Mengulik Pengolahan Kefir Susu

0
403
Mengulik Pengolahan Kefir Susu
Mengulik Pengolahan Kefir Susu

Mengulik Pengolahan Kefir Susu

Kali ini Komunitas Paprika Loca! kedatangan ibu Valenta dari Valenta organic goat farm, perusahaan spesialis di olahan susu.

Valenta yang berpusat di Surabaya menyediakan organic goat milk, buffalo milk, goat kefir mask & drink, goat yogurt. 

Sebelumnya Ibu Valenta sudah memaparkan materi seputar susu Kefir. Kini silakan jika ada pertanyaan…

Agatha Bareskin: “Bedanya apa kambing dan buffalo? Selain dr hewannya… Dan darimana saya tahu, saya lebih baik minum kefir yang susu kambing, buffalo atau kefir susu sapi biasa…”

Valenta: “Kalau masalah milih yang mana itu selera”

Ibu Luci: “Bagaimana membedakan kefir susu kambing dan susu sapi?”

Valenta: “Taste susu kambing gurih ada sedikit manis. Tidak bau kambing”

Caroline Prasetyana: “Ada yang mengatakan lemak susu kambing lebih bagus dibanding sapi, benarkah?”

Valenta: “Lemak susu kambing memang rendah dari susu sapi. Susu kerbau yang tertinggi”

Adina Nur H: “Kenapa milk kefirnya organic? Apa yg membedakan sama yang ga organic?”

Valenta: “Dari cara pemeliharaan hewannya. Peternakan kami ternaknya diberi pakan alami tanpa diberi hormon pertumbuhan, pemacu susu dan antibiotik.”

Mas Sally: “Bagaimana karakteristik milk kefir secara visual? Berdasarkan pengalaman Ibu Valenta.”

Pengetahuan tentang Susu Kefir

Kefir yang baik tentunya membutuhkan bahan baku yang baik. Namun ketersediaan bahan baku kadang memaksa untuk menggunakan bahan yang kurang baik.

BACA JUGA : Sharing Session Kefir With Chef Terkenal dan Juga Pengusaha Minuman Kefir

Inilah urutan pilihannya :

1. Susu murni organik mentah/segar dari peternak.

Diperoleh dari sapi yang makanannya hijauan/rumput, dan umbi atau biji2an segar maksimal 20% dari volume pakannya.

Susu organik ini harganya mahal, bisa tiga kali lipat dari susu biasa, dan harus dibeli dari peternakan langsung, tanpa proses pemanasan sama sekali.

Kondisi mentah ini penting sekali, karena hormon dan enzym mulai rusak pada temperatur di atas 40 derajat C, dan protein juga mulai rusak pada temperatur di atas 75 derajat C.

Susu jenis ini paling baik digunakan untuk fermentasi kefir.

2. Susu murni mentah/segar dari peternak.

Diperoleh dari sapi dengan makanan konsentrat dan hijauan biasa. Kualitas susu bergantung kepada kualitas pakan.

Perbedaan sebenarnya tidak terlalu jauh, karena kualitas pakan akan berkorelasi dengan produktivitas, sehingga peternak akan melakukan pemilihan yang optimal. Hal terpenting adalah susu yang dihasilkan tidak dicampur apapun juga (murni).

3. Susu murni mentah/segar dari pengumpul.

Pengumpul (atau koperasi susu) yang baik akan segera MENDINGINKAN susu yang diperolehnya dari peternak.

Tentu saja susu ini kualitasnya bergantung pada para pemasok dan sudah bercampur. Pengumpul yang jujur menggunakan alat pendingin yang standar, sementara yang tidak jujur menggunakan es batu sebagai pendingin dan dicampurkan ke susunya.

Walaupun tampaknya menambahkan es batu ini buruk, namun sesungguhnya tidak ada nutrisi, hormon dan enzym pada susu yang rusak, hanya susunya lebih encer saja.

4. Susu Murni Pasteurisasi (Full Cream)

Susu Pasteurisasi dibuat oleh pengumpul/koperasi. Metoda pasteurisasi juga ada beberapa macam, tapi kita tidak tahu yang mana yang digunakan, apakah menggunakan suhu rendah atau tinggi (tapi maksimum 70 derajat C).

Sejauh semuanya bekerja dengan jujur, kualitasnya kurang lebih sama. Namun telah ditemukan berbagai kasus, mulai dengan adanya pembubuhan zat pengawet sampai adanya penggunaan susu aking (=susu bubuk) sebagai bahan baku.

Mungkin istilah “Susu Cair”, lebih tepat bila ada keraguan tentang ke’murni’annya. Susu Pasteurisasi hanya mempunyai masa edar 1 bulan, dan harus selalu disimpan di pendingin.

Sebagian besar enzym dan hormon pada susu ini telah rusak (tapi sebagian di antaranya akan disegarkan kembali oleh Kefir).

5. Susu Murni UHT (Full Cream).

Susu UHT (Ultra High Temperature) diproses pada temperatur 130 derajat C dalam selama 3 detik.

Bukan hanya hormon dan enzym, kualitas protein dan lemaknyapun sudah terganggu. Susu ini memiliki masa edar sampai 1 tahun, dan dapat dipajang di rak toko/supermarket tanpa pendingin.

Sejauh mana susu ini masih murni (bukan seduhan susu aking), terpulang pada kejujuran produsennya.

6. Susu Cair Pasteurisasi Rendah Lemak/Skim.

Susu ini tidak disebut “murni” lagi karena telah dikurangi kandungan lemaknya melalui suatu proses pemanasan juga.

Lemak ini sesungguhnya dibutuhkan untuk menjaga kualitas Kefir dan khasiat yang optimal dari Kefir.

Lemak yang telah diproses oleh Kefir, khasiatnya setara dengan lemak seri Omega. Setiap hari kita membutuhkan lemak baik ini. Susu rendah lemak lebih baik daripada susu tanpa lemak.

7. Susu Cair UHT Rendah Lemak/Skim.

Seperti susu cair kemasan lainnya, kualitasnya bergantung juga kepada kejujuran produsen, yang mungkin saja membuat susu cair ini dari susu aking.

8. Susu Aking Full Cream.

Susu aking adalah istilah untuk susu bubuk. Tentu saja yang masih bisa dipakai adalah yang plain (tanpa perasa).

Ada yang menggunakan air kelapa sebagai pelarut, dengan pertimbangan bahwa air kelapa adalah air hidup yang juga mendekati kondisi air isotonik.

Belum ada penelitian khusus yang memperlihatkan perbedaan bila diseduh dengan air biasa.

Kefir bisa tumbuh dan berkembang dengan menggunakan susu aking ini, dan kualitas susu akingpun akan jauh meningkat setelah diproses dengan Kefir.

Artinya sebagian dari enzym dan hormon kemungkinan terbentuk lagi, disamping meningkatnya berbagai kandungan vitamin yang juga turut rusak pada proses pembuatan susu aking.

Susu bubuk adalah pilihan terakhir/terendah untuk fermentasi kefir jika tidak si peroleh susu segar/ cair.

9. Susu Aking Rendah Lemak.

Ini adalah pilihan buruk, karena susu aking ini hampir-hampir bukan susu lagi, karena biasanya sudah dicampur macam-macam bahan lain.

Beberapa susu rendah lemak/tanpa lemak dicurigai mengandung pengawet yang cukup tinggi, sehingga Kefir Grains bisa mati. Bila terpaksapun, pilihlah yang paling “mahal”, sehinga diharapkan produsennya lebih jujur.

10. Susu Aking Tanpa Lemak/Skim.

Susu aking skim biasanya juga dicampur bahan-bahan lain. Kadar hidrat arangnya juga biasanya cukup tinggi, sehingga menghasilkan alkohol yang lumayan tinggi pula. Sebaiknya dihindari.

# Susu KOLOSTRUM

Kolostrum merupakan cairan pra-susu berwarna kekuningan yang keluar pada awal-awal masa menyusui, 24-36 Jam pertama setelah melahirkan.

Manfaat Susu Kolostrum

#1. Kolostrum memiliki banyak manfaat, salah satunya membawa zat imunitas (zat kekebalan) yang ditransfer dari ibu ke bayinya.

#2. Selain mengandung zat kekebalan, kolostrum juga mengandung begitu banyak zat gizi penting dan zat yang mendukung faktor pertumbuhan.

#3. Kolostrum juga kaya akan immunoglobulin, sejenis protein tertentu yang terlibat dalam sistem imun dan berperan melawan kuman.

#4. Kolostrum dikenal sebagai zat yang memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan. Itulah sebabnya, mengapa bayi-bayi yang baru lahir sangat dianjurkan untuk langsung disusui oleh ibunya agar mendapatkan kolostrum dari Ibu.

Sayangnya, tidak semua bayi beruntung mendapatkan kolostrum dari ibu. Berbagai kendala dan masalah dalam menyusui, seperti:

  1. Air susu yang tidak keluar sama sekali,
  2. Ketidaktahuan ibu tentang bagaimana menyusui yang baik dan benar,
  3. Dan berbagai kondisi medis bayi yang mengharuskannya untuk segera mendapatkan perawatan dan dipisahkan dari ibu, membuat bayi terpaksa tidak mendapatkan kolostrum.

Namun, saat ini tersedia kolostrum sapi yang menurut para ahli memiliki kemiripan yang cukup besar dengan kolostrum manusia.

Mereka yang tidak mendapatkan kolostrum tak perlu kecewa karena bisa mendapatkan aneka manfaat dan khasiat kolostrum lewat kolostrum sapi.

Apa saja manfaat dan khasiat kolostrum?

  1. Kolostrum mengandung zat imunitas, zat faktor pertumbuhan, dan zat gizi penting yang seimbang yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi dan membantu meingkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai kuman penyakit.
  2. Kolostrum sapi yang diketahui sangat mirip dengan kandungan kolostrum manusia diyakini:

    #1. Dapat meningkatkan energi,
    #2. Menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan atas (ISPA),
    #3. Meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak,
    #4. Menambah massa otot (sehigga bermanfaat bagi atlet untuk menambah massa otot tanpa menimbulkan efek samping),
    #5. Mempercepat proses penyembuhan luka,
    #6. Dan meningkatkan vitalitas dan stamina.

  3. Kolostrum sapi juga bermanfaat untuk menghambat proses penuaan.

    Di dalamnya terkandung zat anti-aging yang dapat memperlambat penuaan dan membuat terlihat lebih awet muda.

    Antioksidan yang ada dalam kolostrum dapat membuang keluar polutan-polutan dari tubuh dan juga membantu memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh polutan dan racun terhadap tubuh.

  4. Kolostrum memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada luka.
  5. Kolostrum memiliki kemampuan untuk menurunkan timbulnya reaksi alergi. Antibodi yang terkandung di dalam kolostrum dapat melawan alergen (zat pencetus alergi). Kolostrum mengandung kemampuan mengikat IgE (imunoglobulin yang terlibat dalam reaksi alergi).

    Dengan kemampuan tersebut, kolotrum dapat menekan munculnya IgE sehingga akan menghambat dan mencegah timbulnya reaksi alergi.

  6. Studi yang pernah dilakukan terhadap hewan menemukan bahwa laktoferin, sebuah protein yang terdapat dalam kolostrum dapat membantu mencegah atau menurunkan resiko terkena kanker.

    Kolostrum juga mengandung lemak susu yang berperan sebagai anti-karsinogenik.

  7. Kolostrum berperan dalam proses detoksifikasi. Kolostrum mendetoksifikasi tubuh dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

    Kolostrum menghambat atau menghancurkan patogen berbahaya bagi usus dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya.

  8. Kolostrum juga bertindak sebagai obat untuk memperbaiki kerusakan dinding usus akibat patogen dan racun yang terakumulasi di usus.

    Selain itu, kolostrum juga akan mencegah patogen dan racun untuk masuk ke dalam tubuh dan membuat fungsi saluran cerna menjadi lebih sehat.

    Dengan kemampuan detoksifikasi ini, kolostrum juga bermanfaat melindungi hati dan pakreas.

  9. Kolostrum mengndung banyak IGF-1, zat yang mirip dengan insulin dan merupakan faktor yang mendukung pertumbuhan dapat membantu untuk mencegah diabetes pada mereka yang beresiko besar terkena penyakit gula itu.
  10. Kolostrum juga ternyata berkhasiat bagi kesehatan jantung, khususnya bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

    Insulin dan IGF-I yang banyak terdapat di kolostrum mampu menurunkan tekanan darah.

  11. Kolostrum merupakan sumber alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kolostrum mengandung segala yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat dan kencang. Kolostrum mampu menghilangkan berbagai keluhan penuaan dini, mengurangi kerutan, menyembuhkan peradangan pada kulit dan membantu regenerasi sel kulit.

Beda Susu Kambing dengan Susu Sapi

Kandungan gizi utama (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) kefir susu sapi dan susu kambing tidak berbeda sangat signifikan.

Tapi selain zat gizi utama tersebut, ada banyak senyawa lain yang berperan dalam kesehatan kita.

Contohnya adalah

Senyawa peptida bioaktif, glikoprotein, asam-asam organik, dan lainnya yang terbentuk selama fermentasi kefir.

Bahkan tubuh mikrobia yang tumbuh selama fermentasi dapat memicu sistem kekebalan tubuh kita

1. Susu kambing mengandung lebih sedikit kasein S1-alfa daripada susu sapi.

Kasein jenis ini dianggap bertanggung jawab terhadap alergi protein susu sapi yang umum terjadi.

Studi menemukan sampai 93% anak-anak yang alergi susu sapi tidak mengalami alergi dari susu kambing.

2. Susu kambing lebih mudah dicerna daripada susu sapi

Ukuran globula lemak yang lebih kecil dan kadar asam-lemak-rantai-sedang yang lebih tinggi membuat susu kambing lebih mudah dicerna.

Susu kambing yang terdenaturasi di dalam perut membentuk gumpalan (bolus) yang lebih lunak dari bolus susu sapi.

3. Mengenai komposisi umum (lemak, protein, karbohidrat), susu sapi dan susu kambing tidak berbeda banyak.

Belum banyak penelitian yang mengungkap perbedaan susu kambing dan sapi setelah difermentasi menjadi kefir.

Dari pengalaman saya kefir susu kambing teksturnya lebih lembut dan homogen, warnanya lebih putih dari susu sapi.

Bila penanganan susunya kurang baik, kefir susu kambing bisa memiliki bau “lebus” atau “prengus” khas kambing.

Bau ini memang bisa menurunkan selera, tapi seharusnya tidak berbahaya karena itu adalah bau khas asam lemak kaproat, kaprilat dan kaprat di susu kambing

  • Susu kambing lebih tinggi pada kandungan lemak tetapi ukuran molekul lemak sangat kecil dibandingkan dengan susu sapi sehingga jauh lebih mudah dicerna daripada susu sapi
  • Susu kambing memiliki lebih banyak protein per porsi dan juga memiliki tingkat yang lebih tinggi dari asam amino esensial
  • Susu kambing memiliki tingkat karbohidrat rendah dari susu sapi
  • Susu kambing memiliki lebih banyak vitamin A, B3, dan B6, meskipun memiliki jumlah yang lebih rendah B9 dan vitamin B12 dari susu sapi
  • Susu kambing memiliki jumlah yang lebih tinggi kalsium, fosfor, potasium, besi, tembaga, mangan, dan selenium meskipun memiliki seng dan natrium dalam jumlah yang sebanding dengan susu sapi
  • Para ilmuwan percaya susu kambing lebih dekat dengan struktur ASI dibandingkan susu sapi
  • Susu kambing lebih bagus di konsumsi penderita alergi dan asma
  • Susu kambing sudah diyakini selama bertahun2 sangat baik untuk kulit mengingat molekul nya yang lebih kecil sehingga penyerapan ke dalam kulit lebih maksimal.
  • Susu kambing tidak menimbulkan produksi mucus/ lendir di tenggorokan

Jadi sudah pasti susu kambing lebih unggul daripada susu sapi, hanya saja karena harga nya relatif mahal dan aroma khasnya yg kurang disukai, makan untuk kebutuhan kefir sehari-hari banyak yang konsumsi kefir dari susu sapi.

Buat yang penasaran grain kefir ini milik kami

Kefir Valenta Goat Farm
Kefir Valenta Goat Farm

Agatha Bareskin: “Jadi sebenarnya kita mau pilih kefir buffalo, kambing, atau sapi itu hanya karena taste nya saja ya mbak?”

Valenta: “Ya benar. Tapi pengalaman kefir susu kambing paling laris dan banyak dicari di produk kami.”

Ibu Luci: “Apakah grain kefier-nya dijual juga bu?”

Valenta: “Sementara belum karena dipake produksi di tempat kami. Kultur grain kita masih lengkap dan masih asli sebab banyak diluar yang sudah menurun jumlah bakteri dalamnya bahkan ada yang tipu-tipu jual grain kefir yang palsu dari tepung.”

PaprikaLoca: “Kalau kandungan susu kambing cair dengan bubuk. Pasti berbeda ya bu? Saya biasa beli susu kambing tapi bubuk ?”

Valenta: “Iya pasti kandungan bubuk banyak gula/creamer sebagai pengikat susunya. Kami tau sebab kami supplier susu segar mereka.”

PaprikaLoca: “Lalu bagaimana kegunaannya dlm perawatan tubuh?”

Valenta: “Perawatan tubuh kefir banyak kegunaan nya. Mulai buat masker wajah, masker rambut, dll”

PaprikaLoca: “Adakah efek samping dari penggunaan kefir?”

Valenta: “Ada namanya detoks tubuh. Biasanya di awal penggunaan.”

PaprikaLoca: “Seperti apa bu biasanya? Dan butuh waktu brp lama tubuh bisa beradaptasi.”

Valenta: “Biasanya sesuai metabolisme tubuh. Orang per orang beda” ada yg hanya 1hari ada yg 3hari. Ada yg tidak mengalami itu”

Valenta: “Mungkin masih banyak yg blm mengerti mengenai kefir milk bisa lanjut bertanya secara pribadi.

Ada berbagai produk yang bisa diolah dari kefir ini. Yang tertarik bisnis masker pengencang wajah dari kefir , cara menghasilkan income seminggu diatas 5juta bisa japri kami secara pribadi. Biasanya klo bicara produk sehat dan menghasilkan uang, banyak yg tertarik?”

Retno Indrawati: “Apakah ada aturan minum kefir dg tujuan tertentu (misal: utk detoks) harus dikonsumsi …liter setiap hari dalam …. hari) kemudian distop bs dilanjutkan bln depannya atau bebas bs diminum setiap hari?”

Valenta: “Aturan minum sebenarnya bebas. Mau diminum sehari 2 liter tidak apa-apa juga.

Silahkan jalan-jalan di Instagram kami banyak yg bisa dilihat tentang kefir goat milk dan buffalo milk dan cheese juga https://www.instagram.com/pusatsusukambingetawa

Retno Indrawati: “Okay, begitupun juga dengan masker kefir ya bu Valen…? bisa diaplikasi kan ke wajah tiap hari… gak bikin over eksfoliasi ?”

Valenta: “Maksimal 3x seminggu buat masker kefirnya. Apabila memakai kolagen pengencang wajah kefir pake seminggu 2x  cukup.”

PENUTUP

Valenta: “Makasih selamat malam semua ? ingat sehat itu bisa dimulai dgn diri sendiri dulu.

Perbaiki kondisi tubuh bisa dimulai dgn perbaiki probiotik tubuh, sebab penyakit asalnya darisana. Minum probiotik kefir milk bisa perbaiki kesehatan Anda.

Jangan sungkan apabila bertanya WA kami ON 24jam tdk pernah mati. Apalagi yg berminat reseller ataupun tanya” produk ?”

Kesimpulan

Artikel ini adalah rangkuman percakapan dalam diskusi Whats App Group antara Valenta dan anggota Komunitas Paprika Loca! Diskusi seputar isu kesehatan diadakan tiap Rabu malam Pk.19.00 – 21.00.

Jika Anda ingn bergabung, Anda bisa menghubungi Whatsapp ke +62 813-1515-9860 atau melalui link berikut ini : http://bit.ly/PaprikaLoca_WAG

Baca juga: