Mengintip Konsep Sustainable Living di Kebun Roti

0
3239

Sustainable Living untuk Yogyakarta

Isu lingkungan hidup tak pelak juga menggugah Siane, karenanya ketika akhirnya memutuskan membuat toko roti karena kegemarannya makan roti, eco living menjadi konsep yang diusung untuk Kebun Roti.

“Di sosial media kita sering melihat bagaimana dampak sampah plastik di laut, apalagi ketika melihat orang berbelanja di pasar kemudian plastiknya jadi menumpuk  kami ingin menjadi bagian untuk mengampanyekan go green,” jelas Siane.

Suasana di Kebun Roti

Bentuk sustainable living yang dilakukan oleh Kebun Roti juga dalam wujud memberi dukungan kepada produsen-produsen lokal. Untuk bahan baku produksi roti misalnya, Kebun Roti menggunakan bahan yang diproduksi dari teman-teman petani lokal, salah satu alasannya  adalah traceability.

Artinya, bahan yang dipakai bisa dilacak dan diketahui pasti bagaimana pengolahannya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kepada konsumen mengenai kesegaran bahan dan higienitasnya.

 

“Tepung sorghum, ubi, pisang, kacang-kacangan, gandum utuh, bekatul, minyak kelapa, gula aren, beberapa jenis buah-buahan, sayur, dan garam laut adalah sebagian jenis bahan baku yang kita peroleh dari beberapa komunitas di pasar sehat,” tutupnya.