Setelah Sahur Langsung Tidur, Aman Nggak Ya?

0
413
sahur terus tidur aman tidak

Buat Anda yang menjalani ibadah puasa, apakah Anda termasuk orang yang langsung tidur setelah sahur? Duh, ada baiknya kebiasaan ini tidak dilanjutkan ya, soalnya tidur selesai sahur alias makan bisa memberikan dampak buruk buat kesehatan.

Berbaring sehabis makan, dapat menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan sehingga memicu mulas bahkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).  Maka itu setiap sehabis makan, kita disarankan  menunggu selama 2 hingga 3 jam sebelum tidur. Jeda waktu tersebut memungkinkan proses pencernaan berlangsung sehingga berpindah ke usus kecil.

Selain meningkatkan risiko GERD, tidur setelah sahur membuat badan menjadi lemas dan menumpuk lemak dan kalori yang seharusnya dipergunakan sebagai energi. Jika dilakukan terus menerus, kebiasaan ini bisa mengarah ke obesitas.

Nah, kalau tidak punya waktu jeda 2-3 jam setelah sahur bagaimana? Berikut tips supaya mata melek:

  1. Tidur Malam yang Cukup

Supaya Anda tidak mengantuk sehabis sahur, Anda memang harus punya tidur malam yang berkualitas. Jadi, sehabis sahur Anda tidak bakal ngantuk lagi.

  1. Olahraga

Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan keliling kompleks, atau stretching ringan supaya badan tidak terasa lemas sehabis sahur.

BACA JUGA: Manfaat Tetap Berolahraga Saat Puasa

  1. Tidur Ketika Jam Istirahat

Rasa ngantuk saat puasa memang tidak bisa dilawan. Anda bisa mengambil waktu tidur siang sebentar saat jam istirahat, bisa juga sehabis sholat dhuzur.

  1. Makan Perlahan dan Secukupnya

Karena beranggapan tubuh harus punya ekstra cadangan makanan selama seharian, banyak orang jadi makan berlebihan. Ini sebenarnya konsep yang keliru. Supaya makanan dapat diproses dengan baik, Anda justru harus makan perlahan dan menikmati setiap kunyahannya sehingga tercerna baik dan tubuh bisa menyimpan energi dengan baik pula.

Menurut Susan Hartono, MSc., C.Ht, Holistic Nutrition & Self Healing Coach, menu sahur tidak perlu banyak asalkan sarat nutrisi, cukup vitamin dan mineral serta batasi sodium/garam serta stimulan yang dapat memicu dehidrasi.

“Ada baiknya sebelum menyantap makanan sahur, dimulai dengan minum 1-2 gelas air hangat, baru mulai menyantap hidangan berat seperti sop ayam, buah potong atau bahkan jus sayuran,” tambah Susan.

So, hindari tidur sehabis sahur ya…

BACA JUGA: Pastikan Protein dan Sayur Untuk Menu Sahur Berkualitas