Nutrisi Alami Untuk Melawan Kanker

Artikel Kolaborasi Dengan Komunitas Selaras Alam

0
3460
dr peni ahli nutrisi

Dalam diskusi online dengan Komunitas Selaras Alam (8/11), praktisi nutrisi dr. Peni Hedi MKM (gz) FINEM menjawab beberapa pertanyaan seputar kanker dan nutrisi. Dokter Peni adalah Praktisi Nutrition & Environment Medicine, Integrative Nutrition Therapy, dan Functional Medicine Practice. Beliau aktif berpraktek di JAAC Clinic Jakarta dan pemilik  PrimaDiet Catering dan Primalite2go.

Simak perbincangannya di bawah ini:

1. Pengetahuan Nutrisi Untuk Para Pendamping 

Selamat malam dokter Peni, Bagaimana langkah kita pihak luar (keluarga atau teman para Survivor CA) untuk menyemangati mereka terkait nutrisi dan makanan mereka? Kalau pun ingin membantu untuk memasak, apakah kita perlu minimal kursus makanan makanan khusus kanker? Terima kasih sebelum nya untuk dokter Peni atas ilmu dan jawaban nya.- Nelly

Jawab:
Dear Nelly….Pertama pihak luar wajib mempelajari kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan atau yang wajib diberikan pada survivor. Mempelajarinya bisa banyak cara, namun prinsipnya:

  • Makan cukup energi
  • Cukup Nutrisi vitamin dan mineral
  • Tidak konsumsi gula dalam bentuk apapun
  • Tidak konsumsi gluten atau tepung-tepungan
  • Tidak konsumsi makanan yang telah diolah atau dihasilkan dari pabrik/industri
  • Tidak konsumsi makanan yang mengandung pengawet atau makanan yg tahan lama/awet
  • Makanan harus berbumbu alami atau harus fresh bukan dalam kemasan atau botolan atau sachetan
  • Tidak konsumsi produk soya atau kedele dalam bentuk apapun
  • Tidak konsumsi lemak trans seperti margarine atau makanan yang digoreng dengan banyak minyak dan lama (deep fried)
  • Hanya konsumsi lemak/minyak baik yaitu yang berasal dari coconut oil atau olive oil atau sumber lemak omega 3 yaitu salmon, tuna, tenggiri, marlin, kakap atau ikan laut dalam lain…

Itu konsep pemenuhan makan bagi penderita cancer. Sebagai keluarga atau teman perannya mengingatkan atau membantu kontrol survivor untuk bisa mendapatkan pola makan yang demikian.

proses detox

2. Bagaimana Dengan Gula dari Madu dan Buah-buahan?

Point 3 untuk tidak mengkonsumsi gula dalam bentuk apapun, bertentangan dengan point  mengenai madu manuka dan buah2an. Mohon diperjelas maksudnya

Jawab:
Itu diberikan jika sangat terpaksa atau sangat dibutuhkan

3. Terapi Nutrisi Melalui Suplemen

Mohon pencerahan untuk hal nutrition therapy. Apakah yang dimaksud supplemen ini adalah obat2an? – Stefani

Jawab: Suplemen ada dalam berbagai sumber atau bentuk. Jika bahasanya adalah obat-obatan, indikasinya adalah bahan sintetik bukan natural. Suplemen yang saya maksudkan adalah yang berbahan alami natural sebagai ekstraksi fitonutrient, nutraceutical dan adaptogenik.

disclaimer : jawabannya bersifat umum, belum tentu bisa diterapkan pada semua org karena tetap hrs perhatikan person to personnya dari semua aspek

4. Nafsu Makan Hilang Karena Kemo. Apakah Makanan Jajanan Diperbolehkan Untuk Membangkitkan Selera?

Pasien kanker yang sedang menjalani kemo sering kehilangan nafsu makan. Prinsipnya bisa masuk makanan saja sudah bersyukur, sehingga kadang makanan jajanan seperti baso, sate kambing dan sebagainya bisa sebagai penggugah selera. Apakah pada saat kemoterapi pasien kanker ada kelonggaran menu makanan sehat? – Rahmi

Jawab:
Banyak makanan yang masih bisa divariasikan dalam bentuk apapun. Makanan pasca kemo tidak bisa masuk karena fungsi enzim digestive juga terreduksi. Cara yang sering saya lakukan adalah dengan memberikan makanan probiotik dan prebiotik dan rutin konsumsi kaldu ayam/sapi atau broth. Makanan tersebut membantu surivor memulihkan saluran cernanya dengan segera.

5. Apa Ukuran keberhasilan Detox?

Dear dr. Peni, Saya mau tanya beberapa hal…
1. Apakah ada ukuran detoxifikasi untuk yang sudah terlanjur kemo melalui makanan dan supplemen. Apa ukuran keberhasilan dari detox?
2. Apakah 25 jenis supplemen untuk penderita kanker bisa membebani liver/ginjal?
3. Apakah ada persiapan khusus untuk melakukan IVC (vit C) dosis tinggi? Apakah bs dilakukan oleh semua pasien kanker.

PS : pasien kanker sdh total vegan. -Christine Putri

Jawab: Untuk No.1 saya menggunakan indikator tanda inflamasi setelah detox yaitu dengan px lab. Sebelum melakukan semua aktifitas detox atau terapi apapun pemeriksaan semua fungsi harus dilakukan, fungsi liver dan ginjal terutama.

Lihat apa yang perlu diperiksa untuk indikator tanda peradangan dan susksesnya detox. Buang semua toxin yang menyebabkan organ detox kelelahan melakukan fungsinya. bantu organ detox untuk punya waktu merecover sel-sel yang rusak. Semua pasien cancer tidak ada kontraindikasi dalam megadose ivc dengan syarat semua indikator fungsi normal dan tetap harus dilihat kebutuhannya orang per orang.