Naturopati Untuk Mencapai Kesehatan Optimal

0
2316
naturopati

Seiring dengan minat “kembali ke alam”, rasanya minat orang akan pengobatan naturopati juga meningkat. Naturopati adalah salah satu bidang ilmu kedokteran dan kesehatan yang melakukan pendekatan secara natural, holistik, dan sebisa mungkin tanpa obat kimiawi.

Prinsip dari naturopathy adalah mencari akar masalah dari suatu masalah kesehatan.
Jadi, seorang dokter naturopathy melihat seorang pasien sebagai satu kesatuan antara tubuh, jiwa, pikiran.

Karenanya, ketika memeriksa pasien, dokter naturopati melihat seorang pasien secara holistik (tidak hanya fokus di masalah tubuh / fisik, namun juga memperhatikan sampai ke psikologi, mental, pikiran, secara keseluruhan).

BACA JUGA: Mengenal Metode Terapi Sound Healing

Topik naturopati menjadi pembahasan diskusi Rabu (30/10) antara Dokter Yuliani dan Komunitas Paprika Loca. Simak selengkapnya di sini!

SHARING SESSION:

Paprika Living:  Gimana teman-teman, sudah siap untuk berdiskusi? Bersama kita sudah hadir Dokter Yuliani yang akan menjadi narasumber untuk tema terkait. Malam dokter…

Dokter Yuliani :  Selamat malam Paprika Living dan teman-teman semuanya. Salam kenal yah!

Paprika Living: Iya Dok…sebelum masuk materi, boleh memperkenalkan diri dulu ke teman-teman Paprika Loca.

Dokter Yuliani: Terima kasih kepada Paprika Living yang sudah mengundang saya untuk sharing tentang Naturopathy for Optimal Wellness (Kesehatan Naturopathy untuk Mencapai Kesehatan yang Optimal). Sebelum kita mulai materi dan diskusi, saya akan memperkenalkan diri dulu yah. Saya adalah seorang US board certified Doctor of Naturopathic Medicine dan juga Acupuncturist & Chinese Herbal Medicine Practitioner. Selain itu, saya juga seorang therapist Craniosacral dan Visceral. Ada yang sudah familiar dengan Naturopathic Medicine?

Paprika Living: Belum Dok, malah baru dengar pas di event OGH kemarin.

Dokter Yuliani: Naturopathic Medicine adalah salah satu bidang ilmu kesehatan yang melakukan pendekatan secara natural (natural approach), holistik, dan sebisa mungkin tanpa obat kimiawi.

Prinsip dari Naturopathy adalah mencari akar masalah dari suatu masalah kesehatan, dan akar masalah inilah yang diobati. Jadi tidak hanya fokus pada mengobati gejala saja, namun juga dicari sampai ke akar masalahnya supaya tuntas dan tidak kambuh-kambuhan.

Dokter Yuliani: Naturopathic Medicine mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut :

  1. The Healing Power of Nature (prinsipnya: tubuh kita punya kemampuan alami untuk menyembuhkan diri kita sendiri. Dokter / Praktisi / Terapis tugasnya adalah untuk memfasilitasi tubuh untuk membantu kemampuan alami tubuh dalam proses penyembuhan diri sendiri, misal dengan memberikan gizi yang cukup kepada sel-sel tubuh dan immunitas tubuh supaya bisa melakukan fungsi nya secara optimal)
  2. Mencari dan menyembuhkan akar permasalahan dari suatu penyakit atau masalah kesehatan (prinsip ini adalah suatu ciri khas dan keunggulan dari pengobatan Naturopathy. Jadi tidak hanya mengobati dengan cara menekan gejala suatu penyakit, namun juga mencari dahulu akar permasalahan dari suatu penyakit dan mengobati akar permasalahan tersebut supaya penyembuhan bisa lebih optimal dalam jangka pendek maupun panjang)
  3. First, do no harm (Prinsipnya : Sebisa mungkin tidak melakukan terapi yang bersifat invasif atau punya kecenderungan menimbulkan kerusakan terhadap sel-sel tubuh, baik secara langsung ataupun tidak langsung (efek samping) dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dan berusaha untuk menggunakan terapi yang sifatnya aman dan minimal efek samping)
  4. Doctor as Teacher (mengedukasi masyarakat dan pasien tentang pentingnya pola hidup sehat dan seimbang untuk mencegah terjadinya penyakit; atau mencegah terjadinya komplikasi apabila sudah menderita sakit)
  5. Prevention / Pencegahan (lebih baik berjaga-jaga untuk mencegah terjadinya suatu penyakit dengan pola hidup sehat dan seimbang daripada mengobati suatu penyakit; namun apabila penyakit sudah terjadi, lebih baik untuk mencegah terjadinya komplikasi atau efek samping yang lebih lanjut daripada terlambat sehingga komplikasi yang kompleks terjadi dan akhirnya mengobatinya akan lebih sulit)
  6. Treat the Whole Person (prinsip holistik; Holistik ini berasal dari kata “Whole” yang berarti “kesatuan” atau “menyeluruh” atau “keseluruhan”. Jadi, holistik di sini maksudnya melihat pasien sebagai suatu kesatuan antara tubuh, jiwa, dan pikiran (mind, body, and soul). Kalau berbicara mengenai kesehatan fisik / tubuh secara holistik sendiri ini berarti setiap bagian-bagian tubuh seseorang adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan berhubungan satu sama lain sehingga penting sekali untuk mengobati pasien secara keseluruhan meliputi tubuh, jiwa, dan pikiran).

Karenanya, ketika memeriksa pasien, kita perlu melihat seorang pasien secara holistik (tidak hanya fokus di masalah tubuh / fisik, namun juga memperhatikan sampai ke aspek psikologi, mental, pikiran, trauma luka batin masa lalu, serta emosi-emosi negatif yang dipendam berkepanjangan).

Menurut penelitian, ternyata 80-90% masalah kesehatan pada umumnya adalah masalah psychosomatic (masalah yang akar masalah atau awalnya dari emosi negatif atau trauma yang akhirnya dalam jangka panjang menjadi gejala masalah fisik). Ini termasuk kanker, autoimmune, dan penyakit-penyakit lainnya.

Berbicara soal kesehatan holistik, Naturopathy ini juga memperhatikan kesehatan manusia dengan lingkungannya yang adalah satu kesatuan. Jika kita mau sehat, lingkungan kita juga harus sehat karena kesehatan lingkungan bisa mempengaruhi kesehatan manusia juga. Contoh: pencemaran lingkungan tentunya bisa mempengaruhi kesehatan manusia, serta makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan di sekitarnya.

Jadi, kesehatan Naturopathy ini merupakan ilmu kesehatan yang menggunakan pendekatan serta konsep Natural, Alami, dan Selaras Alam. Naturopathy menggunakan beberapa modalitas dalam proses pengobatan, antara lain sebagai berikut:

1. Clinical Functional Nutrition (Prinsip dasar nya : “Use Food as Medicine”, dengan menggunakan terapi makanan. Caranya: dengan mengatur makanan yang dimakan setiap harinya dengan tujuan supaya tubuh memperoleh gizi yang cukup dan seimbang sehingga tubuh menjadi sehat). Jadi, di sini itu memperhatikan gizi-gizi dari sel-sel tubuh. Karena manusia dari ujung kepala sampai kaki terdiri dari sel.

Nah, sel-sel tubuh ini perlu gizi untuk healing dan regenerasi serta metabolisme, dll. Kalau gizi nya cukup, sel-sel tubuhnya “happy“, organ tubuh berfungsi dengan baik, metabolisme baik dan seimbang lancar sehingga orang tersebut tentunya sehat dan feel well.

2. Nutritional Supplements (memberikan supplemen dengan tujuan untuk pemenuhan gizi, vitamin dan mineral tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh hanya bila gizi tersebut tidak bisa atau tidak cukup bila didapat hanya dari makanan yang dimakan sehari-hari)

3. Botanical / Herbal Medicine

4. Homeopathy

5. Lifestyle counseling (konseling hidup sehat, meliputi pola makan dan pola hidup sehat, termasuk olahraga, tidur, dan lain-lain. Dengan pola hidup sehat dan seimbang, seseorang dapat meningkatkan kualitas hidupnya menjadi lebih baik).

6. Physical Medicine, meliputi terapi fisik untuk jaringan lunak dan sendi-sendi, misalnya dengan pijat, Craniosacral, teknik Visceral, dan lain-lain. Salah satu prinsip dari kesehatan Naturopati yaitu correct structural integrity, maksudnya bila ada struktur tubuh yang kurang seimbang, tentunya perlu dibenerin karena terkadang ini bisa menjadi hambatan untuk proses healing, serta kesehatan

7. Hydrotherapy (menggunakan air untuk terapi, misal: mengompres dengan air hangat untuk melemaskan otot-otot yang tegang, contrast hydrotherapy, dan lain-lain). Sekian materi nya. Apakah ada yang pertanyaan?

Yunita: Mungkin ada contohnya Dok yang membedakan treatment-nya dengan dokter medis pada umumnya? Misalnya kalau ada orang yang pusing, kalau ke dokterkan dikasih obat langsung, kalau ke naturopathy gimana?

Dokter Yuliani:  Jadi kalau misalnya ada orang yang pusing ke naturopathy, tentunya perlu dicari dulu akar masalah yang menyebabkan pusingnya itu apa dan akar masalahnya ini yang perlu diobati. Misal kalau pusing karena kurang istirahat atau terlalu capai, yah tentunya solusinya yah istirahat dan tidur.

Atau bisa juga pusing karena kurang minum / dehidrasi. Atau apakah pusing karena tekanan darah tinggi, atau apakah karena tekanan darah rendah, atau karena BAB tidak lancar, atau karena kekurangan gizi tertentu, dan lain-lain. Yah intinya akar masalahnya yang mesti dicari dan diobati supaya tuntas dan tidak kambuh-kambuhan.

Dokter Yuliani: Lalu, bisa juga apakah pusingnya karena ada masalah kesehatan tertentu atau kondisi medis apa gitu. Oleh karena itu, mesti direview juga riwayat kesehatannya serta obat-obatan yang dikonsumsi karena bisa juga efek samping dari obat tertentu yang sedang dikonsumsi.

Novi: Selamat malam Dok. Kalau essential oil apakah bagian dari naturopathy?

Dokter Yuliani: Essential oil bisa saja jadi salah satu modalitas apabila dibutuhkan dan ini case by case yah (kasus per kasus) / tergantung kebutuhan pasien. Tapi tentunya, dalam pemilihan essential oil juga harus bijaksana.

Yang perlu diperhatikan adalah apakah ada tambahan bahan-bahan kimiawi atau tidak. Proses pembuatan essential oil-nya bagaimana. Herbal yang dipakai sumbernya dari mana, apakah organik dll. Karena kalau tidak murni dan ada campuran bahan-bahan kimiawinya, yah tentunya tidak aman yah untuk kesehatan. Malah bisa jadi toxic / beban untuk tubuh lagi nantinya kalau ada kandungan bahan kimianya.

Novi: Oh ya Dok. Gerakan go green atau yang beralih ke natural, secara nggak langsung merupakan bagian dari naturopathy ya?

Dokter Yuliani:  Dan iyah gerakan go green atau back to nature (kembali ke alam / natural), adalah salah satu prinsip dan konsep dari Naturopathy. Jadi kesehatan Naturopathy ini mendukung segala sesuatu yang selaras alam.

Novi: Mungkin itu sebabnya di China, Korea dan Jepang bisa banyak centurian ya. Di sana prinsip TCM juga dan banyak selaras alamnya.

Aldohri Suneth: Setujukah Dok jika ada yang mengatakan bahwa ganja bisa menjadi salah satu herbal terbaik? Yang pernah disebut sebagai herbal to be happy, to be healthy, to be holy?

Dokter Yuliani:  Naturopathy ini salah satu konsepnya “First, do no harm” dan biasanya selalu mulai dari yang paling basic dulu yaitu dari makanan kita sehari-hari dulu serta lifestyle kita dulu. Kalau dari makanan aja kurang, misal butuh suplemen, yah barulah konsumsi supplemen itu pun cari yang natural, food-based, tidak ada bahan-bahan kimiawi. Kalau dari makanan dan supplemen kurang, yah mungkin bisa consider herbal medicine. Tapi herbal medicine pun, sebaiknya mulai dari yang sifatnya paling aman, gentle, serta sebisa mungkin yang sifatnya bisa sebagai food, rempah sehari-hari.

Aldohri Suneth: Tapi kenapa kita sangat amat canggung sekali untuk bisa mendorong pemerintah melakukan pengembangan pengetahuan tentang ganja. Bagaimana tanggapan dokter ahli naturopathy terkait penelitian yang direkomendasikan ada pergerakan legalisasi ganja. Saya pikir jika ada kerja sama, ada manfaat yang baik bagi ilmu kesehatan ke depannya.

Dokter Yuliani: Yah itu tentunya perlu diskusi khusus sih dengan pakar ganja, kalau sikap saya netral saja.

BACA JUGA: Kenali Diri, Ambil Kendali Hidupmu!

Aldohri Suneth: Bukan hanya diskusi khusus Dok, kita akan terlambat dalam ilmu jika tidak ada andalan penelitian. Itupun ada dalam amanah UU. Jika dokter yang merekomendasi mungkin pemerintah bisa lebih melirik.

Jannatya: Kalau sakitnya tumor biasanya pengobatannya gimana Dok? Tanpa operasi bisa? Mengecilkan tumornya bagaimana?

Dokter Yuliani: Ini bisa dibantu dengan pola makan, olah pikiran dan emosi-emosi negatif, trauma luka batin, dll. Yah tentunya kembali lagi dicari akar masalahnya, lalu mesti dievaluasi case-nya secara holistik atau menyeluruh. Jadi pasien A ada tumor, pasien B juga ada tumor, namun solusinya bisa berbeda karena yah tergantung case-nya dan akar masalahnya

Putri:  Jadi lebih ke konseling ya Dok? Nggak bisa sekali kunjungan juga ya?

Dokter Yuliani: Iyah konseling merupakan salah satu modalitas dari pengobatan Naturopathy. seperti konseling pola makan, lifestyle, dll. Kalau berapa kali kunjungannya, yah tentunya case by case (tergantung kasus) karena setiap kasus bisa berbeda-beda.

Merry Kristin: Kalau mau konsul ada referensi ke siapa aja Dok di daerah Bandung atau Jakarta?

Dokter Yuliani: Kalau di Jakarta, saya praktik di Jakarta.

Paprika Living: Kalau massage termasuk naturopathy nggak Dok?

Dokter Yuliani: Massage yah bisa termasuk modalitas Naturopathy di bagian physical medicine. Itu untuk tujuan correct structural integrity. Tentunya biasanya yah bisa kerja sama dengan tenaga kesehatan lain juga seperti fisioterapi, massage therapist, dan lain-lain untuk correct structural integrity tergantung kasusnya pasien dan kebutuhan sesuai hasil evaluasi.

Dokter Yuliani: Yah gizi yang sempurna itu apabila kita konsumsi makanan yang bervariasi karena setiap jenis makanan dengan warna yang berbeda-beda itu tentunya punya kandungan gizi yang berbeda-beda.

Terkadang orang punya makanan favorit sehingga tiap hari makan itu terus, tentunya ini bisa menyebabkan kekurangan gizi tertentu.  Jadi sebaiknya kalau mengenai gizi yang sempurna tentunya kembali ke konsep whole food diet (makanan yang minim proses dan kembali ke yang alami), bervariasi (tidak hanya satu jenis sayur atau buah itu saja setiap hari). Kembali ke pola makan gizi seimbang, lifestyle yang seimbang.

Yah, akhirnya kata kunci yang penting yaitu “keseimbangan” dalam hidup untuk mencapai kesehatan yang optimal, baik itu seimbang pola makan, pola pikir, emosi, lifestyle, dan lain-lain

Paprika Living: Terimakasih Dok, terimakasih teman-teman untuk diskusinya. Kalau ada pertanyaan yang terlewatkan akan bisa dirangkumkan dalam tulisan yang memuat diskusi ini. Akan kita share kok nanti.

Artikel ini adalah rangkuman percakapan dalam diskusi Telegram antara  Dokter Yuliani dan anggota Komunitas Paprika Loca! Diskusi seputar isu kesehatan dan lingkungan diadakan tiap Rabu malam Pk.20.00 – 21.00. Jika Anda ingn bergabung, Anda klik link berikut ini : https://t.me/joinchat/HMrZHUmYHcsZB7PNiibZ4A