Resep Sabun Dari Buah Lerak

0
125
resep sabun lerak

Untuk waktu yang cukup lama, banyak orang mengenal lerak hanya sebagai “yang buat nyuci batik itu ya?”

Terima kasih kepada kesadaran hidup alami yang semakin meningkat, kini lerak (Sapindus rarak) mendapat perhatian yang seharusnya dia dapatkan sejak lama. Fungsi pembersih dan antibakteri dalam lerak yang telah terbukti secara akademik kini banyak dimanfaatkan untuk membersihkan benda lain yang tak hanya batik.

Menurut Udarno dalam buku Lerak Tanaman Industri Pengganti Sabun, selain bermanfaat untuk bahan pencuci kain dan logam mulia, lerak juga mengandung senyawa fitokimia yang berfungsi sebagai antibakteri. Senyawa itu adalah alkaloid, tannin, flavonoid, polifenol dan saponin. Saponin adalah senyawa yang mampu membersihkan kotoran dan menghasilkan busa secara stabil hingga lerak cocok untuk dijadikan bahan sabun.

Tak hanya untuk Mencuci Batik 

Sabun lerak sebenarnya dapat juga untuk mencuci pakaian sehari-hari seperti yang mungkin dilakukan nenek moyang kita jaman dulu. Selain itu lerak bisa kita jadikan sabun cuci tangan, sabun cuci piring, pembersih lantai, pembersih benda perak hingga untuk memandikan hewan ternak atau peliharaan. Di beberapa wilayah di Jawa tengah tempat Lerak banyak tumbuh, air rebusan lerak menjadi salah satu obat herbal yang digunakan sebagai alternatif pengobatan diare karena sifat anti bakteri yang dimilikinya.

Betul, lerak kedengarannya seperti bahan pembersih alami yang sempurna!

Nah kalau dulu umumnya kita melihat sabun lerak hanya di toko-toko batik, sekarang sabun lerak banyak dijual di online marketplace atau toko-toko kesehatan. Buah leraknya pun juga mudah didapat dengan harga pasaran sekitar 30-40 rb per kg.

Dengan buah lerak, Anda bisa membuat sabun lerak sendiri dengan kreativitas Anda. Misalnya saja untuk wewangian, Anda bisa menambahkan kulit buah seperti jeruk atau sereh. Pilihan lebih banyak lagi jika Anda mau bermain dengan beragam wewangian dan khasiat essential oil!

Resep Sabun Lerak

  • Bahan:
    – 20 buah lerak
    – 1,5-2 liter air
    – Kulit jeruk/sereh/essential oil.

Cara membuat Sabun Lerak:

  1. Rendam buah lerak selama 2 hari
  2. Rebus dengan api kecil selama 30 menit bersama kulit jeruk (atau buah pilihan Anda)
  3. Larutan siap digunakan
  • Agar memperpanjang umurnya, simpan di kulkas. Sabun dapat bertahan sampai 1 bulan.
  • Sebagai deterjen, gunakan 1/2 cup atau 100 ml larutan untuk 1x load cucian.
  • Sisa lerak dapat digabung dengan Eco-enzyme dengan cara difermentasi lagi hingga 2 minggu. Larutannya bisa digunakan sebagai pembersih toilet atau pembersih lantai.

Karena penasaran akan khasiat buah lerak, kami mengirimkan sampel untuk diuji coba ke lab LIPI. Apa benar ada antibakterinya? Yuk simak jawabannya di video di bawah ini, beserta cara membuat sabun lerak!