Pertolongan Seni Untuk Kesehatan Jiwa

0
147
Menggambar merupakan salah satu kegiatan seni yang dapat menenangkan. Foto : Pixabay.

Yayoi Kusama adalah nama yang cukup dikenal dalam dunia seni rupa modern. Beberapa waktu yang lalu,  museum seni rupa di berbagai kota mengelar pameran hasil karyanya, termasuk Jakarta yang bertempat di MACAM. Yayoi juga beberapa kali melakukan kolaborasi dengan desainer fashion, membuat namanya makin dikenal di kalangan yang lebih luas. Karya seni Yayoi mudah dikenali. Baik itu lukisan, patung serta instalasi, rata-rata didominasi oleh bentuk bulat-bulat (dots) serta warna cerah, yang merupakan ciri khas dari Yayoi.

Di balik karyanya yang terkesan ceria, tidak banyak yang tahu bahwa seniman Jepang yang berusia 89 tahun ini ternyata mengalami gangguan jiwa; pandangannya selalu ditambah halusinasi bentuk berupa motif polkadot. Halusinasi inilah yang kemudian dituangkan Yayoi dalam bentuk karya seni.

yayoi kusama

Gangguan jiwa ini disinyalir terjadi karena tekanan yang diterima semasa masa perang, juga perilaku abusif yang kerap diterima Yayoi dari ibunya. Setelah beberapa waktu hidup di Amerika Serikat, Yayoi kemudian memutuskan kembali ke Tokyo, dengan sukarela memasuki rumah sakit jiwa dan mendirikan studio tidak jauh dari rumah sakit tersebut. Karya-karya Yayoi setelah itu diakui sebagai bagian dari terapi untuk mengatasi masalah kejiwaannya.

Terapi seni banyak dianggap berasal dari Amerika Serikat, karena cara ini banyak digunakan sebagai cara rehabilitasi bagi veteran perang. Banyak veteran perang yang ketika kembali ke negaranya tidak bisa beradaptasi dan mengalami gangguan konsentrasi. Seorang ahli kejiwaan kemudian merancang sebuah terapi dengan menggunakan media seni, dan ternyata membawa hasil yang cukup menggembirakan.

Ada banyak media yang bisa digunakan untuk terapi: melukis, membuat patung, karya instalasi serta beberapa kerajinan tangan lainnya seperti merajut dan menjahit. Sebelum terapi, orang yang bersangkutan menjalani pemeriksaan oleh dokter, untuk menentukan media mana yang sebaiknya dipilih. Evaluasi pun dilakukan selama menjalani program, apakah diteruskan atau harus diganti dengan media seni lain. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kondisi pasien menjadi lebih buruk, terlebih lagi orang yang menggalami gangguan kesehatan mental yang cukup parah.

Salah satu media terapi seni yang cukup banyak beredar adalah buku mewarnai dengan berbagai motif. Buku-buku tersebut menawarkan berbagai motif dengan kerumitan tertentu, beberapa diantaranya berbentuk media meditatif seperti mandala atau cerita dongeng seperti Secret Garden. Mewarnai gambar-gambar ini diakui beberapa pihak dapat memberikan ketenangan, memulihkan konsentrasi serta memberikan rasa kreativitas serta rasa senang. Media lain yang diakui memberikan efek serupa adalah merajut serta menyulam, sehingga orang-orang yang menderita anxiety disorder banyak yang memilih menekuni dua kerajinan tangan ini.

Dalam versi yang lebih ringan, terapi seni dapat memberikan ketenangan dan konsentrasi. Bagi orang yang menderita gangguan kesehatan mental, selain digunakan sebagai media terapi, seni juga membuktikan di tengah gangguan jiwa yang dialami, mereka dapat menghasilkan sesuatu yang berarti.