Mengenal Puasa Daniel yang Dilakukan Chris Pratt

0
242
chris pratt

Pada dasarnya hakikat puasa adalah upaya pantangan tidak makan dan tidak minum atau mengurangi jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Puasa adalah ritual keagamaan yang telah dipraktikkan sejak berabad-abad lalu. Pun, ritual puasa terdapat di semua agama dengan tata cara dan durasi yang berbeda-beda.

Agama Kristen juga mengenal puasa, salah satunya adalah puasa Daniel. Puasa ini menjadi naik daun setelah aktor Hollywood Chris Pratt dikabarkan menjalaninya. Sesuai dengan apa yang diceritakan injil, pada dasarnya puasa Daniel adalah hanya mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan roti tidak beragi selama 21 hari.

Pengaturan ini dimaksudkan supaya orang yang menjalankan puasa Daniel tersebut menjauhkan diri dari makanan yang dapat meningkatkan emosi (you are what you eat, diyakini apa yang kita makan akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan emosional) sehingga bisa lebih khusyuk dalam berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Kembali ke Alam

Konsep puasa Daniel ini diperkenalkan oleh Richard Warren, seorang pendeta yang bekerja sama dengan beberapa ahli kesehatan lainnya, termasuk Dr. Mehmet Oz. Rincian prinsip dietnya adalah:

  • Menekankan pada makan makanan segar, organik, dan yang tidak diolah
  • Mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran
  • Boleh mengonsumsi ikan tetapi hanya yang mengandung asam lemak esensial omega-3 seperti salmon liar, halibut, dan black cod
  • Hindari makanan olahan termasuk sirup jagung fruktosa tinggi, lemak trans, pemanis buatan dan pengganti lemak

Intinya menurut Richard Warren adalah jika makanan itu ditanam di tanah, maka diperbolehkan. Mengonsumsi daging unggas bisa saja asalkan juga bebas dari bahan kimia. Ini termasuk juga sapi dan domba yang hanya diberi makan rumput, tetapi konsumsi daging sapi dan domba ini tidak lebih dari 4-6 ons 1-2 kali seminggu.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Toko Online untuk Belanja Sayur dan Kebutuhan Dapur

Walaupun mengacu pada alkitab, puasa Daniel yang diperkenalkan oleh Richard Warren dkk ini juga menerapkan olahraga. Tidak ada penekanan pada jenis olahraga tertentu. Tergantung jenis latihan yang Anda sukai namun dilakukan secara interval.

Sebenarnya dukungan komunitas dapat sangat membantu jalannya puasa Daniel. Menurut Joey Dweck, founder and CEO of DietBuddy.com, segala sesuatu yang dilakukan bersama-sama termasuk diet akan lebih mudah dilakukan karena Anda punya dukungan dari orang yang melakukan hal yang sama.

Pun begitu, kalau niat Anda tidak hanya fisik tetapi juga rohani, ada baiknya jangan bergantung pada orang lain. Karena “masuk” surga juga tidak bisa saling nebeng, setuju?

BACA JUGA: Karena Manfaatnya, Quinoa Cocok Ditanam Di Luar Angkasa