Frequently Asked Questions About Probiotics… Answered!

0
70
probiotik riani susanto

Probiotik. Anda mungkin sudah sering mendengarnya namun tidak pernah benar-benar tahu apakah dia, kenapa dia penting, bagaimana cara mengonsumsinya dan semua pertanyaan yang mengikutinya. Jangan khawatir! Kami merangkum pertanyaan umum seputar probiotik dan menanyakannya pada Riani Susanto, ND, CT, Naturophatic Doctor dengan spesialisasi pencernaan dan juga konsultan gaya hidup organik.

  1. Apa yang dimaksud Probiotik, Prebiotik, dan Antibiotik?

Saya akan gunakan bahasa umum yang mudah dimengerti ya.

Probiotik adalah bakteri baik yang dibutuhkan oleh pencernaan dan harus lebih dominan di bandingkan dengan bakteri jahat, karena ini yang menentukan daya tahan tubuh kita dan kebahagian / level serotonin.

Prebiotik adalah tanah atau makanan dari probiotik. Biasanya bisa didapatkan dari kombucha, saurkraut, apple cider vinegar.

Antibiotik adalah anti kehidupan. Lawan dari probiotik yang adalah kehidupan. Jadi kalau minum antibiotik biasanya semua bakteri (yang baik dan jahat) di dalam pencernaan akan mati atau tidak melakukan tugasnya dengan sempurna, seperti bisa terjadi konstipasi pada waktu minum antibiotic.

Antibiotik digunakan untuk membunuh bakteri bukan virus, harus dihabiskan karena nantinya bakteri bisa resistant kalau belum mati betul. Memang sebisa mungkin tidak dianjurkan minum antibiotik keseringan karena akan menurunkan daya tahan tubuh, makanya makin sering sakit.

  1. Siapa yang bisa mengonsumsi Probiotik?

Siapa saja, semua kalangan, dari anak-anak hingga lansia, dan bisa dikonsumsi tiap hari.

  1. Apakah Probiotik bisa mengatasi Diare?

Kombucha, kefir atau yoghurt untuk membantu mengatasi diare. Tapi kebanyakan orang justru menghindari mengonsumsinya saat diare karena rasanya yang asam jadi takut diarenya semakin parah.

“Padahal sebenarnya saat diare kita membutuhkan lebih banyak lagi pasukan bakteri “baik” melalui makanan-makanan yang mengandung probiotik. Probiotik juga dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa perlu khawatir overdosis.”

Diare terjadi karena makanan atau minumam dari luar yang kurang bersih atau mungkin sayurnya tidak dicuci, bisa juga yang menyajikannya tangannya kotor, atau airnya. Untuk urusan dari luar kita tidak bisa mencegahnya, tapi kalau kita mengkonsumsi probiotik dengan baik daya tahan tubuh akan mengatasi semuanya. Saya ada pasien anaknya umur 3 tahun diare dan pup-nya dicek di lab terdapat e coli, jadi pup-nya mengandung sedikit darah samar, dengan mengkonsumsi probiotik setiap diare satu kapsul, setelah 3-5 hari dicek kembali e coli-nya tidak ada.

  1. Apa betul bakteri dalam kefir lebih banyak dari yogurt? Saya baca yogurt bakteri baiknya ada beberapa saja, untuk kefir bakteri baiknya jauh lebih banyak, ada 60an

Dalam yogurt atau kefir terdapat bakteri baik juga. Tapi kalau untuk mengatasi masalah, yogurt dan kefir hampir sama, konsentrasi atau jumlahnya tidak cukup.

  1. Apakah semua yang terkandung di dalamnya adalah bakteri baik? Bagaimana jika terjadi kesalahan dalam pengolahan kefir?

Biasanya kefir/yogurt mengandung bakteri baik, jadi kalau sampai terjadi salah pengolahan, tidak akan jadi kefir atau yogurt. Yang harus lebih kita perhatikan adalah jumlah pemakaian perasa, pewarna dan gula yang ditambahkan pada yogurt.

  1. Lebih baik mana kefir susu kambing atau kefir susu sapi?

Kalau sudah berbentuk kefir sama saja. Yang lebih penting mengonsumsi yang certified organik. Ini yang paling susah. Dari bahan utama, susunya harus bersertifikasi organik dan pengolahannya juga begitu. Jadi kita tidak mengambil risiko dengan hormon dan antibiotik yang dihasilkan dari susunya.

  1. Apakah benar Tempe juga baik sebagai prebiotik?  

Tempe adalah salah satu makanan yang difermentasi. Tempe bisa dikonsumsi tiap hari dan baik dikonsumsi dengan cara apa saja; “mentah”, dikukus, atau dijus. Tempe bisa membantu tapi tidak signifikan, tidak cukup untuk menjadi prebiotik.

Tempe oke saja, tapi jangan ekstrem karena tubuh kita pintar. Kita tidak akan kekurangan protein kalau tidak mengkonsumsi tempe dalam waktu 7 hari dan sebagainya, dan protein juga terdapat dalam buah dan sayur biar pun jumlahnya tidak banyak. Yang dianjurkan adalah pola makan Rainbow (makanan berbagai macam warna) dan listen to your body.

  1. Jadi apa yang cukup untuk menjadi prebiotik?

Yang cukup baik adalah membuat pencernaan kita berfungsi dengan baik dengan minum saurkraut juice, apple cider, kombucha. Contoh pencernaan baik adalah Frekuensi BAB normal, yaitu 1-2 kali sehari, tidak kembung dan buang air besar (bab) tiap hari dengan bentuk yang baik seperti pisang. Kalau hancur artinya sayuran atau seratnya kurang.

Kalau bentuknya agak lembek bisa juga karena konsumsi lemak atau gorengan. Tergantung sayurannya juga, sayur juga lebih baik berotasi. Rebus rebusan baik, tapi tubuh memerlukan lemak baik dan vegetarian sangat penting untuk mengkonsumsi vitamin B yang cukup karena iron-nya kurang. Jadi yang vegetarian harus mengerti juga bahwa suplementasi sangat penting.

Yang diinginkan adalah konsistensi bukan jumlah. Makanan bisa membantu tubuh kalo tubuh kondisinya sehat.

  1. Apakah baik untuk mengonsumsi Probiotik dalam bentuk kapsul?

Ya, terutama untuk yang berpuasa. Probiotik bisa membantu membuat daya tahan tubuh kita stabil, karena daya tahan tubuh menentukan sekali. Semakin rendah daya tahan tubuh, sel cancer akan aktif. Isinya yang berbeda dan potensinya.

Dalam kondisi sehat, bisa mengonsumsi probiotik yang isinya 30 billion per kapsul. Jika sedang  soak atau daya tahan tubuh lemah, bisa yang 100 billion. Ini juga disarankan terutama untuk yang sering makan di luar. Salah satu penyebab gejala tipus atau tipus adalah karena mengonsumsi makanan yang kotor. Untuk Anak anak dosisnya yang 30 billion saja cukup.

  1. Apakah artinya lebih baik tidak konsumsi yoghurt yang ada di pasaran karena hormon, gula dan lainnya?

Bisa diberikan probiotik saja 1×1 pada pagi hari sebelum sarapan dan yogurtnya untuk selingan. Biasanya anak anak akan lebih baik daya tahan tubuhnya, akan terlihat dengan jarangnya terjadi batuk dan pilek.

Probiotik yang saya sarankan tidak ada di pasaran, hanya tersedia di profesional medicine aja, yaitu Xymogen dari US. Isinya bermacam macam bakteri baik.

Probiotik bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul dan perut kosong. Kalau ada masalah dengan pencernaan bisa dikonsumsi pagi dan malam sebelum tidur. Kalau merasa cepat kenyang bisa juga karena kurangnya enzym untuk membantu pencernaan, atau makan terlalu cepat atau terlalu banyak karbohidrat.