Saraf Tegang? Lakukan 8 Kegiatan Menyenangkan Ini!

0
258

Berbagai hal yang terjadi setiap hari seringkali membuat kita merasa stres atau lebih emosional. Kemacetan pagi hari, daftar panjang pekerjaan yang harus diselesaikan, atau masalah yang muncul tiba-tiba dapat menjadi pemicu stem saraf dan membuat kita lebih stres.

Meski ada orang yang mengaku sudah terbiasa dengan stres harian seperti ini, tekanan internal bisa mendatangkan efek bola salju dan membawa Anda ke dalam siklus stress-sleeplessness yang akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental Anda dari waktu-ke waktu. Stres memang bagian dari hidup, tetapi bukan berarti stres harus mengontrol hidup Anda.

Maka, kemampuan untuk menyadari dan secara positif mengelola stres setiap hari sangat penting bagi setiap orang. Hal ini bisa membantu kita untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi permasalahan yang lebih besar dan tidak terduga, serta membuat kita menjadi seseorang yang lebih sehat dan lebih bahagia.

Salah satu kunci untuk mengurangi stress adalah dengan belajar untuk mengatasinya melalui cara yang sehat dan konsisten. Anda bisa mulai dengan self-care setiap hari. Mengapa demikian? Karena kebanyakan dari kita lebih sibuk untuk peduli terhadap orang lain dan lupa untuk juga peduli terhadap kebutuhan diri sendiri. Hal ini bisa membuat tubuh dan pikiran Anda kelelahan.

Sama seperti prosedur keselamatan yang disampaikan di pesawat : jika tekanan udara di dalam kabin menurun, pasangkan masker oksigen pada diri Anda terlebih dahulu sebelum membantu orang lain. Nah, ketika diri sendiri sehat secara mental, fisik, dan emosi, kita  akan bisa peduli pada orang lain dengan cara yang lebih baik.

Berikut adalah kegiatan sehari-hari yang akan membuat sistem saraf kita senang: