Sebaiknya Makan Apa Sebelum Berolahraga? Ini Panduannya!

0
187
Sebaiknya Makan Apa Sebelum Berolahraga? Ini Panduannya!
Sebaiknya Makan Apa Sebelum Berolahraga? Ini Panduannya!

Menyempatkan untuk memakan sesuatu sebelum memulai aktivitas olahraga adalah krusial sebagai sumber energi.

Tidak hanya itu, opsi makanan yang Anda pilih tentu saja tak kalah pentingnya! Sebab, Anda membutuhkan porsi yang cukup mengenyangkan namun juga tetap terasa nyaman di perut agar lambung Anda tak terkejut ataupun “bergejolak” saat Anda tengah berlatih.

Karakter makanan yang seharusnya dikonsumsi sebelum Anda melakukan olah tubuh yakni sebagai berikut:

  1. Makanan rendah lemak;
  2. Makanan rendah serat;
  3. Seimbang dalam hal karbohidrat dan protein;
  4. Mengandung air;
  5. Terdiri dari makanan yang biasanya bisa Anda toleransi dengan baik.

Perlu diingat pula, sebetulnya jenis makanan yang kita makan juga tergantung pada intensitas latihan.

Tubuh Membutuhkan Cadangan Energi

Karena pertama-tama, tubuh akan menggunakan karbohidrat sebagai cadangan energi selama 30 hingga 45 menit dari sejak Anda memulai sesi latihan. Baru kemudian setelahnya, Anda akan membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Sebagai pasokan energi agar sesi olahraga bisa bertahan lebih lama, Anda juga membutuhkan karbohidrat berkualitas, lean protein, dan juga lemak yang masih tergolong baik untuk kesehatan jantung.

Karena, jaringan otot akan tergantung pada asupan karbohidrat seperti contohnya roti, sereal, pasta, nasi, buah dan sayur-mayur supaya tenaga Anda cepat untuk diproses.

Anda pun membutuhkan protein untuk otot dan juga sel-sel darah yang bertugas membawa nutrisi dan oksigen ke jaringan-jaringannya.

Menu Sederhana

Untuk memenuhi sejumlah kebutuhan di atas, seleksi menu yang sederhana tapi tetap sehat seperti grilled chicken sandwich bisa memenuhi kriteria di atas.

Selain itu, pizza dengan topping keju low-fat pun bisa menjadi pilihan ideal. Daging putih, kacang almond atau protein shakes juga bisa menjadi ide bagus Tentunya, Anda juga harus meminum cairan agar tubuh menunjukkan performa yang prima.

(Sumber: WebMd, Natural News Blog)

  • Biasa berolahraga di pagi hari?

Anda semestinya mengonsumsi asupan sehat itu dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur.

Ini adalah cara yang tepat untuk mengaktifkan metabolisme. Cobalah untuk mengonsumsi seporsi oatmeal atau satu buah pisang.

Sedangkan apabila Anda biasa melakukan aktivitas fisik di sore hari, pilih asupan seperti apel atau susu cokelat.

Kalau tak ingin upaya olah tubuh Anda menjadi percuma, hindari mengonsumsi gorengan (termasuk kentang goreng) ataupun makanan yang berminyak serta minuman ringan alias soft drink sebelum berolahraga.

Selain itu, makanan yang terlalu pedas, berbumbu tajam dan terlampau berlemak sebaiknya juga dihindari demi sesi olah tubuh yang optimal. (Sumber: Natural News Blog)

Selamat mencoba!