Mereka Yang Suka Membaca, Hidupnya Lebih Lama

0
88
Mereka Yang Suka Membaca, Hidupnya Lebih Lama
Mereka Yang Suka Membaca, Hidupnya Lebih Lama
  • Tahukah Anda kalau membaca ternyata ada hubungannya dengan panjang umur?

Untuk Anda yang suka membaca, selamat ya! Untuk yang tidak suka membaca, teruskan membaca artikel ini.

Para peneliti dari Universitas Yale

Para peneliti dari Universitas Yale ingin melihat bagaimana kebiasaan membaca dapat mempengaruhi umur panjang.

Penelitian mereka menyimpulkan bahwa menghabiskan 30 menit sehari dengan membaca buku dapat membuat usia Anda lebih lama.

Survei yang dilakukan pada 3,635 orang ini mempelajari hubungan antara kesehatan mereka dan kebiasaan membaca buku.

Survei itu mengungkapkan bahwa mereka yang suka membaca buku, memiliki 20 persen lebih kecil kemungkinan untuk meninggal dalam 12 tahun ke depan, bahkan setelah para peneliti memeriksa berbagai faktor dari:

  1. Segi jender
  2. Pendidikan.
  3. Kemampuan kognitif.

Penelitian sebelumnya, yang menggabungkan berbagai jenis bahan bacaan tidak memberikan penjelasan mengapa, tepatnya, membaca memberikan manfaat.

Jadi para peneliti Yale datang dengan pengembangan baru: Karena buku cenderung menyajikan tema dan karakter lebih panjang dan dalam, “Kami berspekulasi bahwa buku lebih melibatkan pikiran pembaca daripada koran dan majalah, yang mengarah kepada manfaat pengetahuan yang mendorong bahwa efek membaca mempengaruhi umur panjang.”

Jika dibandingkan dengan orang yang tidak membaca buku sama sekali, mereka yang membaca buku 3,5 jam per minggu mempunyai 17 persen lebih kecil kemungkinan meninggal. Bagi mereka yang membaca lebih dari itu, risiko berkurang melonjak menjadi 23 persen.

Perbedaan Orang yang Suka dan Tidak Suka Membaca

Orang-orang yang lebih suka membaca majalah daripada buku tetap memiliki sedikit kelebihan dibanding orang yang tidak suka membaca. Mereka memiliki 11 persen lebih kecil kemungkinan untuk meninggal, tetapi hanya jika mereka membaca selama lebih dari tujuh jam dalam seminggu.

Rata-rata, orang yang suka membaca buku bisa hidup 23 bulan lebih lama daripada orang yang tidak suka membaca buku. Dan temuan ini berlaku untuk semua jenis pembaca buku – pria, wanita, kaya atau miskin.

Penelitian yang dimulai tahun 2000, tidak membahas tentang e-book atau audiobook. Tetapi akan sangat menarik untuk dibahas dalam penelitian masa depan. Terutama karena e-book atau audiobook dibaca dengan cara yang tidak berpindah-pindah. Penelitian selanjutnya mungkin juga membandingkan berbagai genre buku, atau fiksi versus non-fiksi.

Kesimpulan

Kesimpulannya menunjukkan bahwa orang dewasa di atas 65 tahun menghabiskan hampir empat setengah jam sehari menonton televisi.

Para peneliti menyarankan untuk menggantinya dengan membaca buku untuk membantu mereka hidup lebih lama. Dan bagi mereka yang membaca namun sebagian besar surat kabar dan majalah, sesekali bisa juga membaca buku.

Baca juga: Mewaspadai Hoax Kesehatan di Dunia Maya