Resep: Es Krim Bergizi dari Buah Asli

0
243

Es krim seringkali dikategorikan sebagai makanan kurang sehat karena telanjur dicap sebagai salah satu dessert yang menggemukkan. Padahal sebenarnya, Anda bisa membuat es krim sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan dari buah segar yang kaya akan vitamin dan mineral. Prosesnya pun sama sekali tidak sulit. Tanpa ice cream maker, alat yang Anda butuhkan untuk membuat resep es krim ini hanya blender konvensional saja. Selain rasanya yang lezat, manfaatnya pun sehat! Jadi, siap untuk mengolah es krim Anda sendiri?

Homemade Strawberry and Banana Ice Cream

Bahan-bahan:

Stroberi (organik jika memungkinkan), secukupnya

Pisang, secukupnya

Gula palem (brown sugar), optional (boleh pakai, boleh juga tidak)

Daun mint, secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Iris-iris pisang dan stroberi dengan ukuran kira-kira satu inci sebelum dimasukkan ke dalam Jika stroberi yang ada kebetulan berukuran kecil, Anda dapat memotongnya jadi dua atau dibiarkan begitu saja.
  2. Setelah beku, keluarkan buah-buahan tersebut dari kulkas dan lumatkan dengan menggunakan blender yang Anda punya, baik itu blender konvensional pada umumnya maupun hand blender alias blender tangan sampai benar-benar hancur. Pada tahap ini, es krim Anda sudah jadi!
  3. Jika ingin memakainya, bubuhkan sedikit gula palem atau brown sugar sesuai selera ke dalam adonan ini sampai seluruhnya tercampur rata. Bila rasa buahnya sendiri sudah manis, biasanya Anda tidak perlu melakukan langkah ini.
  4. Taruh es krim di dalam wadah mangkuk atau piring saji.
  5. Terakhir, Anda bisa menghiasnya sedemikian rupa dengan menaruh daun mint dan potongan buah segar lainnya seperti ceri, kiwi, jeruk, mangga, dan lain sebagainya, apabila suka.

Jika ingin bereksperimen, Anda dapat mengganti stroberi di atas dengan buah-buahan beri yang lainnya seperti blueberry, blackberry, raspberry, dan lain sebagainya. Buah berjenis berries terkenal sarat nutrisi dan bisa membawa banyak khasiat bagi kesehatan Anda seperti contohnya sebagai antioksidan maupun zat antikanker. Atau jika Anda kebetulan sedang kehabisan buah-buahan selain pisang, sebenarnya Anda dapat membuat es krim homemade ini dengan hanya menggunakan satu macam buah saja yaitu pisang! Teksturnya yang creamy saat dihancurkan memang membuat buah ini sangat memungkinkan untuk diolah menjadi dessert es krim yang lezat. Ditambah lagi, pisang pun mengandung mineral potasium yang berguna untuk kekuatan otot, tulang, ginjal, dan bahkan diklaim sanggup menurunkan tekanan darah tinggi.

Mudah, bukan? Selamat mencoba!

BACA JUGA : 3 Resep Puding Sehat dan Mudah