Naked Feet, Happy You!

0
579
grounding nyeker

Grounding, sering juga disebut earthing adalah teknik terapi yang menghubungkan kita kembali, secara elektrik, ke bumi.

Betul, di Indonesia kita menyebutnya nyeker. Hanya saja “nyeker” hanya menjelaskan keadaan kaki tanpa alas, tidak pernah terkait akan tujuannya. Alih-alih dilihat manfaatnya, nyeker terutama di kehidupan kaum urban lebih sering diasosiasikan dengan kondisi kotor, miskin, tidak sopan, intinya – tidak normal.

Tujuan grounding adalah untuk menyerap elektron negatif yang dihasilkan bumi yang baik untuk tubuh. Elektron bebas ini merupakan antioksidan alami yang dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh manusia.

Studi ilmiah tentang grounding relatif masih sedikit, meski demikian banyak orang yang mulai menjalani teknik ini dan mengaku merasakan manfaatnya (setidaknya dari beberapa cerita yang terselip di antara 847,730 post di instagram yang ber-hashtag grounding).

Beberapa keluhan yang sering dikatakan membaik karena grounding adalah chronic fatigue, kecemasan dan depresi, susah tidur, penyakit jantung. Sebuah studi kecil ini menyatakan temuan yang menarik, yaitu terapi grounding selama satu jam dapat secara signifikan memperbaiki suasana hati.

Teori utama yang disimpulkan dari sebuah studi review adalah bahwa grounding mempengaruhi matriks hidup (living matrix), yang merupakan penghubung pusat antara sel-sel hidup.

Konduktivitas listrik yang ada dalam matriks ini berfungsi sebagai pertahanan sistem kekebalan tubuh, seperti antioksidan alami. Laporan ini mengatakan agar dapat bekerja dengan efektif, sistem tersebut perlu direcharge secara berkala dengan cara bersentuhan dengan bumi — baterai untuk semua kehidupan di planet ini — agar dapat berkerja dengan efektif.

Grounding 30 menit setiap hari

Terapis, motivator dan penulis Gobind Vashdev, sudah melakukan earthing selama lebih dari lima tahun. Bukan hanya alas kaki yang ia tinggalkan, ia juga tidak lagi menggunakan sabun, shampoo, hingga pasta gigi.

Gaya hidup Gobind menjadi inspirasi bagi mereka yang mencintai kehidupan sehat alami. Dalam sebuah sesi IG Live dengan Citra Gunawan dari Dehealth Supplies pada selasa malam (22/4), Gobind berbagi banyak hal, salah satunya soal earthing.

gobind vashdev citra gunawan

Menurutnya, saat ini banyak orang mengalami masalah fisik dan piskis salah satunya karena kita tidak terhubung dengan ibu bumi.

Dengan bertelanjang kaki, kita mendapatkan elektron negatif dari bumi. Elektron itu kita dapatkan bila bersentuhan langsung dengan pasir, batu, tanah, dan rumput. Ia menyarankan agar dalam sehari, kita terhubung dengan bumi selama 30 menit.

Gobind bercerita, pada masa-masa awal berjalan tanpa alas kaki, ia merasa ada sebuah kecerdasan yang meningkat dalam dirinya, yang disebut ecological equation — kecerdasan tentang bumi dan alam semesta.

“Saya lebih peka terhadap tanda-tanda alam. Orang jaman dulu dekat dengan alam. Lihat awan tahu akan terjadi badai, lihat ombak bisa tahu kalau ada ikan di sana. Kita kan enggak , bahkan kita takut. Sebelum musim korona kan orang-orang pada takut kena matahari, sekarang saja mau jemuran. Panas takut, hujan takut, semuanya takut. Padahal menurut saya, alam sudah diciptakan sedemikian rupa untuk melindungi kita.”

“Kita dapat ion positif yang luar biasa dari matahari, apalagi kita hidup di daerah tropis, tapi kita tidak dapat elektron negatif dari bumi, karena tidak terhubung dengan salah satu dari media ini, bukan ubin atau karpet, tapi batu, pasir, tanah, rumput.”

Semakin tinggi kita tinggal, menurut Gobind sebenarnya makin tidak sehat.

“Dikatakan stroke itu terjadi lebih banyak di lantai 2 daripada lantai 1. Jadi walaupun Anda tinggal di apartemen, sempatkan 30 menit untuk “nempel” di batu, pasir, tanah atau rumput, apalagi hari gini wifi dimana-mana, handphone tidak pernah lepas. Mereka mengeluarkan radiasi, dan menurut saya sangat berbahaya kalau kita tidak grounding,”katanya.

BACA JUGA: Buteyko Breathing Untuk Memperbaiki Pola Napas

BACA JUGA: 5 Akun Instagram Yang Bikin Makin Semangat Yoga

Lebih Jauh Tentang Grounding 

Ada banyak materi yang bisa Anda temukan di internet jika Anda ingin mengulik lebih jauh tentang grounding. Salah satu video yang menurut kami berguna adalah The Science of Grounding di bawah ini. Dokumenter 60 menit lebih ini akan memberi pemahaman cukup mendalam tentang grounding dan akan mengubah pandangan Anda tentang sepatu.