Mudik Bebas Stres? Yes, Please!

0
149
stres saat mudik
Sumber: http://rri.co.id

Untuk Anda yang akan pulang ke kampung halaman, tak terasa sebentar waktu itu akan tiba. Bersemangat, dong pastinya. Tetapi selain antusias bertemu keluarga, Anda juga perlu mempersiapkan emosi yang satu lagi nih, yang kerap datang saat atau sedang mempersiapkan mudik: stres.

Cegah Stres Saat (Mudik Bebas Stres)? Yes, Please!

Menurut survei yang dilakukan UpgradedPoints.com, sebuah situs yang memuat mengenai serba-serbi rencana perjalanan, meski terkesan fun ternyata jalan-jalan bisa juga menyebabkan stres. Ini beberapa penyebabnya:

Merencanakan perjalanan

Merencanakan keuangan, berapa baju yang dibawa, memilih transportasi, menentukan tempat menginap, rute perjalanan…. Anda bisa melanjutkan sendiri daftar hal-hal tentang persiapan perjalanan yang kerap bikin kepala mumet.

Bergulat dengan kemacetan

Berjibaku dengan kemacetan adalah faktor lain yang menyebabkan stres saat melakukan perjalanan, termasuk mudik. Apalagi bila dalam perjalanan terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti ban bocor, pergantian rute arah yang membuat bingung untuk mencari rute alternatifnya sampai kepada penundaan penerbangan.

Interaksi dengan orang-orang baru

Interaksi dengan teman seperjalanan yang tidak sesuai dengan harapan, penyesuaian kebiasaan dengan tempat yang didatangi, perubahan cuaca dan lain-lainnya bisa menjadi pemicu stres.

Lantas, gimana dong supaya tidak stres?

BACA JUGA: Yuk, Terapkan Ramadhan Hijau dengan 4 Cara Ini!

  1. Mempersiapkan Bujet

Manajemen finansial memang sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan bujet supaya pengeluaran tidak kebablasan. Sebaiknya saat dalam perjalanan mudik, tidak perlu mengeluarkan uang yang tidak semestinya. Batasi jajan dan simpan dompet di tempat yang aman, supaya jangan sampai kecopetan. Kalau Anda sampai kehilangan semua uang saat dalam perjalanan, bisa bikin stres saat mudik kan?

  1. Manage Your Expectations 

Terkadang berekspektasi terlalu tinggi kalau perjalanan bakal super mulus, aman, nyaman dan Anda bakal benar-benar menikmatinya malah bisa bikin kecewa. Sebaiknya siapkan diri untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang tidak terhindarkan. Misalnya saja, dapat teman sebangku di pesawat yang bawel. Menyebalkan, tapi mungkin sekali terjadi.

  1. Sederhanakan Barang Bawaan

Supaya barang tidak keteteran dan kalau bawaan ada yang ketinggalan bisa bikin stres saat mudik, ada baiknya kita sederhanakan barang bawaan. Misalnya, tidak perlu bawa  tiga tas kecil kalau semuanya bisa ditempatkan di dalam satu tas besar.

Tampil gaya saat mudik memang tidak ada salahnya, tapi kenyamanan saat membawa barang bawaan rasanya lebih penting. Ini bisa dilakukan dengan memilih tas yang efisien saat digunakan serta tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan.

  1. Sing Sabar Wae…

Biasanya situasi mudik memang cukup kacau tapi bukan berarti pikiran juga harus ikut kacau kan? Nah, ada baiknya Anda lebih menyabarkan diri dalam mengadapi situasi yang sudah ribet. Salah satu benda yang bisa membantu adalah essential oil yang kini banyak tersedia di pasaran. Essential oil ada yang berbentuk balm atau spray yang bisa dibawa kemana-mana. Bawalah beberapa varian yang punya khasiat untuk membantu pikiran lebih tenang atau membangkitkan semangat.

BACA JUGA: Essential Oil Yang Bikin Mudik Jadi Nyaman

  1. Mendengarkan Musik

Seperti yang diungkapkan oleh Barry Bittman, Medical Director dari Mind-Body Wellness Center di Meadville, mendengarkan musik bisa menjadi salah satu upaya mengelola stres. Nah, ini tentu bisa Anda aplikasikan saat mudik. Mendengarkan podcast yang asik juga bisa membantu Anda melewati waktu. Nah baiknya Anda persiapkan playlist andalan dari sekarang supaya tidak jenuh di perjalanan.

Selamat menikmati mudik!

BACA JUGA: Efek Buruk “Mager” Untuk Kesehatan Anda

Demikian Mudik Bebas Stres? Yes, Please!