Ketika Traveling Membosankan, Anda Perlu Cara Baru Menikmatinya

0
85

Perjalanan adalah salah satu kegiatan utama kehidupan yang dilakukan oleh jutaan orang yang berpindah untuk melakukan tujuan bisnis, pendidikan, memberikan jasa atau hanya bersenang-senang.

Sejatinya , seperti semua aktivitas manusia, perjalanan dapat memengaruhi hidup kita dengan cara yang baik ataupun malah buruk. Menurut Dr. Michael Brein, seorang psikolog yang mengkhususkan diri pada psikologi traveling, sebuah perjalanan bisa berdampak pada kejiwaan seseorang. Bahkan bisa mengubah cara pandangnya mengenai kehidupan.

BACA JUGA: Menginap di Eco Homestay, Membuat Traveling Anda Lebih Berkesan

Anda senang melakukan perjalanan namun akhir-akhir ini merasa monoton? Coba ikuti 6 cara ini untuk mendapatkan pengalaman berbeda!

  1. Hindari Travel Agent

Memang memakai jasa travel agent atau ikut trip rombongan adalah pilihan paling aman. Anda tak perlu pusing memikirkan transport atau repot mengangkat koper sendiri.

Tapi saking ‘amannya’ cara ini membatasi pengalaman Anda. Spot yang dikunjungi terbatas dan tidak bebas karena jadwal sudah ditentukan oleh travel agent. Anda pun mungkin hanya punya sedikit kesempatan berbaur dengan penduduk lokal karena yang akan menjadi teman Anda ya rombongan Anda itu. Sesekali cobalah merencanakan rute dan trip sendiri untuk pengalaman traveling lebih hidup!

  1. Solo Traveler, Why Not?

Traveling sendiri membuat Anda tidak bergantung dengan orang lain. Ini cocok sekali untuk Anda yang tidak suka diatur atau jika Anda seorang introvert yang ingin mencoa tantangan baru. Bayangkan saja, kalau Anda jalan bareng teman pastinya kecil kemungkinan untuk berinteraksi dengan orang baru. Tapi coba kalau jalan sendiri, mau tak mau Anda ngobrol dengan orang-orang asing.

BACA JUGA: 3 Essential Oil Yang Membuat Perjalanan Mudik Lebih Nyaman

  1. Pasar Tradisional

Ada yang bilang kalau mau mengenal suatu daerah lebih dekat, kunjungilah pasar tradisional yang ada di sana. Dengan mengunjungi pasar di sana, Anda akan mendapat banyak gambaran tentang kehidupan penduduk lokal, ragam pangan yang mereka konsumsi hingga cara mereka berinteraksi.

  1. Tempat yang Jarang Dikunjungi

“Jangan lupa menginjakkan kaki di trademark tempat wisata yang dikunjungi!” Sering mendapat pesan demikian setiap kali melancong? Sesekali cobalah datang ke tempat yang belum pakem. Pastinya ada hal baru yang kita temukan ketimbang jalan ke tempat yang sudah umum.

  1. Pilihan Transportasi

Pemilihan transportasi juga bisa jadi salah satu cara untuk menikmati traveling unik. Coba deh datang ke Jogja tidak dengan pesawat tapi kereta api, atau supaya lebih seru naik bus ke kota lain dulu baru ke Jogja. Misalnya ke Wonosobo dulu baru lanjut ke Jogja atau pengen ke Bali tapi lewat jalur darat via Surabaya.

  1. Tanpa Rencana

Lakukan traveling tanpa rencana! Anda datang ke stasiun kemudian membeli tiket kereta yang jadwalnya keberangkatannya tidak begitu jauh dengan jam tiba di stasiun. Bisa jadi Anda akan menemukan jadwal kereta menuju kota yang belum pernah dikunjungi. Tadaaa…saatnya mengeksplorasi tempat tersebut!

BACA JUGA: Sudahkah Anda Menjadi Traveler yang Bertanggung Jawab?