Sambiloto, Obat Herpes Genital Mujarab

0
729
sambiloto

Sambiloto adalah jenis tanaman pahitan yang tidak hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh tetapi juga sebagai obat herpes genital yang mujarab. Ini dikatakan oleh dr. Rianti Maharani, MSi dari Aliksa Organic SRI Consultant.

“Sambiloto digunakan untuk antivirusnya, sedangkan untuk antiseptik yang dibasuh ke genital pakai daun sirih, dan untuk linu-linunya pakai rebusan kunyit,” demikian penjelasan dr. Rianti. Cara pengolahannya adalah terpisah. Masing-masih direbus dengan lima gelas air, kemudian setelah air berkurang kira-kira sampai menjadi tiga gelas baru kemudian diminum selagi hangat.

Lebih lanjut lagi, dr. Rianti menambahkan, untuk hasil yang mujarab, rebusan ini dikonsumsi minimal satu kali seminggu. Herpes genital pada dasarnya adalah infeksi kulit yang kerap terjadi berulang.

Kenapa ketika infeksi herpes Anda juga butuh rebusan kunyit? Ini dikarenakan gejala herpes yang menyebabkan pegal linu mirip flu. Bahkan untuk beberapa kondisi, herpes membuat pengidapnya mengalami kelelahan.

Sebagian besar orang kerap tidak menyadari bahwa mereka memiliki herpes genital, karena dikira sekadar sakit flu biasa. Namun akhirnya setelah timbul lesi atau perlukaan, baru ketahuan kalau Anda mengidap herpes.

Tidak hanya penampakan yang kehilangan estetis pada area kelamin tetapi juga rasa pedih setiap kali buang air seni bisa Anda alami ketika mengalami herpes genital. Untuk itulah, kombinasi sambiloto, sirih, dan kunyit dibutuhkan.

Sambiloto sebagai antivirus yang menyembuhkan dari dalam, sirih untuk kesembuhan perlukaan luar, sedangkan kunyit untuk mengatasi gejala serupa flu yaitu pegal linu. Sambiloto terkenal karenanya rasa pahitnya. Membuatnya mendapat julukan King of Bitters atau “Mbahnya” para jamu, senyawa andrographolide pada sambiloto yang membuatnya sangat pahit ini berperan sebagai antikanker.

BACA JUGA: Atasi Rambut Rontok dengan Asam Jawa, Sudah Pernah Coba?

Setelah Sembuh Bisa Kambuh?

Ketika sudah sembuh dari herpes genital, bisakah kambuh lagi? Tentu saja bisa, bahkan ketika Anda melakukan hubungan seks aman, risiko herpes genital kambuh bisa saja terjadi. Ini dikarenakan imunitas tubuh yang turun.

Bisa karena hal “sepele” seperti waktu tidur yang kurang, stres, ataupun mengidap penyakit tertentu. Biasanya, episode kedua untuk herpes tidak separah ketika pertama kali mendapatkannya. Namun tetap saja ada rasa tidak nyaman dan sensasi sakit.

Penyakit herpes genital kerap disebut sebagai virus yang “tidur”. Soanya, sekali Anda mendapatkan herpes genital, virus tersebut akan diam selamanya di bundle saraf tulang belakang. Ketika dipicu oleh sesuatu, virus ini akan berjalan di jalur saraf ke permukaan kulit, dan kadang-kadang menyebabkan wabah.

Saraf di alat kelamin, paha atas dan bokong terhubung. Oleh karena itu, seseorang dapat mengalami wabah di salah satu area ini. Mengonsumsi obat-obatan herbal seperti yang dijelaskan di atas, tidak hanya bisa menyembuhkan perlukaan akibat herpes tetapi juga menjaga stamina dan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Masuk Angin? Minum Kencur Aja!