Probiotik Untuk Wujudkan Tubuh Ideal

0
152

Rasanya semua orang ingin memiliki tubuh yang ideal. Berbagai cara dilakukan untuk memperolehnya, mulai dari diet ketat hingga olah raga intensif. Faktanya, memperoleh tubuh ideal juga sangat ditentukan oleh mikro organisme yang ada di dalam usus kita. Beberapa penelitian baru menemukan bahwa jenis mikro organisme yang tinggal atau hilang dari mikrobioma Anda, memegang kunci untuk meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh.

Mikrobioma di dalam tubuh kita sangat unik, mirip seperti sidik jari. Susunan bakteri ini bisa berubah dari jam ke jam dan dari hari ke hari, tergantung apa yang kita makan, jam tidur, tingkat stress, dan berbagai faktor gaya hidup lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin aktif Anda, makin beragam mikrobioma di dalam tubuh Anda. Contohnya, mikrobioma di dalam tubuh seorang atlet tidak hanya lebih beragam tetapi juga memiliki fungsi yang berbeda dari mikrobioma di dalam tubuh orang awam.

Mikro organisme hidup yang memberikan efek baik bagi tubuh kita lebih dikenal dengan probiotik. Kita bisa memperoleh probiotik dari berbagai sumber, seperti minuman atau makanan hasil fermentasi dan suplemen. Contohnya yang sekarang banyak kita temui adalah kefir, kombucha, sauerkraut, kimchi, dan tempe

Berikut penjelasan mengapa probiotik bisa membantu Anda mendapatkan tubuh ideal :

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Aktivitas fisik berat dan olah raga berkepanjangan bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh, dan membuat Anda lebih beresiko terkena flu, demam, dan infeksi virus lainnya. Probiotik terbukti dapat mengurangi resiko tersebut dan menurunkan tingkat keparahan dari infeksi saluran pernapasan bagian atas (URTI) yang sangat umum menyerang seorang atlet. Selain itu, penelitian juga menunjukkan kalau mengkonsumsi suplemen probiotik selama satu bulan dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Salah satunya yang sudah dibuktikan secara klinis adalah L. plantarum 6595 yang efektif dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan membantu mengurangi resiko URTI.

  1. Meningkatkan energi dan ketahanan tubuh

Salah satu yang bisa menjadi motivasi bagi kita untuk berolahraga adalah level energi yang cukup tinggi. Probiotik bisa membantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan dengan membantu tubuh menyerap semua nutrisi yang dibutuhkan. Beberapa bakteri baik memproduksi asam lemak rantai pendek yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan lonjakan energi untuk performa tubuh yang optimal.

  1. Memberikan manfaat baik untuk sistem pencernaan

Ternyata, melakukan aktivitas fisik dan olahraga yang terlalu berat dapat meningkatkan permeabilitas usus atau kebocoran usus yang memungkinkan racun dan pathogen masuk melalui dindingnya ke dalam aliran darah. Hal ini menyebabkan Anda mengalami diare akut, kembung, dan kram perut yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Dalam kondisi ini, probiotik berperan untuk memperbaiki sistem pencernaan dengan memperbaiki dinding usus dari kebocoran.

  1. Menyembuhkan tubuh lebih cepat

Probiotik berperan untuk menyembuhkan tubuh lebih cepat dengan mengurangi peradangan, meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh, dan menjaga kesehatan tulang dan sendi yang berkelanjutan.

  1. Menjaga kesehatan mental

Aktivitas tubuh yang berat dan intensif tidah hanya memberikan tekanan pada fisik tetapi juga dapat menyebabkan stress dan ketidakstabilan secara emosional. Dan, probiotik dengan segala manfaat baiknya, dapat membantu Anda untuk menjaga mood dan kesehatan mental dengan mengatur dan memproduksi beberapa zat kimia dan hormone otak seperti serotonin (hormon kebahagiaan), GABA, kortisol, dan oksitosin.

Tempe adalah salah satu probiotik yang kini makin digemari. Probiotik asal Indonesia ini memiliki banyak manfaat dan bisa didapatkan dengan harga terjangkau.