Mengenal Penuaan Dini

0
393

“Menua adalah proses alami. Tapi, penuaan dini yang bukanlah hal yang alami,” hal ini disampaikan dr. Sisilia Indradjaja, MHM, seorang Herbalist, Acupuncturist & Anti Aging, pada sesi “Berbagi Sehat: Tips Perlambat Penuaan” yang diselenggarakan sehatindonesia.com pada April lalu.

Dalam sesinya, dr. Sisilia menggambarkan proses menua dari segi pengobatan Timur dan Barat.

“Secara Chinese medicine, penuaan terjadi dengan melihat fungsi organ. Rata-rata pada umur 35 tahun pada wanita fungsi organ percernaannya mulai berkurang, sementara pria rata-rata pada usia 40 tahun fungsi ginjalnya mulai menurun.

Dari Western medicine, yang dilihat adalah kualitas sel membran, rata-rata manusia menua pada usia 49-50 tahun,” jelasnya.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi seseorang tua lebih cepat dari semestinya. Penuaan dini disebabkan oleh banyak faktor internal seperti gen turunan, hormon, kejiwaan, daya tahan tubuh, gaya hidup, pola makan, kualitas makanan dan minuman, dan lain-lain.

Juga, faktor eksternal seperti radikal bebas, radiasi, polusi udara, paparan sinar matahari.
Pamor “anti aging” sudah berdengung sejak lama dimana-mana.

  • Tapi apakah benar proses penuaan bisa dihindari atau hanya mitos dan alat marketing produk di pasaran?

Dokter yang praktek di Prapanca, Jakarta Selatan ini menyatakan anti aging adalah gerakan dunia medis dan holistik yang sungguh bisa dilakukan.

“Penuaan dini terjadi karena akumulasi radikal bebas. Anti aging is how do you live your live,” ujarnya.

BACA JUGA : Tips Praktis Menangkal Penuaan Dini

Cara Menghindari Penuaan Dini Sejak Remaja

Lalu bagaimana caranya menghindari penuaan dini?  Berikut beberapa diantaranya:

1. Cek lidah Anda

Lidah adalah indikator terpenting untuk melihat kondiai kesehatan Anda. Misalnya lidah berwarna merah disebabkan oleh kekurangan folat, kekurangan vitamin B3 dan B12.

Sementara lidah keunguan dapat menunjukkan adanya bronkitis kronis maupun kadar kolesterol yang tinggi.

2. Bantu liver (hati) Anda untuk membuang racun

Caranya dengan tidur sebelum jam 11 malam, minum banyak air putih, melakukan detoksifikasi, dan biasakan makan makanan sehat.

3. Akupuntur

Dalam tubuh tiap manusia dipercaya terdapat lebih dari 400 titik akupuntur yang jika distimulasi akan merespons organ atau bagian tubuh tertentu dan menimbulkan efek terapeutik.

Dengan memberi stimulasi pada titik-titik tersebut dapat memberi dan melancarkan aliran Qi. Masih ada beberapa tips lain untuk menghindari penuaan dini, baca selengkapnya di sini (diatas)