Penonton Film Horor Terbukti Lebih Sehat, Inilah 3 Manfaat Kesehatannya

0
214
  • Suka nonton film horor?

Jika ya, ada kabar baik! Film horor ternyata bukan hanya mampu “menghibur”, tapi inilah salah satu genre film yang mampu meningkatkan aktivitas otak, walaupun memang pikiran kita tersugesti untuk tegang dan ketakutan.

  • Kok bisa?

Berikut penjelasannya.

Penelitian Tentang Film Horor dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sebagaimana dikutip dari laman WebMD, seorang profesor komunikasi dari Purdue University bernama Glenn Sparks telah mempelajari dampak film horor terhadap fisiologi seseorang yang menyaksikannya.

Hasil analisisnya menjelaskan bahwa penikmat film horor akan menunjukkan perubahan diri selama mereka menonton film horor.

Diantaranya suhu tubuh yang menurun, denyut jantung yang meningkat, telapak tangan yang berkeringat, otot-otot tubuh yang menegang, dan juga tekanan darah yang meningkat.

Pertanyaannya,

  • Apakah dampak-dampak tersebut berarti buruk?

Sebuah riset lain juga menyebutkan bahwa ketika seorang wanita menonton film horor, otak pemancar sarafnya akan mengeluarkan dopamin, glutamat dan serotonin. Hormon-hormon ini berguna untuk meningkatkan kinerja dan aktifitas otak.

Lantas Apa Saja Manfaat Film Horor Untuk Kesehatan?

1. Membantu Membakar Kalori

Kabar ini tentu menjadi berita baik untuk mereka yang ingin memangkas kelebihan berat badan.

Hal ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster, yang menunjukan bukti bahwa menonton film horor dapat memicu adrenalin selama 90 menit dan dapat membakar rata-rata 113 kalori.

Hal tersebut setara dengan membakar kalori lewat berjalan selama 30 menit. Semakin menakutkan tontonan yang disaksikan, maka semakin banyak membakar kalori di dalam tubuh.

So, do you dare to watch the most scary movie? 😀

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meski terdengar aneh, hal ini bukanlah isapan jempol belaka lho, tapi didasari oleh sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Coventry University yang telah membuktikan hal tersebut.

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel darah putih partisipan sebelum, selama, dan setelah mereka menonton film horor. Hasilnya kadar sel darah putih mereka meningkat.

Peningkatan sel darah putih didalam tubuh terjadi biasanya karena respon terhadap infeksi. Gejala ini dihubungkan dengan peran sel darah putih itu sendiri dalam menjaga kekebalan tubuh.

3. Melepas Stress

Bagi Anda yang merasa penat akan rutinitas sehari-hari dan ingin “kabur” sejenak, coba sediakan stok film horor komputer/laptop Anda.

Horor berkualitas tentunya ya. Tanpa Anda sadari ketika menonton film horor, otak akan melepas hormon stress dan menggantinya dengan hormon endorphin, dimana fungsi dari hormon endorphin itu sendiri adalah untuk membuat kondisi emosi menjadi stabil dan bahagia.

Aliran hormon endorphin ini kemudian berperan sebagai penghilang rasa sakit, dan membuat stress serta kecemasan cepat turun.

Masih ragu akan manfaat positif dari film horor? Coba tonton dan rasakan efek relaksasi setelahnya, dan bagi cerita Anda kepada kami.