Mengintip Konsep Sustainable Living di Kebun Roti

0
3238

Kebun Roti berdiri sejak 2014 dan dalam kesehariannya tempat ini menerapkan konsep eco green dan sustainable living. Soal produksi roti misalnya, sengaja tidak dibuat berlebihan agar roti yang disediakan tetap segar dan menghindari sisa yang harus dibuang.

Jika Anda berbelanja di tempat ini, nota pembayaran pun tidak akan dicetak. Melalui aplikasi, bukti pembayaran akan dikirimkan lewat pesan ke handphone Anda.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kebun Roti (@kebunroti) on

Menurut data penelitian yang dipublikasikan oleh ParcelHero, setiap tahunnya United Kingdom menghasilkan 11,2 miliar kertas thermal (kertas yang di-print sebagai bukti pembayaran) yang tentu saja menjadi sampah. Tinta pada kertas thermal tersebut juga diindikasi tidak aman untuk lingkungan.

Dua kandungan zat yang berbahaya tersebut adalah BPA dan BPS. Diduga zat-zat ini dapat mengganggu keseimbangan hormon pada tubuh dan tidak dapat didaur ulang. Sejatinya dengan meminimalisir menge-print kertas sebagai  bukti pembayaran dapat membantu mengurangi produksi sampah.

BACA JUGA: Makna Mendaki untuk Mengenal Diri Sendiri

Tidak hanya menyediakan roti sehat, Kebun Roti juga mendukung gerakan slow fashion dan produk lokal. Ketika Anda masuk ke ruangan mungilnya, di sebelah kanan Anda akan menemukan barang-barang fashion second hand yang layak pakai. Selain itu ada juga produk-produk kecantikan dan perawatan buatan artisan lokal.

BACA JUGA: Tips Pola Makan Sehat ala Max Mandias: Mulai dari Buah!