Masker Yang Direkomendasikan Untuk Mengurangi Paparan Polusi

0
208
masker wajah
masker wajah

Buat Anda pengguna setia ojek dan transportasi umum lainnya, pasti sangat familiar dengan masker wajah hijau yang dikaitkan ke telinga. “Supaya nggak kena polusi udara,” demikian alasan optimisnya. Kalau Anda sedang flu, supaya sakitnya tidak menulari rekan-rekan kerja, masker wajah juga kerap digunakan sebagai tameng pelindung. Tapi…sebenarnya ngaruh nggak sih?

Jawabannya adalah tidak. Masker wajah biasa terlalu rentan dan tidak efektif sebagai perlindungan dari polutan, mengingat partikel-partikelnya yang bisa jadi sangat mikro sehingga bisa lolos dari masker wajah biasa. Belum lagi celah pada masker yang bisa membuat polusi bisa masuk begitu saja dan mengenai wajah dan saluran pernapasan.

Sebuah penelitian dari Shanghai yang dipublikasikan di Environmental Health Perspectives mengungkapkan, jenis masker berpengaruh terhadap perlindungan polusi. Salah satu jenis masker yang direkomendasikan adalah masker N95.

masker wajah n95
Sumber: Tribunnews

Ini dikarenakan masker jenis ini memiliki faktor perlindungan yang dapat menyaring partikel lebih kecil terutama asap kendaraan. Walaupun efektivitasnya lebih baik ketimbang masker wajah biasa, namun penggunaan yang ribet dan keterbatasan ruang sehingga pasokan oksigen yang masuk sedikit, membuat pemakaian masker jenis ini tidak begitu familiar. Belum lagi harganya yang cukup mahal.

Salah satu upaya sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi paparan polusi secara lebih efektif ketimbang masker wajah biasa adalah dengan menggunakan syal sebagai pengganti masker. Tentunya bahannya harus nyaman, lembut, sehingga tidak membuat Anda kesulitan bernapas. Selain menutup wajah, syal ini juga bisa sekaligus digunakan untuk pelindung rambut.

BACA JUGA: Minimalis, Solusi Hidup Lebih Sehat dan Tenang

Anda Tidak Bisa Menghindari Polusi…

Tetapi, Anda sangat bisa mengurangi pertambahan volume polusi dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Lebih Sering Menggunakan Transportasi Umum

Asap kendaraan merupakan salah satu penghasil polusi terbesar selain pabrik dan industri pertanian. Mirisnya, justru transportasi inilah yang paling banyak digunakan. Karenanya, menggunakan transportasi umum untuk mengurangi produksi polusi adalah langkah yang bisa dilakukan.

  1. Hindari Berolahraga di Luar Ruangan

Lari di luar memang menyenangkan tapi kalau bisa hindari tempat-tempat yang ramai dengan kendaraan. Bukannya sehat, Anda malah bisa terkena gangguan pernapasan karena menghirup udara kotor. Kalau ingin lari, carilah tempat yang setidaknya masih memiliki udara bersih seperti taman ataupun lapangan olahraga.

  1. Hemat Penggunaan Energi di Rumah

Menghasilkan listrik dan sumber energi lainnya menciptakan polusi udara. Mengurangi penggunaan energi, Anda dapat membantu meningkatkan kualitas udara, mengekang emisi gas rumah kaca, mendorong kemandirian energi dan menghemat uang tentunya!

  1. Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Menggunakan produk ramah lingkungan bisa menjadi upaya pengurangan polusi udara. Ketika Anda mengurangi produksi sampah dengan menggunakan produk yang efisien dan eco-friendly, sedikit banyak ini akan mengurang penambahan polusi di lingkungan tempat tinggal.

BACA JUGA: Lebih Ramli dan Berseni Dengan Furoshiki