Redakan Nyeri Dengan Kayu Secang. Ini Resepnya!

0
35
kayu secang
Foto: PaprikaLiving

Kayu Secang Sebagai Antinyeri Seperti Parasetamol

Apakah Anda tahu kayu secang? Mungkin tidak, tapi bisa jadi secara tidak sengaja Anda sudah pernah mencobanya. Jika Anda jalan-jalan ke Jogjakarta, misalnya, kayu secang merupakan salah satu bahan yang ada di wedang uwuh.

Bukan hanya resep jamu turun temurun atau “katanya” berkhasiat,  menurut dokter herbal medik Rianti Maharani, penelitian tentang secang juga sudah lengkap. Secara empiris diketahui bahwa Kayu Secang berkhasiat untuk mengobati nyeri sendi, diare, radang mata.  “Kayu Secang dapat meredakan nyeri karena ia juga berfungsi sebagai antinyeri yang merupakan salah satu gejala pada penderita asam urat tinggi, malah khasiatnya sama dengan obat antinyeri parasetamol,”ungkap dokter Rianti.

Maka itu tak heran Secang juga diminum sebagai “parasetamol alami” ketika demam. Manfaat lain dari secang yang telah dipercaya banyak orang adalah untuk menghilangkan biang keringat dan bekas cacar air. Caranya adalah menggunakan air rebusannya sebagai air mandi.

Secang cukup mudah ditemukan di pasar tradisional atau juga di toko online. Tidak hanya yang masih berbentuk kayu, namun juga ada juga yang berupa serutan, bubuk, dan yang dikemas seperti teh celup. Untuk yang berbentuk kayu, kami melihat harga di online marketplace bervariasi mulai dari 18,000an per 500kg.

Kandungan Kimia Kayu Secang

Kayu Secang kelihatannya sederhana seperti seonggok kayu biasa, tapi kandungan kimianya sangat kaya, antara lain Fenolik, Flavanoid, Tanin, Polifenol, Kardenolin, Sappan Chalcone, Caesalpin, Resin, Resorsin, D-alfa phaliandren, Ascimen, Minyak Atsiri.

Kayu Secang jika direndam akan menghasilkan warna merah, itu karena Brazilin yaitu senyawa yang memberikan warna merah. Dulu sebelum ada pewarna sintetis, warna merah Secang ini dimanfaatkan untuk menjadi pewarna makanan dan pakaian. Tentu saja sekarang pun Anda tetap bisa menggunakannya sebagai pewarna alami!   

kayu secang

“Kandungan kimianya luar biasa bukan? Kalau tidak tahu manfaatnya mungkin kita anggap wedang secang atau wedang uwuh hanya minuman yang menyegarkan saja,”kata dr Rianti Maharani.

Resep Wedang Uwuh Pakai Secang 

Agar kita dapat membuat sendiri di rumah, dr. Rianti Maharani memberikan resep Wedang Uwuh:

Bahan-bahan yang diperlukan

700 ml Air

40 gr Serutan Kayu Secang Kering

50 gr Gula Batu (atau Gula Pasir)

6 cm Jahe (Memarkan)

2 Lembar Daun Kayu Manis Kering

3 Lembar Daun Cengkeh Kering

3 Lembar Daun Pala Kering

10 Butir Cengkeh (atau Batang Cengkeh)

Cara membuat

Direbus dengan api kecil selama 10-15 menit. Jika bahan-bahan sudah dikeringkan, bisa juga hanya diseduh dengan air panas dan langung disajikan.

BACA JUGA: Cara Baru Nikmati Jamu di Acaraki