Resign Untuk Menjalani Hidup Lebih Sehat

0
569
Resign Untuk Menjalani Hidup Lebih Sehat ~ Sandra Alfina Sunkrisps
Resign Untuk Menjalani Hidup Lebih Sehat ~ Sandra Alfina Sunkrisps

Sandra Alfina (27) Pelaku hidup sehat, seorang Vegan, Founder & CEO Sunkrisps (sunkrisps.id), berbagi mengenai pengalamannya dalam menjalani gaya hidup sehat dan usahanya yang ia rintis.

Narasumber (Sandra Alfina)

Sandra Alfina: Halo selamat malam, salam kenal (bagi yg blm kenal ?)! Saya Sandra, Founder dari Sunkrisps.. Saat ini saya diminta untuk sharing tentang perjalanan hidup sehat saya. Langsung aja ya, cerita awal mulanya saya jadi pelaku hidup sehat sampai skrg

Pada awalnya, saya bekerja di lapangan, di dunia perminyakan dari 2012 sampai 2014. Pemandangan dan tempat kerja yang berubah-ubah antara hutan, laut, sungai, babi hutan, gajah, dan buaya, merupakan hal yang biasa saya lakukan setiap hari, selama 2 tahun.

Termasuk tidur sangat kurang, harus bekerja di tengah malam hingga pagi, atau bahkan bisa sampai 36 jam tidak tidur.

Pola hidup lainnya seperti makan tidak tepat waktu, seadanya yang penting kenyang, hingga makan pada dini hari merupakan hal yang sangat biasa.

Hingga pada akhirnya, setelah 2 tahun, kondisi fisik saya menurun, sehingga saya memutuskan untuk resign.

Awalnya, saya resign untuk menyembuhkan diri saya yang pada waktu itu sangat sering sakit.

Demam, flu, maag, sudah makanan sehari-hari. Tapi anehnya, ketika saya resign, penyakit tersebut tidak pernah muncul lagi, padahal saya belum berobat apa-apa, hanya pergi ke Bali saja.

Mungkin saya kurang refreshing juga ✌?

karena jangka waktu off yang tidak menentu. Ya, saya tidak punya jadwal pulang ke kampung halaman yang teratur, disebabkan kebutuhan pekerjaan.

Niat saya untuk hidup lebih sehat setelah resign di akhir tahun 2014, diawali dengan yoga. Saya memulai yoga sebenarnya hanya ingin mencoba olahraga yang saya sudah dengar dari 2013, hingga akhirnya saya jatuh cinta.

Rutin yoga, dilengkapi dengan makan makanan masakan ibu, membuat kondisi fisik dan mental saya jauh membaik.

Hingga 3 bulan kemudian, pada bulan Februari 2015, saya memutuskan untuk belajar masak makanan sehat.

Saat itu saya belajar dari Sophie Navita. Mulai dari situ, saya kenal bahan-bahan organik, teman-teman di komunitas, pelaku hidup sehat yang lain, kemudian di akhir bulan yang sama, saya belajar berkebun organik dari Fam Organic.

Pada akhirnya saya menjalani pola clean eating pada awalnya, diikuti dengan pescatarian (Masih konsumsi daging ikan, sisanya sama sekali tidak. Kalau dilihat di piramid emisi karbon dari yang paling sedikit sampe banyak, nomor 1 vegan, 2 pescatarian) hingga saat ini saya vegan.

Saya sangat merasakan manfaat dari perjalanan saya tersebut, dari badan lebih sehat, mental lebih kuat, otak lebih jernih, hingga bonus turun berat badan hingga 8 kg selama 5 bulan.

Pada akhirnya, saya memulai usaha Sunkrisps pada Mei 2015, dengan tujuan menyebarkan semangat hidup sehat, terutama membantu anak dan Ibu, untuk makan sayur dengan enak dan mudah.

Cerita lengkapnya tentang usaha bisa langsung ke web atau IG www.sunkrisps.id yah ?

Sunkrisps_Kale_TortillaSunkrisps_Kale_Tortilla

Tanya Jawab

Esa: “halo mbak Sandra salam kenal saya Esa. Maaf mba, mau tau dong mba rutinitas dari bangun sampai tidur lagi seorang vegan tuh seperti apa?

Hehe apalagi cara mengatur makanannya agar tetap terpenuhi semua kebutuhannya tapi dengan cara vegan, saya penasaran ?”

Sandra Alfina: “Haloo salam kenal…

Sebetulnya sih sama aja kaya orang kebanyakan…

Bangun tidur bersih-bersih rumah lanjut olahraga min.30 menit.. lanjut makan 3x sehari dan kerja sampe malam?

Kalau buat makanan kebanyakan masak sendiri, soalnya di Bogor jarang sekali tempat yang vegan friendly.

Untuk nutrisi saya ikutin 12 dozens dari www.nutritionfacts.org Di sini lengkap sih nutrisi apa aja yang harus dilengkapi setiap hari, dan darimana asalnya.. termasuk  olahraga salah satu menu wajib?”

Esa: “wah, makasih banyak mbaaa lumayan tercerahkaaan hihi.”

Sandra Alfina: “Hihi iyaa sama-sama.. mba Esa lagi mau transisi kah? Aku saranin jangan sampe bikin stress ya… langkah demi langkah aja.”

Esa: “Hehe, iya masih belajar makan sehat ini pelan-pelan banget karena hobi jajan?”

Sandra Alfina: “Hehe iya mba, saya juga dulu segala dimakan kok.. ? Pasti bisa makan lebih sehat :)”

Ani: “Mba Sandra Salam kenal. Saat memulai vegan kerasa lemes gitu ngga?”

Sandra Alfina: “Awal-awal iya karena saya salah, hanya menghilangkan porsi makan ikan tapi tidak menggantinya.

Setelah saya ikutin Daily Dozen (maap tadi salah sebut namanya), alhamdulillah seger ON sampe malam.”

Eva: “Halo mba Sandra, vegan itu berarti sama sekali tidak mengkonsumsi protein hewani ya mbak?”

Sandra Alfina: “Yes mbak.. cuma untuk awal saya transisi masih makan ikan (pescatarian) 1 minggu sekali at least :)”

Eva: “Apakah jenis olahan seperti yogurt, keju dan lain-lain juga tidak di konsumsi mba?”

Sandra Alfina: “Iya betul mba, tidak. Untuk probiotik/fermentasi biasa dilengkapi dari kombucha (favorit saya) atau kimchi

Galuh: “Salam kenal mbak Sandra,  saya Galuh.

Ada tips untuk konsisten clean eating -> vegan saat pasangan belum bisa eat clean -> vegan?

Saya kalo sedang tugas keluar kota bisa vegan tapi begitu kumpul dengan suami balik meat eater?”

Sandra Alfina: “Halo mbak Galuh, salam kenal 🙂 hmm persis saya dulu mba…

Dulu saya sudah clean eating, tapi suami masih karnivor alias makan segala jenis daging (dia sekarang sudah vegan atas kemauannya sendiri)..

Kalau saya sih dulu ngakalinnya punya aturan, di kulkas rumah ga sedia daging sama sekali, banyakin sayuran dan protein nabati… makan dagingnya jadinya di luar aja kalau suami lagi mau daging.

Dan saya waktu itu cari menu ikan paling kalau makan di luar hehehe. Jadi win win solution kalau makan di luar, cari tempat makan yang saya bisa makan juga hihihi.

Saya juga dulu suka bekelin dia pas jaman dia ngantor, walaupun kalau lagi ga bisa bekelin pasti dia curi-curi makan bakso.

Tapi eating habit-nya sudah kebentuk, cari makanan selalu ada sayur, kecuali ya lagi pengen bakso itu.

Itu pun dia kebiasaan selalu minta sayur pas di rumah. Kebetulan dia ga susah makan buah, jadi lebih mudah sih.

Sampai pada akhirnya tahun kemarin dia nonton film dokumenter, judulnya cowspiracy (mungkin disini ada yang pernah nonton juga), nah sejak saat itu dia malah minta mau transisi jadi vegan… ? berasa mimpi.

Jadi kalau dari saya sih tetep berusaha konsisten ajah… nanti lama-lama (sampe 2 tahun mungkin kaya saya) malah suami yang penasaran?

Eva: “Mbak sandra mau tanya, untuk mencukupi kebutuhan protein hewani harian dari mana ya? Karena kalo tidak salah tadi mba bilang masih konsumsi ikan seminggu sekali.”

Sandra Alfina: “Kalau konsumsi ikan seminggu sekali sih dulu pas awal-awal transisi jadi vegan.

Kalau sekarang untuk sehari-hari ya diganti dengan kacang-kacangan (kedelai edamame tempe kacang ijo kacang merah), biji-bijian (mix nuts, seeds).

https://nutritionfacts.org/video/dr-gregers-daily-dozen-checklist/ Lengkapnya bisa nonton disini ya, lumayan buat pengetahuan hehe”

Annisa: “Halo mbak Sandra, saya Gilang… mau tanya, dulu kalau pas masih kerja kantoran, gimana sih caranya konsisten day by day untuk bikin bekal sehat atau masak sehat? aku seringan skip nya.”

Sandra Alfina: “Kalau aku bisa saran, food preparation sekali dalam 1 minggu ya..

Sebenarnya kan yang males siap-siapnya kalau masak..

Kalau food preparation sih pengalamanku lebih enak, tinggal cemplung. Atau kalau terpaksa harus beli di luar, ya pilih-pilih tempat makan deh yang penting nutrisi terpenuhi sehari-hari.”

Galuh: “Terima kasih mbak @Sandra Alfina untuk tipsnya, sangat membantu dan akan dicoba.

Eva: “Nama instagram-nya apa mbak?”

Sandra Alfina: “Kalau akun instagram pribadi @sandraalfina.. kalau usaha @sunkrisps.id :)”

BACA JUGA :

Sekilas Sunskrisps

Sandra Alfina: “Oke.. jadi Sunkrisps, misinya membantu masyarakat, terutama anak dan ibu untuk #MakanSayurEnak dan mudah 🙂

Produknya saat ini ada 2 jenis, untuk mewujudkan misi di atas, yaitu Chips dan Abon, yang keduanya terbuat dari Kale. Tapi bulan depan akan ada produk baru dengan sayuran lainnya, ditunggu ya 🙂

More info bisa ke sunkrisps.id (IG & website) atau kalau ga neko-neko bisa langsung ke www.shopee.co.id/sunkrisps.”

Kesimpulan

Artikel ini adalah rangkuman percakapan dalam diskusi WhatsApp Group antara Sandra Alfina dan anggota Komunitas Paprika Loca!

Diskusi seputar isu kesehatan diadakan tiap Rabu malam Pukul 19.00 – 21.00 WIB. Jika Anda ingin bergabung, Anda bisa kirim pesan via Whatsapp ke +62 813-1515-9860 atau klik link berikut ini : http://bit.ly/PaprikaLoca_WAG