik

Mencari pekerjaan harus punya link, jangan sungkan untuk menanyakan informasi mengenai lowongan pekerjaan dengan orang-orang di sekitar Anda. Tanyakan tips dan trik wawancara yang baik seperti apa. Sering bertukar pikiran dengan orang-orang yang bisa memberikan masukan untuk perkembangan diri, bisa memicu untuk lebih semangat.

  1. Dukungan dari Orang Terdekat

Tidak bisa dipungkiri dukungan dari orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman dapat membantu meringankan perasaan rendah diri. Ceritakan apa yang Anda rasakan, ada baiknya Anda to the point bilang hal-hal yang tidak ingin ditanyakan terkakit status belum bekerja ini.

  1. Jalani Hobi

Aktif dalam kegiatan positif dapat membangun rasa percaya diri dan meningkatkan imej positif kalau Anda berguna untuk orang lain. Misalnya, Anda bergabung dengan kegiatan sosial, menjalani hobi sebagai sarana penyaluran dan ekspresi diri.

Tidak dapat kerjaan juga? Tidak ada salahnya Anda melirik kesempatan untuk membangun usaha Anda sendiri!

BACA JUGA: Lagi Bad Mood? Segera Hempaskan Untuk Kebaikan Anda Sendiri!