Perlukah Membersihkan Gigi dengan Benang?

0
270
Perlukah Membersihkan Gigi dengan Benang?
Perlukah Membersihkan Gigi dengan Benang?

Masalah Sebagian Orang

Entah karena malas atau memang kekurangan waktu, sebagian besar orang memang masih enggan untuk menambahkan ritual flossing setelah menggosok gigi ataupun berkumur-kumur dengan memakai mouthwash.

Masing-masing gigi Anda setidaknya memiliki lima sisi yang acap kali terekspos dengan makanan dan minuman.

Namun, menggosok gigi biasanya hanya bisa membersihkan tiga diantaranya, yaitu depan, belakang, dan bawah atau atas.

Dua sisanya yang seringkali terbengkalai pun berpotensi menjadi sarang bagi kuman untuk berkembang biak.

Di sini, benang gigi seharusnya dapat mengambil peran penting untuk membersihkan bagian yang kerap tertinggal agar kesehatan mulut senantiasa terjaga secara maksimal.

Tujuan

Bukan hanya itu, dental floss pun sebenarnya tak hanya bertujuan membersihkan sisa-sisa makanan, tapi juga menyehatkan gusi. Jika malas membersihkan gigi dengan benang, gusi pun akan rentan berdarah dan mengalami pembengkakan. (Sumber: 1)

Pasalnya, beberapa bentuk gusi sangat rentan terhadap gingivitis sehingga dapat menyebabkan infeksi serius yang disebut dengan periodontitis.

Dalam beberapa kasus, penyakit periodontal dapat mengakibatkan komplikasi pernapasan. Sebab, mulut yang kebersihannya kurang terjaga biasanya berpotensi menjadi sarang pertumbuhan bakteri jahat.

Saat Anda menghirup udara masuk ke tubuh, bakteri pun dapat ikut menyusup ke dalam paru-paru. Pada akhirnya, gigi dan mulut yang kurang higienis bisa memicu penyakit seperti asma, pneumonia, bronkitis kronis, dan emfisema. (Sumber: 2, 3)

Bagi Pengidap Diebetes

Sedangkan pada seseorang yang mengidap diabetes, periodontitis sangat mungkin memperburuk penyakit kencing manis yang diderita karena kondisi tersebut akan mengakibatkan seseorang kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuhnya. (Sumber: 4)

Untuk menghindari bermacam risiko di atas, membersihkan gigi dengan benang menjadi suatu anjuran yang disarankan.

Jadikan pemakaian dental floss tersebut sebagai sebuah ritual sehari-hari bersamaan dengan menyikat serta berkumur-kumur dengan mouthwash.