Saatnya Beralih ke Hotel Sustainable

0
131
hotel sustainable

Industri hotel bisa dibilang sebagai salah satu penyumbang sampah terbesar. Menurut data yang dipublikasikan oleh Open Access Government, hotel menghasilkan 289.700 ton limbah setiap tahun, dimana 79.000 ton diantaranya adalah limbah makanan.

Menyikapi kondisi ini, banyak hotel, penginapan, homestay yang sudah tergerak untuk menjadi lebih “hijau”. Dan ini baik untuk konsumen, karena kita bisa punya lebih banyak  untuk tinggal di tempat yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Bayangkan bila kunjungan wisatawan ke daerah wisata kian tinggi dan tidak dibarengi dengan tindakan untuk menjaga lingkungan, ditambah lagi hotelnya juga tidak menerapkan sustainability?

BACA JUGA: Liburan Ala Backpacker Tidak Sekadar Senang-senang

Nah, bagaimana Anda bisa tahu kalau hotel tempat menginap memiliki kesadaran lingkungan? Salah satunya adalah mengganti botol kemasan dengan gelas dan menyediakan air minum isi ulang. Kemudian beralih ke kertas pembungkus sebagai ganti aluminium dan plastik untuk makanannya.

Air Isi Ulang dan Kurangi Konsumsi Plastik

East Hotel Hong Kong adalah salah satu hotel dengan konsep eco living yang menerapkan hal-hal yang diuraikan di atas pada propertinya. “Dengan menerapkan ini kami bisa mengurangi 180 ribu botol air dengan biaya HK$ 330 ribu per tahunnya,” demikian penjelasan Jennifer Cheung, General Manager EAST, Hong Kong dalam siaran persnya ke media.

BACA JUGA: Menginap di Eco Homestay, Membuat Traveling Anda Lebih Berkesan

Konsep keberlanjutan yang diadopsi oleh East Hotel tidak hanya pada konsumsi plastik tetapi juga produk hewan. Salah satunya adalah dengan menggunakan telur bebas keramba. Jadi, hewan dirawat dan dipelihara sebaik-baiknya sebelum dikonsumsi.

makanan sehat di East Hotel

Untuk mendukung pengurangan jejak karbon dari ternak, Feast (Food by East) sebagai restoran dari East Hotel Hong Kong memasukkan serangkaian hidangan nabati. Pun dalam pemilihan produk kemasan yang digunakan adalah plastik bukan aluminium ataupun plastik.

eksterior hotel
Menggunakan material daur ulang untuk bangunannya.

“Saat ini, 80% dari produk hotel dapat digunakan kembali atau didaur ulang untuk memerangi pemborosan makanan dan plastik,” tambah Jennifer kembali. Sejatinya ini dilakukan untuk membangun kesadaran terhadap lingkungan hidup kepadatim manajemen hotel dan juga masyarakat. “Saatnya kita bertanggung jawab kepada alam,” tutup Jennifer.

Sejak setahun terakhir, East Hotel Hong Kong juga telah bergabung dalam kampanye “No Straw Campaign” yang dipelopori oleh Ocean Park Conservation Foundation. Dalam penerapan kampanyenya, mereka juga mengimbau supaya tamu untuk hidup go green dan mengurangi pemborosan. Tertarik menginap di sini?

BACA JUGA: 5 Tanda Kalau Anda Mengidap di Eco Homestay