Minimalis, Solusi Hidup Lebih Sehat dan Tenang

0
121
Minimalis, Solusi Hidup Lebih Sehat dan Tenang
Minimalis, Solusi Hidup Lebih Sehat dan Tenang

Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis akhir-akhir ini menjadi isu yang sering diangkat ke tengah publik. Gaya hidup yang diadaptasi dari kebiasaan masyarakat Jepang ini mulai banyak ditiru dan diaplikasikan di kalangan masyarakat.

Di Jepang sendiri gaya hidup semacam ini mulai dianut orang dengan latar profesi yang berbeda.

Konsep dasar dari gaya hidup ini sesuai dengan namanya, yakni dengan meminimalisir barang yang dimiliki dan hanya menyisakan barang-barang yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan.

Pada prakteknya, gaya hidup minimalis ini bukan hanya tentang mengurangi koleksi pakaian, akan tetapi juga tidak mengoleksi benda, serta hanya membeli dekorasi dan perlengkapan rumah tangga yang benar-benar dibutuhkan saja.

Lantas,:

  • Bagaimana sisi kesehatan memandang gaya hidup yang terkesan baru ini?
  • Apa saja manfaat yang bisa di dapatkan?

Redaksi Paprika Living akan menjelaskannya untuk Anda.

1. Pola Hidup yang Lebih Teratur

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis maka akan secara otomatis pola hidup Anda akan jauh lebih teratur.

Yang mungil dan mudah ditata pada umumnya akan memberikan kenyamanan yang lebih tinggi untuk kehidupan, begitu pula yang berlaku untuk sebuah hunian.

Ketika Anda memiliki rumah dengan luas yang besar dan banyak memiliki peralatan di dalamnya maka Anda akan cenderung menghabiskan banyak waktu untuk mengurus rumah dan lain halnya, termasuk dengan kegiatan membersihkan rumah dan merapikannya.

It needs extra energy, extra time, and extra money. 

Akan tetapi, sebaliknya ketika Anda tinggal di rumah dengan ukuran yang lebih kecil dan terbatas maka pekerjaan untuk menata dan mengurus rumah serta aktivitas lainnya akan jauh lebih mudah dan cepat.

Dengan begini maka tentu Anda akan dapat melakukan tugas lainnya dengan tepat waktu dan meningkatkan pola hidup yang lebih disiplin serta teratur.

2. Pikiran Lebih Rileks

Menjalani kehidupan dalam kondisi yang serba cukup tentu jauh lebih tenang dan membuat nyaman.

Hasrat untuk berbelanja berbagai barang yang tidak diperlukan akan dapat diredam dengan perlahan. Lewat gaya hidup seperti ini maka Anda tidak lagi mudah tergoda untuk membeli dan membawa pulang berbagai peralatan yang tidak dibutuhkan.

3. Turunkan Kadar Stress

  • Bagaimana perasaan Anda ketika sepulang bekerja dalam keadaan letih dan mendapati kamar tidur berantakan?

Tentunya hal ini akan membuat mood menjadi semakin buruk dan tingkat stress otomatis menjadi mudah meningkat.

Gaya hidup minimalis baik untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologis manusia. Dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan, sebenarnya Anda menciptakan ruangan kosong yang baru.

Ruang tersebut tentu akan membuat Anda terbebas dari perasaan klaustrofobik dan memungkinkan Anda untuk bernafas lebih lepas.

Bahkan Joshua Becker, penulis buku The More of Less, pernah membagi kisahnya bahwa gaya hidup minimalis diyakini bisa membawa kedamaian dan meningkatkan produktivitas seseorang.

Untuk mulai menerapkan gaya hidup minimalis, Anda perlu mengenali dan menggali apa saja yang dapat memberikan makna berarti di dalam hidup.

Karena setiap orang menganut nilai yang berbeda, maka jangan heran jika cara mereka menerapkan gaya hidup minimalis berbeda dengan yang Anda lakukan.

  • Bagaimana menurut Anda?