Menginjak Usia 40 Tahun, Ini Makanan yang Direkomendasikan untuk Dikonsumsi

0
7760
usia 40 tahun

Konon katanya usia 40 tahun adalah golden age, di mana Anda mencapai puncak kematangan sebagai manusia. Matang dalam berpikir, emosi dan perilaku. Apakah Anda tidak merasakan hal yang sama untuk stamina fisik?

Menurut Prof. Andrew Oswald dari University of Warwick, pengamat kehidupan urban ekonomi, usia 40-an rentan mengidap depresi bila gagal mengelola emosi dengan baik. Dan ini semua bisa berdampak pada obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Eits, jangan buru-buru menyalahkan umur. Sebenarnya, Anda tetap bisa cerah dan merekah bila menjalani pola hidup sehat. Terutama soal makanan, berikut adalah rekomendasi jenis makanan yang dikonsumsi menginjak usia 40 tahun:

  1. Cokelat Hitam

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Circulation Heart Failure mengungkapkan kalau wanita yang rutin mengonsumsi cokelat hitam dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung sebesar 32 %. Terkait usia 40 tahun, kandungan flavonoid pada cokelat baik untuk tetap menjaga kesehatan otak.

  1. Tomat

Lycopene yang merupakan antioksidan pada tomat, telah terbukti menjaga dinding arteri tetap bersih, meminimalkan risiko penyumbatan dan penumpukan lemak yang menjadi penyebab stroke. Paling disarankan untuk mengonsumsi tomat mentah setidaknya satu buah setiap pagi untuk usia 40 tahun yang lebih berkualitas.

  1. Kunyit

Kunyit adalah rempah alami anti inflamasi. Menambahkan kunyit ke dalam masakan sehari-hari dapat mencegah peradangan, Alzheimer dan depresi serta tekanan darah tetap stabil. Apalagi ya, usia 40-an mudah emosi dan galau, tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan, sejatinya kunyit bermanfaat sebagai “bumbu” penstabil jiwa Anda.

  1. Semangka

Kalium, vitamin C dan A serta kandungan-kandungan bersahaja kaya manfaat lainnya dari semangka dapat menjadi anti aging yang sempurna buat Anda yang menginjak usia 40-an. Usia yang merangkak naik membuat elastisitas tubuh berkurang. Makanya, Anda butuh makanan yang mengandung banyak air dan vitamin C untuk membuat kulit tetap kenyal dan terhidrasi dengan baik.

  1. Oatmeal

Ada baiknya mulai sekarang Anda mempertimbangkan untuk mengganti sarapan dengan semangkuk oatmel. Mengonsumsi biji-bijian utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk rasa yang lebih enak, Anda bisa menambahkan potongan buah seperti melon atau anggur. Mengenyangkan dan sehat.

Tidak Hanya Makanan

Bukan hanya soal makanan, Anda juga perlu lebih serius menerapkan kebiasaan yang selama ini disepelekan. Ini termasuk pola tidur. Kualitas tidur cenderung turun seiring bertambahnya usia yang sebagian karena meningkatnya tekanan hidup dan juga karena perubahan hormon yang terjadi pada pria dan wanita di atas 40 tahun.

Mendapatkan 7-9 jam tidur setiap hari akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi tingkat stres, dan mengoptimalkan pemulihan fisik. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan tabir surya setiap kali Anda beraktivitas di luar dengan terik matahari.

Lakukan kegiatan yang menyenangkan ataupun hobi sebagai stress release. Apakah itu membaca, berkebun, merajut atau sekadar berkumpul dengan teman-teman. Memiliki hewan peliharaan juga membantu Anda lebih menikmati memasuki usia matang tersebut. Mungkin itu sebabnya, orang-orang di Swedia yang berusia 40-80 tahun disarankan untuk memiliki anjing.

BACA JUGA: Mau Hidup Lebih Bahagia? Pelihara Hewan Saja!