Perlukah Konsumsi Suplemen Magnesium Seperti Rapper Rich Brian?

0
1231
suplemen magnesium

Dalam videonya dengan GQ, Rich Brian, rapper internasional asal Indonesia, mengungkapkan kalau suplemen magnesium adalah salah satu barang wajib yang selalu ada di dekatnya. Katanya, magnesium adalah relaxant alami yang bisa membantu merilekskan otot yang tegang. Bisa jadi membuat musik rap membuat Rich Brian merasakan ketegangan pada otot leher yang kerap membuat ototnya terasa lelah. Lantas, apakah benar kekurangan magnesium bisa bikin otot lelah dan suplemen bisa jadi jalan keluarnya?

Menurut dr. Hendra Gunawan Sp.PD dari Angsamerah Clinic, sejatinya magnesium memiliki berbagai fungsi dalam tubuh yang terkait dengan  sistem kerja otot.  “Magnesium berperan sebagai katalisator dalam proses metabolisme dan membantu meregulasi kontraksi otot sehingga terjadi relaksasi,” jelas dr. Hendra.

Apabila kadar magnesium rendah di dalam darah, maka proses relaksasi dapat terganggu sehingga terjadi kontraksi pada otot terus menerus dan terjadilah otot tegang maupun kram.  Karenanya, konsumsi magnesium dibutuhkan sekitar 400 – 420 mg untuk laki-laki dan 310 – 320 mg untuk perempuan. Namun, kebutuhan tersebut sulit didapat bila dari makanan saja sehingga dibutuhkan suplemen magnesium tambahan.

Selain suplemen, magnesium juga bisa diaplikasikan secara topikal dengan disemprot ke area-area tertentu dalam tubuh, misalnya saja kaki, betis, tangan, bahu. Cara ini bisa dipakai untuk perawatan sehari-hari terlebih jika sering mengalami kram pada kaki. Jangan kaget, ketika disemprotkan magnesium spray, awalnya kulit akan terasa “mengigit” atau “cekit-cekit” pada kulit.

magnesium oil untuk rileks
Magnesium banyak ditemukan di pasaran dengan konsentrasi yang berbeda-beda

BACA JUGA: Khasiat Jeruk Nipis Obati Jerawat sampai Gangguan Pencernaan

Selain otot tegang ataupun kram, ada beberapa ciri lain yang bisa menandakan Anda kekurangan magnesium, yaitu:

  1. Kehilangan selera makan
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Kelelahan
  5. Badan terasa lemah
  6. Irama jantung yang tidak normal
  7. Mati rasa atau kesemutan

Jika Anda merasakan salah satu yang disebutkan di atas dan mendadak “mencari-cari” stimulan seperti kopi, cokelat, untuk meningkatkan energi, bisa jadi Anda memang kekurangan magnesium.

Selain suplemen, Anda bisa mencatat rekomendasi makanan yang dapat membantu  tambahan asupan magnesium, antara lain:

  1. Bayam
  2. Kangkung
  3. Alpukat
  4. Pisang
  5. Kacang-kacangan dan biji-bijian
  6. Buncis
  7. Brokoli
  8. Kubis
  9. Salmon
  10. Tuna
  11. Cokelat hitam
  12. Tahu

Jika tidak yakin akan kadar magnesium Anda, Anda bisa melakukan tes darah dan tes magnesium serum. Dokter dapat mengombinasikan hasil tes dengan gejala fisik untuk mendapatkan gambaran keseluruhan dari kondisi kesehatan Anda.

BACA JUGA: Benarkah Ikan Kembung Lebih Sehat Ketimbang Ikan Salmon?

Jika Anda mengalami otot tegang karena kekurangan magnesium, Anda bisa merilekskan otot dengan cara-cara lain, seperti:

  • Sauna selama 10-15 menit.
  • Berendam dalam air hangat dengan epsom salt
  • Menghangatkan otot secara langsung dengan heat pad.
  • Olahraga secara rutin dan teratur.
  • Tidur yang cukup (6-8 jam sehari).
  • Meditasi

BACA JUGA: Autoimun, Menyerang 1 Dari 20 Orang Indonesia