Minum Jus Seledri, Tren atau Memang Bermanfaat?

0
410
Jus-Seledri
Foto: @minduful_manna

Pharrel Williams, Miranda Kerr, Calvin Harris terekam di social media sedang meminumnya, Kim Kardashian mencobanya karena konon bisa membantu untuk psoriasis yang diidapnya. Sejak pertengahan tahun ini pamor jus seledri makin naik saja. Sayuran ini diminati karena dipercaya sebagai sumber antioksidan dan baik untuk pencernaan. Apa memang betul begitu?

“Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yao dan Ren, mengukus seledri selama 10 menit membuat kadar antioksidan tersisa 83-99%. Namun, merebus seledri dapat mengurangi kadar antioksidan pada seledri hingga tersisa 38-41%,” jelas dr.Hendra Gunawan Sp.PD dari Angsamerah Clinic  Ia juga menegaskan kalau seledri memang paling efektif dikonsumsi dalam bentuk mentah atau dijus.

Kalau selama ini Anda memandang seledri hanya sebagai pelengkap bumbu sop, nyatanya seledri memiliki manfaat yang jauh lebih besar dari itu. Seledri merupakan sayuran yang mengandung 95% cairan.

Pun, kandungan Seledri mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, C, B, asam folat, kalium, serat, molybdenum, suatu mikronutrien, magnesium, antioksidan dan vitamin K. Secara khusus, 100 gram seledri mengandung 30% kebutuhan vitamin K menurut rekomendasi US Food and Drug Administration (FDA).

Selain itu, karena kandungannya 95% cairan, seledri dapat digunakan untuk menurunkan berat badan, dengan satu ikat seledri mengandung 10 kalori dan 1,6 gram serat yang akan membantu menyerap cairan pada saluran pencernaan sehingga dapat menyebabkan sensasi kenyang lebih lama.

Tips Mengonsumsi Seledri

Sejatinya, variasi dalam mengonsumsi seledri dapat membuat sayuran ini tidak membosankan. Seledri bisa dimakan dengan keju, saus, isian dalam salad, atau sebagai tambahan untuk roti lapis. Kombinasi umum dalam mengonsumsi seledri adalah sebagai taburan dalam sop ataupun risotto.

Lantas, bagaimana cara memilih seledri yang baik untuk dikonsumsi? dr.Hendra memberikan rekomendasinya. Begini cara memilih seledri yang baik:

  • Pilihlah seledri yang segar dan mudah patah ketika ditarik.
  • Pilihlah seledri yang tidak memiliki cabang oleh karena rasanya lebih pahit.
  • Simpan seledri dalam lemari pendingin selama 5-7 hari.
  • Untuk mencegah hilangnya kadar antioksidan dalam seledri, potong seledri sesaat sebelum dikonsumsi.

Yuk, jadikan seledri salah satu alternatif sayuran untuk dijus! Selamat mencoba…

BACA JUGA: Mengulik Manfaat Teh dan Rokok Herbal