Serai untuk Kecantikan? Kenapa Tidak?

0
230
serai dan perawatan

Mungkin Anda sudah tahu manfaat serai sebagai bumbu masak dan kesehatan. Tapi, apakah serai juga bisa untuk kecantikan? Jawabannya adalah sangat bisa! Tidak hanya memiliki wangi kesegaran yang khas, senyawa yang membentuk minyak atsiri pada serai diketahui memiliki sifat antijamur, insektisida, antiseptik, dan anti inflamasi yang nyatanya berkhasiat untuk kesehatan kulit.

Berbicara tentang serai untuk kecantikan, bentuk paling umum dan sering digunakan adalah minyak serai atau lemongrass oil. Ketika sudah menjadi ekstrak, serai mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, folat dan vitamin C. Belum lagi mineral penting lainnya seperti magnesium, fosfor, mangan, tembaga, kalium, kalsium, seng dan besi.

Dirangkum dari beberapa penelitian dan salah satunya Asian Journal Tropical Medicine, berikut beberaoa manfaat minyak serai untuk kecantikan.

Membuat Kulit Bercahaya

Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi iritasi pada kulit, menggunakan minyak serai secara rutin bisa membuat kulit lebih bersih dan bercahaya. Minyak serai adalah pembersih yang efektif untuk semua jenis kulit. Sifat antiseptik dan astringentnya (mengecilkan pori-pori), membuat minyak serai sempurna sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda.

Selain itu, minyak serai juga dapat mensterilkan pori-pori, berfungsi sebagai toner alami dan memperkuat jaringan kulit. Pegal-pegal sehabis olahraga atau sakit kepala dapat dihilangkan dengan minyak serai.

Memperkuat Folikel Rambut

Sifat anti bakterinya membuat minyak ini menciptakan lingkungan yang kondusif di kulit kepala Anda untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan memperkuat folikel rambut. Anda bisa mencampur tiga tetes minyak esensial serai dengan tiga sendok makan minyak zaitun mentah dan memijatkannya ke kulit kepala. Bungkus handuk di sekitar kepala Anda selama 15 menit, lalu keramas seperti biasa.

Meredakan Kram Menstruasi

Minum teh serai dapat membantu menyamankan kram saat menstruasi serta memperbaiki mual dan mood. Minum satu hingga dua cangkir teh serai sehari ketika menstruasi bisa membantu Anda melewati masa menstruasi dengan lebih baik.

Mengobati Jamur Kuku

Khasiat anti jamur dari minyak atsiri sereh dapat membantu mengobati jamur kuku. Bagaimana menggunakannya? Anda dapat mengombinasikannya dengan minyak zaitun. Tuang minyak serai ke dalam botol minyak zaitun lalu dikocok. Kemudian aplikasikan campuran minyak tersebut ke kuku yang terinfeksi jamur. Pijat perlahan sampai merata lalu diamkan. Lakukan secara rutin dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

BACA JUGA: Tidak Hanya Menyedapkan Masakan, Serai Memiliki 5 Manfaat Hebat Ini