Muntah Setelah Berolahraga, Normal atau Tidak?

0
388
Muntah Setelah Berolahraga, Normal atau Tidak?
Muntah Setelah Berolahraga, Normal atau Tidak?
  • Pernahkah Anda merasa sangat mual saat atau setelah berolah raga kemudian disusul dengan muntah?
  • Lalu Anda mulai khawatir, ada apa yang sedang terjadi dengan tubuh Anda?

Ternyata Kita tidak perlu khawatir karena hal ini sangat normal. Studi 2014 Sports Medicine menemukan bahwa 30 – 50% atlet mengalami gastrointenstinal discomfort dalam latihannya, ini termasuk muntah saat melakukan latihan, terutama yang sangat berat.

  • Apakah hal ini bisa dicegah atau dihindari?

Tentu saja, salah satu cara sederhana adalah dengan lebih memperhatikan makanan yang Anda konsumsi sebelum olahraga.

Menurut Stacy Goldberg, seorang konsultan Nutrisi yang juga merupakan CEO dan founder dari Savourfull, hubungan antara makanan yang kita makan dan apa yang kita rasakan saat melakukan olah raga, terutama olah raga berat sangat penting untuk diperhatikan.

Banyak atlet tidak menyadari hal ini. Stacy menyarankan agar kita juga mulai berlatih untuk mengatur apa yang kita konsumsi sebelum melakukan olah raga.

4 Tips Sederhana Supaya Tak Muntah Saat Berolahraga

Berikut adalah 4 tips sederhana agar tidak muntah saat sedang berolahraga :

1. Jangan konsumsi makanan baru sebelum berolahraga

Sebelum berolahraga, sebaiknya kita makan makanan yang sudah biasa kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan baru tidak disarankan karena jika tubuh tidak terbiasa dengan makanan tersebut dapat menyebabkan gatal, mual, dan muntah.

2. Jangan makan terlalu banyak

Mengkonsumsi makanan terlalu banyak sebelum berolahraga bukan ide yang baik. Kondisi kekenyangan akan membuat perut merasa begah, dan proses pencernaan yang tidak sempurna setelah mengkonsumsi banyak makanan akan membuat Anda mual dan muntah.

Jadi makanlah makanan yang ringan 30 menit sampai satu jam sebelum melakukan aktivitas olah raga.

Dan, hindari makanan yang digoreng, berlemak, atau mengandung serat terlalu banyak karena membuat proses pencernaan kita berlangsung lebih lama.

Snack kaya karbohidrat dan protein, seperti oatmeal dengan kacang dan pisang atau almond butter bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda konsumsi sebelum berolahraga.

3. Hindari mengkonsumsi permen karet saat berolahraga

Mengunyah permen karet sambil berolah raga berpotensi besar membuat Anda mual dan muntah karena makanan ini mengandung banyak pemanis buatan dan gula alkohol.

Berbagai jenis makanan dengan kandungan gula alkohol, seperti erythritol, xylitol, dan sorbitol (yang biasa ditemukan dalam protein bar dan alpukat) inilah yang dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal atau mual saat berolahraga.

4. Pastikan tubuh Anda terdehidrasi, tetapi jangan berlebihan

Salah satu cara agar Anda tidak muntah saat atau setelah berolahraga adalah dengan memperhatikan keseimbangan cairan di dalam tubuh kita, pastikan tubuh terdehidrasi dengan baik.

Caranya? Minumlah air selama kelas olahraga Anda jika mulai merasa haus, tetapi jangan sampai terlalu banyak.

Air yang terlalu banyak di dalam perut akan membuat tidak nyaman terlebih untuk melakukan olahraga high impact. Ini bisa mengakibatkan mual dan muntah.